Pentingnya Unesco Menilai Positif Pariwisata Danau Toba

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Agustus 2018 - 12:45 WIB

Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)
Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id -Toba Samosir- Pejabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo berharap penilaian akhir Organisasi Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan (UNESCO) terhadap wisata Danau Toba pada Kamis (2/8/2018) berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang positif.

Eko Subowo meminta seluruh masyarakat Indonesia berdoa agar proses penilaian terakhir itu berjalan lancar dan memberi sesuatu yang positif.

Hal itu disampaikan Eko saat menyambut Obor Asian Games 2018 di Pantai Bul Bul, Danau Toba, Toba Samosir, Sumut, Rabu.

"Besok tim dari UNESCO Global Geopark akan datang. Kami meminta doa dari masyarakat agar hasilnya baik," kata Eko.

Oleh karena itu, Eko mengajak Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dan masyarakat umum senantiasa menjaga berbagai aspek penting agar Danau Toba tetap menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan.

"Saya berharap kepada Pemkab Tobasa dan masyarakat sekitar Danau Toba agar menjaga keindahan, kebersihan, kenyamanan serta keramahtamahan. Dengan demikian wisatawan domestik maupun internasional datang berulang-ulang ke Danau Toba yang kita banggakan ini," ujarnya.

Danau Toba yang menjadi salah satu lokasi rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018 yang juga melibatkan tiga kabupaten di sekitarnya, termasuk Simalungun, Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Eko berharap agar terpilihnya kawasan Danau Toba menjadi lokasi Kirab Obor Asian Games 2018 turut berperan besar untuk memantik ketertarikan masyarakat mengunjungi Pantai Bul Bul pada khususnya maupun kawasan Danau Toba pada umumnya.

"Diharapkan event ini menambah animo masyarakat datang ke Pantai Bul Bul ini," katanya.

Setelah menyelesaikan fase pertama yang diakhiri dengan penyulutan mini cauldron di Pantai Bebas, Danau Toba, Simalungun, serta pengembalian api abadi ke tinder box, kirab obor dilanjutkan ke Toba Samosir dengan tujuan akhir Pantai Bul Bul.

Lantas, dari Pantai Bul Bul, api abadi segera diarak menuju Bandara Internasional Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, untuk kemudian diterbangkan menuju titik kirab berikutnya, Pekanbaru, Riau, pada Rabu sore.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.