Pentingnya Unesco Menilai Positif Pariwisata Danau Toba

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Agustus 2018 - 12:45 WIB

Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)
Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id -Toba Samosir- Pejabat Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo berharap penilaian akhir Organisasi Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan (UNESCO) terhadap wisata Danau Toba pada Kamis (2/8/2018) berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang positif.

Eko Subowo meminta seluruh masyarakat Indonesia berdoa agar proses penilaian terakhir itu berjalan lancar dan memberi sesuatu yang positif.

Hal itu disampaikan Eko saat menyambut Obor Asian Games 2018 di Pantai Bul Bul, Danau Toba, Toba Samosir, Sumut, Rabu.

"Besok tim dari UNESCO Global Geopark akan datang. Kami meminta doa dari masyarakat agar hasilnya baik," kata Eko.

Oleh karena itu, Eko mengajak Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dan masyarakat umum senantiasa menjaga berbagai aspek penting agar Danau Toba tetap menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan.

"Saya berharap kepada Pemkab Tobasa dan masyarakat sekitar Danau Toba agar menjaga keindahan, kebersihan, kenyamanan serta keramahtamahan. Dengan demikian wisatawan domestik maupun internasional datang berulang-ulang ke Danau Toba yang kita banggakan ini," ujarnya.

Danau Toba yang menjadi salah satu lokasi rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018 yang juga melibatkan tiga kabupaten di sekitarnya, termasuk Simalungun, Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Eko berharap agar terpilihnya kawasan Danau Toba menjadi lokasi Kirab Obor Asian Games 2018 turut berperan besar untuk memantik ketertarikan masyarakat mengunjungi Pantai Bul Bul pada khususnya maupun kawasan Danau Toba pada umumnya.

"Diharapkan event ini menambah animo masyarakat datang ke Pantai Bul Bul ini," katanya.

Setelah menyelesaikan fase pertama yang diakhiri dengan penyulutan mini cauldron di Pantai Bebas, Danau Toba, Simalungun, serta pengembalian api abadi ke tinder box, kirab obor dilanjutkan ke Toba Samosir dengan tujuan akhir Pantai Bul Bul.

Lantas, dari Pantai Bul Bul, api abadi segera diarak menuju Bandara Internasional Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, untuk kemudian diterbangkan menuju titik kirab berikutnya, Pekanbaru, Riau, pada Rabu sore.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…