Lapindo Kantongi Perpanjangan Kontrak Kelola Blok Brantas

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 04 Agustus 2018 - 06:41 WIB

Migas Ilustrasi
Migas Ilustrasi

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi telah memperpanjang kontrak Lapindo di Blok Brantas selama 20 tahun hingga tahun 2040. Dengan perpanjangan kontrak ini, Lapindo berharap bisa meningkatkan produksi Blok Brantas.

President Director Lapindo Brantas Inc, Faruq Adi Nugroho mengatakan saat ini produksi gas Blok Brantas hanya sebesar 20-25 million standard cubic feet per day (mmscfd). Pada akhir tahun 2018, perusahaan ini menargetkan produksi gas Blok Brantas bisa mencapai 30-35 mmscfd.

Dengan adanya perpanjangan kontrak, Faruq menyebut Lapindo optimis bisa mencapai produksi sampai 150 mmscfd. Kenaikan produksi tersebut dilakukan secara bertahap.

"Menurut rencana, kami akan meningkat produksi pada 2022-2023 sebesar 100 mmscfd. Pada lima tahun sejak perpanjangan kontrak (2025), bisa mencapai sebesar 150 mmscfd. Insya Allah bisa kontribusi cukup baik di wilayah Jawa Timur dan Wilayah Jawa Tengah seterusnya," kata Faruq, Jumat (3/8/2018).

Untuk mencapai target tersebut, Lapindo telah melakukan beberapa persiapan seperti pengeboran sumur ekplorasi. Pada tahun 2018-2019, Lapindo menargetkan bisa melakukan pengeboran sumur ekplorasi sebanyak lima hingga enam sumur.

"Sebanyak lima sampai enam mungkin bisa. Kalau hasilnya bagus ya terus kami mengebor di wilayah Sidoarjo dan sekitar Sidoarjo," ungkapnya.

Untuk melakukan pengeboran tersebut, Lapindo akan mengeluarkan dana investasi mencapai Rp 1 triliun. Dengan harapan hasil pengeboran enam sumur tersebut bisa menambah produksi gas dari Blok Brantas di atas 25 mmscfd.

Selanjutnya, Lapindo harus melakukan komitmen kerja pasti. Dalam program komitmen kerja pasti, Lapindo akan melakukan seismik 3D sepanjang 450 kilometer persegi (km²) dan pengeboran satu sumur ekplorasi pada tahun pertama.

Pada tahun kedua, perusahaan yang berafiliasi dengan Grup Bakrie ini berencana untuk melakukan seismikk 2D sepanjang 200 kilometer (km) dan sumur ekplorasi sebanyak satu sumur.

Pada tahun ketiga Lapindo akan melakukan seismik 3D sepanjang 150 km. Tahun keempat dan kelima melakukan pengeboran sumur ekplorasi per tahunnya sebanyak satu sumur.

Dengan program kegiatan tersebut, Faruq mengaku Lapindo akan terus dipandu SKK Migas dalam seluruh aspek teknis demi mencegah terjadinya luapan lumpur seperti yang terjadi pada Mei 2006 lalu. "Mudah mudahan kerja baik, capai target dan bekerja dengan aman," kata Faruq.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…