Resmi Diluncurkan Presiden Jokowi, AMMdes Jadi Sejarah Industri Otomotif Nasional

Oleh : Ridwan | Kamis, 02 Agustus 2018 - 14:48 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

INDUSTRY.co.id - Tangerang, Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara resmi meluncurkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMdes) produksi PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) di ajang Gaikindo Indonesia Internastional Auto Show (GIIAS) 2018. 

Satu unit kendaraan AMMDes dengan cat berwarna kuning cerah dengan aplikasi bak terbuka dan kabin tanpa pintu ditampilkan di panggung acara peresmian di ballroom ICE BSD City, Kamis (2/8/2018).

"PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI) selaku produsen AMMDes telah membangun komitmen kerjasama dengan lebih dari 70 industri komponen dalam negeri untuk siap menjadi pemasok komponen AMMDes dan sebagian merupakan IKM," ujar Airlangga. 

Menurut Menperin, saat ini, Industri dalam negeri telah mampu memproduksi 185 jenis komponen atau setara 70% dari nilai harga AMMDes. 

"Kedepannya, kemampuan pasok tersebut akan terus didorong untuk ditingkatkan," terangnya. 

Pada GIIAS 2018 ini Kementerian Perindustrian memfasilitasi produsen AMMDes untuk ikut tampil pada pavilion Kementerian Perindustrian yang bertempat di hall 3D, dengan mengusung tema AMMDes Karya Anak Bangsa - Satu Alat Banyak Manfaat. 

Pavilion tersebut menampilkan 7 unit AMMDes dengan variasi aplikasi pemutih beras, pemecah gabah, pompa dan genset untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian di pedesaan.

Presiden Komisaris PT KMWI, Sukiyat mengatakan peluncuran AMMDes KMWI akan menjadi hari bersejarah dunia otomotif di Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan AMMDes KMWI merupakan kendaraan produksi anak bangsa yang sudah cukup lama diharapkan bangsa Indonesia.

"Karena itu pada momen peluncuran pertama dimulainya untuk diproduksi secara massal adalah momen penting dan bersejarah bagi dunia per-otomotifan di Indonesia" ujar Sukiyat.

Sukiyat sendiri menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak Kementerian Perindustrian dan GAIKINDO yang telah menfasilitasi dilaksanakannya launching dimulainya produk massal AMMDes pada ajang GIIAS tahun 2018.

"Dengan diluncurkannya AMMDes ini diharapkan dapat membangun komitmen yang sama untuk mewujudkan kendaraan karya anak bangsa dapat terwujud," pungkasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 09:11 WIB

Ketua MPR RI Publikasikan Hasil Riset Ilmiah Terkait Empat Pilar Kebangsaan di Jurnal Ketahanan Nasional UGM

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Tetap Pascasarjana Program Doktor Hukum Universitas Borobudur Bambang Soesatyo mempublikasikan hasil riset ilmiah mengenai empat…

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…