Gaikindo Inginkan Produsen dan Distributor dikuasai Pemain Lokal

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Februari 2017 - 14:00 WIB

Industri Kendaraan Bermotor ( economicst)
Industri Kendaraan Bermotor ( economicst)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pelaku usaha otomotif nasional menyatakan distributor kendaraan bermotor dengan modal asing dilarang memasarkan produk secara eceran ke konsumen.

"Aturan ini merupakan jawaban pemerintah dari kritik yang dilayangkan pelaku industri terkait Paket Kebijakan Ekonomi jilid X," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Menurut Nangoi, dalam paket kebijakan tersebut pemerintah melonggarkan bisnis distribusi yang menggunakan modal asing. Awalnya, modal asing hanya diperkenankan berkontribusi sebesar 33% dan setelah muncul kebijakan tersebut persentase modal asing meningkat menjadi 67%.

"Kami menginginkan produsen dan distributor tentu dikuasai oleh pemain lokal. Tapi pemerintah telah menertibkan aturan dan kami bisa menaati karena itu lebih layak," tuturnya.

Dalam Permendag No. 22/2016 tentang Ketentuan Umum Distribusi Barang. Beleid ini menyebutkan distributor, sub distributor, grosir, perkulakan, agen, dan sub agen dilarang mendistribusikan barang secara eceran kepada konsumen.

"Setelah melayangkan protes, kami mendapat penjelasan dari Kementerian Perdagangan. Perusahaan distribusi kendaraan dengan modal asing harus menjual produk kepada distributor lokal," ujar Nangoi. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Utang Luar Negeri

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:11 WIB

BI Rilis Utang Luar Negeri Indonesia Per Mei Sebesar Rp 5.155,6 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tumbuh melambat pada akhir Mei 2018.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 17 Juli 2018 - 16:04 WIB

Industri Manufaktur Dongkrak Ekspor RI ke Australia

Industri manufaktur berperan besar dalam mendongkrak peningkatan nilai ekspor Indonesia, salah satunya ke negara tujuan seperti Australia.

WK Migas

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:58 WIB

Kementerian ESDM Tandatangani 3 Kontrak Gross Split Hasil Penawaran Wilayah Kerja Migas 2018

Kementerian Energi dan Sumber dan Sumber Daya Mineral kembali melakukan penandatanganan kontrak bagi hasil Gross Split hasil penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas tahun 2018 yang dilaksanakan di…

Menhub Budi Karya Sumadi

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:40 WIB

Menhub: Biaya Perbaikan Jalan Capai Rp 43 Triliun Pertahun

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini masih banyak truk kelebihan muatan dan ukuran beroperasi di jalanan sehingga menyebabkan jalan rusak.

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com

Selasa, 17 Juli 2018 - 15:20 WIB

GazEgaz Hadir Sebagai Platform Industri Energi dan Pertambangan

Memasuki era revolusi industry 4.0 hampir segala sektor terdigitalisasi. Hal itu pula yang melatarbelakangi platform GazEgaz.com