Alasan KPK Angkat Dua Pejabat Baru

Oleh : Herry Barus | Kamis, 02 Agustus 2018 - 06:00 WIB

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Wahyu Saputro/Antara)
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Wahyu Saputro/Antara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan latar belakang dua pejabat yang baru dilantik, yakni Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) Herry Muryanto dan Direktur Pengawasan Internal (PI) Subroto.

Pelantikan itu dipimpin langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo di gedung penunjang, gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (1/7/2018)

"KPK mengisi dua jabatan struktural di Kedeputian Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIMP) hari ini dengan melantik Subroto sebagai Direktur Pengawasan Internal (PI) dan Herry Muryanto dalam jabatan Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu.

Herry Muryanto yang lahir di Jakarta 29 Januari 1966 sebelumnya adalah Direktur Penyelidikan pada Kedeputian Penindakan KPK. Yang bersangkutan bergabung di KPK sejak Februari 2006 sebagai Penyelidik Madya.

"Setelah 10 tahun bergabung di KPK, Herry melepaskan status kepegawaian di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan menjadi pegawai tetap di KPK. Sedangkan, Subroto kelahiran 6 April 1966 adalah kandidat dari sumber pegawai negeri yang dipekerjakan (PNYD) dari BPKP," ucap Febri.

Lebih lanjut, Febri menyatakan bahwa dua jabatan tersebut sempat kosong beberapa waktu.

"Direktur PI kosong sejak ditinggalkan pejabat sebelumnya, yaitu Buntoro sejak 1 Januari 2013. Untuk mengisi kekosongan tersebut, KPK pernah melakukan empat kegiatan perekrutan, yaitu pada 2013, 2015, 2016, dan 2017 melalui mekanisme alih tugas dan sumber PNYD," ungkap Febri.

Demikian juga untuk jabatan Deputi PIPM yang kosong sejak 9 Februari 2017 di mana KPK pernah melakukan dua kali kegiatan perekrutan pada 2017 dan 2018 melalui mekanisme yang sama.

"Proses seleksi keduanya diawali dari seleksi administrasi, tes potensi-asesmen hingga terakhir proses wawancara dan tes kesehatan pada Juni 2018," kata Febri.

Dalam acara pelantikan itu, Herry dan Subroto mengucapkan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apapun juga, tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapapun juga. Bahwa saya akan setia dan taat kepada Negara Republik Indonesia, bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja dari siapapun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya".

"Bahwa dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan saya saya senantiasa akan lebih mementingkan kepentingan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan bahwa saya senantiasa akan menjunjung tinggi kehormatan negara. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat dengan semangat untuk kepentingan negara".

Selanjutnya, Herry dan Subroto pun mengucapkan pakta integritas dalam acara pelantikan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…