Menperin Apresiasi Mamin Penggerak Utama Industri

Oleh : Ridwan | Selasa, 07 Februari 2017 - 08:51 WIB

Ilustrasi pabrik minuman. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi pabrik minuman. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan industri yang sangat strategis dan saat ini mempunyai prospek yang cukup cerah untuk dikembangkan.

Industri mamin di Indonesia tumbuh dengan pesat, hal ini ditunjukkan dengan laju pertumbuhan industri mamin pada triwulan III tahun 2016 sebesar 9,82%, diatas pertumbuhan industri sebesar 4,71% pada periode yang sama.

"Saya mengapresiasi pelaku usaha industri mamin yang telah berupaya keras dan bekerjasama dengan Pemerintah menjaga pertumbuhan industri yang dicapai saat ini, sehingga sektor industri mamin menjadi penggerak utama industri Nasional" terang Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat Breakfast Meeting di Kantor Kemenperin Jakarta (7/2/2017).

Industri mamin mempunyai peranan penting dalam pembangunan sektor industri terutama kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri non-migas, dimana peranan industri mamin merupakan yang terbesar dibandingkan subsektor lainnya yaitu sebesar 33,6% pada triwulan III tahun 2016.

Sumbangan ekspor industri mamin pada tahun 2016 mencapai US$ 19 miliar, mengalami neraca perdagangan yang positif bila dibandingkan dengan impor produk makanan dan minuman sebesar US$ 9,64 miliar pada periode yang sama.

Stabilitas pertumbuhan industri dalam negeri merupakan isu penting yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Untuk memperkuat pertumbuhan dan penguatan struktur industri makanan dan minuman, Kemenperin mendorong agar industri ini ikut berperan dalam mendukung program pemerintah malalui program penguatan vokasi industri.

"Dalam rangka pendalaman struktur industri kami mendorong agar industri-industri besar di sektor makanan memperkuat supply chainnya melalui partnesrship dengan IKM. Dengan partnership ini maka makin kuatnya struktur juga akan mendorong penyerapan tenaga kerja yang makin besar" tambah Menperin.

Industri makanan dan minuman memiliki potensi untuk naik ke industri 4.0, dengan naiknya level tersebut industri dalam negeri dapat mengembangkan inovasi dan teknologi baru melalui kemitraan dengan industri mamin di negara-negara industri maju.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.