Kampanyekan Produk SNI, Selain Bakso BSN Juga Akan Lakukan Pemecahan Rekor MURI Pempek di Palembang

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 Agustus 2018 - 11:32 WIB

Kepala BSN Bambang Prasetya (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Kepala BSN Bambang Prasetya (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mengambil momentum kegiatan pemecahan record Guinness World of Record senam poco-poco masal yang diikuti sebanyak 65.000 peserta, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berhasil meraih Rekor MURI dengan menyajikan bakso ikan sebanyak 18.818 porsi dihalaman gedung BTTP, Jl MH. Thamrin No.8 Jakarta, Minggu (5/8/2018).

BSN terus gencar mengkampanyekan produk produk Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada masyarakat guna mempromosikan pentingnya produk berstandar nasional. Selain Bakso, Produk olahan berbahan dasar ikan di Indonesia dan ber-SNI, memqng sudah semakin beragam.

Kepala BSN Bambang Prasetya menjelaskan, beberapa makanan olahan berdasar ikan yang telah ber-SNI selain Bakso diantaranya adalah ikan bandeng tanpa duri, kerupuk ikan abon ikan, ikan dalam kemasan kaleng hasil sterilisasi, siomay ikan, nuget ikan, otak-otak ikan, amplang ikan, pempek, ikan lapis tepung, ikan sarden dan sebagainya.

"Menurut catatan kami, ada 26 industri pengolah ikan ber-SNI dengan total 35 merk. Beberapa diantaranya PT Kelola Mina Laut, CV Sakana Indo Prima, dan Owner Pempek Honey Palembang," ungkap Bambang.

Bambang mengungkapkan, BSN telah menerapkan 73 SNI produk ikan olahan. "Khusus SNI bakso ikan ditetapkan dengan nomer 7266:2017. SNI ini merupakan revisi SNI 7266: 2014 Bakso Ikan," ungkapnya.

SNI bakso ikan sendiri bersifat sukarela dan tidak diwajibka oleh pemerintah. Penetapan SNI bakso ikan bertujuan untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan terhadap komoditas yang dipasarkan di dalam negeri ataupun di luar negeri.

SNI Bakso Ikan menetapkan syarat mutu dan keamanan bakso ikan, bahan baku, bahan penolong dan bahan lainya, serta penanganan dan pengolahan bakso ikan. "Persyaratan mutu SNi Bakso Ikan meliputi lulus uji batas maksimum untuk sensori, kimia, cemaran mikroba, cemaran logam, dan cemaran fisik," kata Bambang.

Dengan demikian bakso ikan ber-SNI memberikan jaminan bahwa bakso yang dikonsumsi aman dan sehat karena telah lulus uji memenuhi persyaratan yang ada dalam SNI tersebut. "Isu kandungan berbahaya seperti boraks dan formalin dapat kita tepis jika ita mau membiasakan diri membeli bakso ikan ber-SNI," tambah Bambang.

Pemecahan Rekor MURI Bakso Ikan dihatapkan bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersama sama mengkampanyekan produk olahan ikan olahan ber-SNI. Selain di Jakarta pemecahan Rekor MURI juga dilaksanakan di Palembang untuk penyajian pempek ber-SNI terbanyak sejumlah 18.818 buah.

"Pempek sebagai produk unggulan palembang, melalui Rekor MURI ini kita kenalkannpada dunia bahwa produk pempek ber-SNI bisa mendunia," ungkap Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standarisasi BSN, Nasrudin Irawan.

Pemecahan Rekor MURI pempek ber-SNI yang akan dilaksanakan tangal 8 Agustus 2018 mendatang di Benteng Kuto Besak, Palembang menghadirkan pempek ber-SNI dari UMKM pempek Tince, pempek Honey, dan pempek Rizki yang merupakan binaan BSN bekerja sama dengan Pemda setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…