Gaikindo Inginkan Produsen dan Distributor dikuasai Pemain Lokal

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Februari 2017 - 14:00 WIB

Industri Kendaraan Bermotor ( economicst)
Industri Kendaraan Bermotor ( economicst)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelaku usaha otomotif nasional menyatakan distributor kendaraan bermotor dengan modal asing dilarang memasarkan produk secara eceran ke konsumen.

"Aturan ini merupakan jawaban pemerintah dari kritik yang dilayangkan pelaku industri terkait Paket Kebijakan Ekonomi jilid X," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Menurut Nangoi, dalam paket kebijakan tersebut pemerintah melonggarkan bisnis distribusi yang menggunakan modal asing. Awalnya, modal asing hanya diperkenankan berkontribusi sebesar 33% dan setelah muncul kebijakan tersebut persentase modal asing meningkat menjadi 67%.

"Kami menginginkan produsen dan distributor tentu dikuasai oleh pemain lokal. Tapi pemerintah telah menertibkan aturan dan kami bisa menaati karena itu lebih layak," tuturnya.

Dalam Permendag No. 22/2016 tentang Ketentuan Umum Distribusi Barang. Beleid ini menyebutkan distributor, sub distributor, grosir, perkulakan, agen, dan sub agen dilarang mendistribusikan barang secara eceran kepada konsumen.

"Setelah melayangkan protes, kami mendapat penjelasan dari Kementerian Perdagangan. Perusahaan distribusi kendaraan dengan modal asing harus menjual produk kepada distributor lokal," ujar Nangoi. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KA Bandara Soekarno-Hatta (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:15 WIB

Penyesuaian Tarif, Kini Kereta Api Bandara Batu Ceper-Soetta Hanya Rp35.000

PT Railink memutuskan menyesuaikan tarif antar-stasiun kereta Bandara Soekarno-Hatta. Dengan adanya penyesuaian tarif tersebut, kini masyarakat dari Kota Tangerang atau sekitar Stasiun Batuceper…

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Ilustrasi Petani Garam (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:55 WIB

Kemenperin Blak-Blakan Soal Impor Garam

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui jika saat ini pemerintah maupun para petani belum mampu menyediakan kebutuhan garam bagi industri. Sehingga, opsi impor garam menjadi langkah…

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.