Koleksi Istana Kepresidenan dipamerkan di Galeri Nasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Agustus 2018 - 18:00 WIB

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: Kemenpar)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bagi kamu yang suka sekali dengan seni dan budaya Indonesia, pada tanggal 3 hingga 31 Agustus 2018, coba mampir ke Galeri Nasional. Kenapa? Karena, di sana akan menggelar Pameran Seni Koleksi Instana Kepresidenan Republik Indonesia.

Uniknya, beragam koleksi milik Istana Kepresidenan bakal dipamerkan kepada seluruh masyarakat. Dari pameran tersebut, koleksi akan didatangkangkan dari lima Istana Kepresidenan, yakni di Jakarta, Bogor, Cipanas, Yogyakarta dan Tampak Siring.

Selain beragam karya pelukis kondang, ada juga tiga kristal berbentuk piring dan vas bunga. Istana juga memamerkan empat buah patung karya Struble. Salah satunya adalah patung pemanah. Patung ini adalah yang koleksi terbesar yang milik Istana Kepresidenan. Serta berbagai koleksi lainnya.

Berbagai persiapan dilakukan. Diantaranya dengan membekali 14 pemandu pameran. Mereka adalah  mahasiswa jurusan Sastra Inggris Universitas Indonesia, mahasiswa Seni Rupa Institute Kesenian Jakarta, dan ITB Bandung.

Menurut Watie Moerany, Kurator Pameran Koleksi Istana Kepresidenan, pembekalan ini sangat penting. Sebab para guide muda itu harus mengerti substansi materi, perilaku saat membawa tamu, juga  cara penyampaian bagi para  wisatawan asing.

"Guide pameran lukisan di Galeri Nasional merupakan tombak yang bersinggungan langsung dengan para pengunjung, jadi harus benar-benar disiapkan. Terlebih bertepatan dengan Asian Games 2018 yang banyak mendatangkan wisatawan asing" tutur Watie Moerany, dikutip dari facebook Kemenpar.

Selama pameran berlangsung, ditargetkan sekitar 40 hingga 50 ribu pengunjung akan datang. Untuk mencapainya, panitia pameran melakukan berbagai promosi melalui media sosial. Juga melalui iklan di LED display di Changi Singapura.

Selain untuk menyambut HUT RI, pameran ini juga diselenggarakan untuk menjaring wisatawan mancanegara selama Asian Games 2018.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga mendorong dunia pariwisata agar memanfaatkan momen HUT RI.

"Apalagi ini berbarengan dengan Asian Games 2018. Ini menjadi kesempatan langka yang harus kita manfaatkan semaksimal mungkin," ujar Menpar Arief Yahya.

Menurutnya, banyak sekali acara yang menarik yang semakin memajukan aspek pariwisata Indonesia di mata pelancong yang singgah.

"Saya setuju kita lebih mempromosikan hari kemerdekaan Indonesia ke mancanegara. Dan itu mulai berjalan seperti di Sabang, Aceh yang dilakukan upacara bendera di titik nol kilometer. Juga nanti ada karnaval-karnaval yang tentunya menarik perhatian wisman  dan wisnus," ujar Menpar Arief Yahya.

 

Menpar Arief Yahya mengatakan, pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan dapat pula menjadi ajang pariwisata. Menurutnya, pengunjung dapat melihat secara langsung lukisan yang sebelumnya tidak dapat dilihat oleh masyarakat awam.

 

“Tugasnya Kementerian Pariwisata adalah lebih mempublikasikan dan mempromosikan agar wisatawan datang ke Indonesia, khususnya ke pameran lukisan ini,” ungkap Menpar Arief Yahya.

 

Menpar Arief Yahya berharap, perayaan HUT RI tahun ini lebih meriah dan ramai dari tahun sebelumnya.

 

"Inilah kesempatan bagi kita, untuk memanfaatkan acara kebudayaan atau culture event. Dengan begitu negara kita akan semakin dikenal negara lain di berbagai belahan dunia," tukas Menpar Arief Yahya.

 

Untuk lebih memeriahkan lagi, Kementerian Pariwisata juga menyiapkan event-event pendukung. Seperti lomba menulis ulasan, lomba Foto esai, dan lomba melukis sketsa lukisan yang ada di pameran. Selain itu, ada juga pemilihan undian voting karya favorit. Semuanya akan disediakan hadiah yang sangat menarik.

 

"Tema 'Indonesia Semangat Dunia' ini menunjukkan keseriusan kita sebagai bangsa, merayakan, menghayati, mengamalkan semangat kemerdekaan yang sudah kita raih dan tahun ini kita memasuki tahun yang ke-73," ujar Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara.

 

Ukus berharap, rangkaian kegiatan tersebut akan membangkitkan partisipasi masyarakat untuk kegiatan-kegiatan yang bernuansa kebangsaan. Sekaligus membangkitkan kebersamaan serta kebanggaan rakyat Indonesia sebagai bangsa yang besar. 

 

"Kami mengimbau partisipasi masyarakat untuk aktif di dalam kegiatan-kegiatan kita. Dan ini adalah bagian penting eksistensi kita sebagai bangsa yang besar, yang mengajak, yang harus melibatkan semua pihak untuk berpartisipasi," pungkas Ukus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…