Qatar akan Investasi Lima Destinasi Pariwisata Indonesia

Oleh : Christianto Wibisono | Kamis, 02 Agustus 2018 - 12:06 WIB

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Qatar akan menginvestasikan dana 500 juta dolar AS untuk pengembangan pariwisata di Indonesia, khususnya di lima destinasi wisata prioritas.

Komitmen itu tertuang dalam penandatanganan kerja sama yang ditandatangani oleh CEO Qatar Investment Authority (QIA) Sheikh Abdulla bin Mohammed bin Saud Al-Thani dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Rabu (1/8/2018)

"Tadi kami tandatangani kerja sama investasi 500 juta dolar AS. Sebagai awal mereka akan bangun hotel bintang lima di Mandalika (NTB)," kata Luhut.

Ia menjelaskan QIA berkomitmen untuk ikut berinvestasi mengembangkan sejumlah destinasi wisata prioritas di Indonesia. Mereka ingin bisa ikut berinvestasi mambangun hotel hingga pengembangan bandara "Mereka ingin masuk di 10 destinasi Bali baru. Tapi saya sarankan masuk ke lima tujuan saja dulu yang sedang kami siapkan sekarang," jelasnya.

Lima destinasi wisata itu yakni Danau Toba, Banyuwangi, Labuan Bajo, Borobudur dan Mandalika.

Selain komitmen investasi di bidang pariwisata, Luhut menjelaskan negara dari kawasan Timur Tengah itu ingin berinvestasi di bidang pertanian dan perikanan di Kalimantan Tengah.

Qatar juga berminat untuk membuka penerbangan langsung ke Banda Aceh sekaligus membangun akuakultur di Sabang.

"Mereka minta ke Banda Aceh. Kita tawarkan bangun akuakultur di Sabang mereka mau. Jarak mereka dari Doha itu cuma lima jam makanya mereka mau," katanya.

Dari sektor pertahanan, Qatar juga menyampaikan keinginan untuk investasi pembangunan kapal, perahu karet untuk tentara khusus hingga pembuatan peluru.

Menurut Luhut, nota kesepahaman itu merupakan tindak lanjut dari pembicaraan kedua negara sejak beberapa bulan sebelumnya.

Sheikh Abdulla bin Mohammed bin Saud menaruh harapan besar terhadap komitmen kerja sama itu.

"Rencana Indonesia untuk membangun dan mengembangkan industri kepariwisataannya menjadi peluang menarik bagi kami untuk memperkuat portofolio investasi kami di seluruh dunia, khususnya di bidang pariwisata," katanya kepada awak meda.

Pihaknya berharap dapat bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk mengidentifikasi dan mengembangkan proyek yang akan semakin menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata utama dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…