ILUNI UI Konsolidasikan Anggota dan Pengurus Bantu Masyarakat Lombok

Oleh : Herry Barus | Selasa, 31 Juli 2018 - 15:20 WIB

ILUNI UI (Foto Dok Industry.co.id)
ILUNI UI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI)  dibawah pimpinan Ketua Umum Arief Budhy Hardono, menyampaikan duka cita yang amat mendalam terhadap masyarakat Kabupaten Lombok Timur dan  sekitarnya, di wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sedang terkena musibah gempa bumi.

Menurut Arief Budhy Hardono, musibah ini adalah ujian kesabaran dari Tuhankepada masyarakat Lombok yang selama ini dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan religius.

“Segenap pengurus dan anggota ILUNI UI yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan dunia, menyampaikan duka cita yang amat dalam atas musibah dan ujian yang tengah menimpa saudara-saudara kita, masyarakat Kabupaten Lombok Timur dan sekitarnya, di wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat. Kami ikut merasakan ujian kesabaran ini. Karena itu, kami dalam waktu dekat akan segera mengunjungi wilayah Lombok menemui saudara-saudara kami yang sedang tertimpa musibah, untuk memberikan bantuan apapun yang kami bisa berikan dan yang dibutuhkan masyarakat Lombok,” ujar Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono, Selasa (31/7) di sekretariat ILUNI UI Gedung Rektorat UI Kampus UI Salemba Jakarta.Saat itu, Arief Budhy Hardono didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) ILUNI UI Andre Rahadian,  Ketua ILUNI UI masing-masing Eman Sulaeman Nasim, Andy Azisi Amin dan Endang Mariani.    

Di tempat yang sama, Sekjen ILUNI UI Andre Rahadian menjelaskan, saat ini pengurus ILUNI UI baik tingkat pusat, fakultas maupun wilayah, sedang melakukan konsolidasi untuk menghimpuan sumbangan dari para anggota ILUNI UI untuk dapat membantu memberikan bantuan baik dana maupun tenaga dan lainnya, untuk dapat dikirimkan ke wilayah terkena bencana. Diawali dengan assessment untuk menentukan bantuan yang tepat pada tahap pasca bencana dan dilanjutkan dengan fase trauma healing.   

“Saat ini sudah banyak pengurus dan anggota ILUNI UI lintas fakultas termasuk alumni kedokteran, kesehatan masyarakat dan psikologi  dan juga lintas generasi  yang siap memberikan bantuan.  Nanti, melalui Community Development Centre ILUNI UI yang terbiasa menyalurkan dan memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana, sumbangan dari masyarakat pengurus dan alumni UI serta masyarakat umum lainnya akan segera dikirimkan ke masyarakat korban bencana. Insya Allah, bantuan dari pengurus dan anggota ILUNI dapat meringankan penderitaan dan beban dari saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah termasuk untuk menghilangkan trauma pasca bencana,” papar Andre Rahadian.         

Lebih lanjut  Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono menjelaskan, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada umumnya dan Wilayah Lombok dan sekitarnya menjadi wilayah yang cukup dekat di hati pengurus dan anggota ILUNI UI. Selain pemandangan alamnya yang indah sehingga banyak alumni UI yang berwisata ke Lombok, juga karena banyak pengurus ILUNI UI saat ini berasal dari Nusa Tenggara Barat.         

“Selain Andy Azisi Amin, Ketua ILUNI UI yang berasal dari Propinsi Nusa Tenggara Barat, ada juga Fahri Hamzah anggota ILUNI UI dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Apalagi, gubernur yang baru terpilih Propinsi NTB, Bang Zulkieflimansyah adalah anggota ILUNI UI yang juga mantan Ketua Harian Senat mahasiswa Universitas Indonesia atau SMUI. Sehingga, masyarakat dan wilayah NTB begitu dekat di hati civitas akademika UI dan ILUNI UI itu sendiri. Nah ketika ada musibah menimpa saudara-saudara kita di NTB, masyarakat pengurus dan anggota ILUNI ikut merasakan penderitaan tersebut. Merasa ikut terkena musibah tersebut,” papar Arief Budhy Hardono.

           

Ditambahkan oleh Eman SulaemanNasim dan Andy Azisi, ILUNI UI terbiasa tanggap atas berbagai musibah atau bencana yang menimpa saudara-saudara sesama bangsa Indonesia di berbagai belahan Nusantara. Seperti di Garut, Lampung, Jogja, Aceh dan  Papua. Selain mengkordinir bantuan dana, ILUNI UI juga  sering membantu masyarakat korban bencana dengan memberikan bantuan pasca bencana seperti bersama-sama instansi pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat lainnya ikut melakukan pembangunan berbagai sarana umum yang diperlukan masyarakat korban bencana termasuk mendampingi pada tahap trauma healing. 

           

“Khusus untuk masyarakat Lombok dan NTB ini, selain kami konsolidasi dengan saudara-saudara pengurus dan anggota ILUNI UI dalam mengumpulkan dana. Kami juga akan melakukan kordinasi baik dengan gubernur saat ini Tuan Guru Bajang Zainul Majni juga dengan gubernur terpilih yang juga anggota ILUNI UI  Zulkieflimansyah, dengan instansi terkait di wilayah NTB serta dengan rekan-rekan pengurus dan aktifis lembaga swadaya masyarakat yaang sudah dan akan terjun membantu masyarakat korban bencana di Lombok dan sekitarnya. Hal ini penting kami lakukan, agar bantuan yang kami berikan, tepat sasaran langsung kepada masyarakat yang terkena musibah. Sehingga amanah dari para donatur dapat kami salurkan sesuai tujuan dan niat awal, “papar Andy Azisi Amin, Ketua ILUNI UI asal Nusa Tenggara Barat 

           

Selain itu, lanjut Arief Budhy Hardono,, untuk menerapkan prinsip good corporate governance atau transparansi, semua laporan penyaluran bantuan diberikan kepada masyarakat donatur .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…