Peket Wisata 2017 Meriahkan Lampung Timur

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 06 Februari 2017 - 13:55 WIB

Festival Way Kambas (lampungpro)
Festival Way Kambas (lampungpro)

INDUSTRY.co.id, Lampung Timur - Untuk menarik minat pengunjung wisatawan nasional atau wisatawan mancanegara, pemerintah Kabupaten Lampung Timur meluncurkan Paket Wisata 2017 untuk menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Pemkab Lampung Timur meluncurkan beberapa agenda paket wisata yang telah disampaikan oleh  Erdy Yuliandi, Kasubbag Peliputan, Pemberitaan, dan Kerja Sama Pers Humas Pemkab Lampung Timur di Sukadana, Minggu (05/02/2017), agenda ini akan berlangsung sejak Februari hingga akhir tahun 2017.

Ada beberapa agenda wisata di daerah tersebut seperti, Festival Panen Padi yang diselenggarakan pada tanggal 3 Februari. Festival ini bertujuan meningkatkan produktivitas padi di Lampung Timur, sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan tanaman padi sebagai komoditas utama di Lampung Timur sehingga menjadi daerah yang berswasembada pangan. Pesertanya adalah petani, masyarakat, pelajar, pemerintah, dan dunia usaha.

Tak kalah menarik, Lamtim BMX Festival yang berlangusng pada tanggal 19 Maret 2017, Festival ini, bertujuan untuk menumbuhkembangkan semangat dan pola hidup sehat di tengah masyarakat dengan aktivitas bersepeda. Pesertanya masyarakat, Komunitas Sepeda Indonesia, pelajar, pemerintah, dan dunia usaha. Lokasi di Islamic Center Kota Sukadana. Jenis lomba XC dan freestyle.

Selanjutnya,  Festival Kicau Burung yang diselenggarakan tanggal 26 Maret 2017, bertujuan melestarikan dan menyalurkan seni dan bakat para penghobi burung berkicau, melestarikan budaya keunikan dan suara burung berkicau. Pesertanya klub penggemar burung berkicau, komunitas fotografi, dan industri kreatif di bidang burung berkicau.

Untuk melesetarikan budaya nenek moyang, Pemkab Lampung Timur Mengadakan Tasyakauran Laut yang berlangsung pada tangal 8 Maret 2017, yang berujuan bagi pelaut yang menggantungkan perekonomian dari hasil laut dengan cara tradisional, dan tetap melestarikan lingkungan sebagai wujud syukur para nelayan agar hasil tangkapan ikan mereka lebih baik dari tahun yang lalu, dan menambah daya tarik wisata di Pantai Kerang Mas.

Lokasi festival itu di Kecamatan Labuhan Maringgai. Pesertanya para nelayan Labuhan Maringgai, pelajar, dan dunia usaha. Jenis lomba, yaitu menghias kapal, tumpeng, olahan makanan ikan, dan hiburan rakyat

Selain festival dan lomba, Pemkab juga mengadakan Pekan Seni Lampung Timur pada tanggal 20 April yang bertujuan  meningkatkan dan memasyarakatkan kecintaan terhadap budaya Lampung Timur serta melestarikan dan penggalian nilai-nilai budaya dan seni di Lampung Timur maupun Lampung umumnya.

Lokasinya di Kecamatan Bandar Sribhawono, dan jenis lomba gitar tunggal, bebandung, dedana, pecak, Tari Piring, tamborin, Gending Sriwijaya, Tari Tortor, dan Jaipong.
Selain festival,ada beberapa jenis perlombaan yaitu lomba tebak hasil panen raya, lomba tebak ukuran sawah, lomba joget di sawah, dan lomba menangkap bebek.

Selanjutnya, Mulei Meghanai 22 April 2017,  yaitu pemilihan mulei meghanai tingkat Lampung Timur untuk menjaring duta pariwisata Kabupaten Lampung Timur. Pesertanya adalah pelajar SMA/SMK dan mahasiswa. Jenis lomba pemilihan mulei dan meghanai serta fashion show.
 
Pemkab Lampung Timur mengagendakan pula Begawi Adat Lampung 14 Mei 2017, yang bertujuan menggali dan mengembangkan nilai budaya masyarakat Lampung, memasyarakatkan budaya dan adat istiadat Lampung ke semua lapisan masyarakat. Lokasi Kota Sukadana, dengan jenis lomba pemberian gelar adat kepada bupati/menteri pariwisata.

Adapula agenda wisata lainnya, Erdy Yuliandi menyebutkan seperti, Festival Kuliner Ramadan17 s.d. 23 Mei 2017, Petualangan Motorcross 28 Juni 2017, Gebyar Wisata Mudik 27 s.d. 30 Juni, Festival Layang Layang 2 Juli 2017, Festival Petik Lada 9 Juli 2017, Festival Membaca 22 Juli 2017, Festival Kuda Lumping 30 Juli, Festival Bersih Danau Beringin 11 Agustus, Festival Dayung Way Bungur 13 Agustus, Festival Musik Kreatif, 9 September 2017, dan Festival Tari Melinting 23 September 2017.

Masih ada lagi, Festival Sepuluh Ribu Pohon 10 Oktober 2017, Festival Sepuluh Ribu Rebana 22 Oktober 2017, Festival Tapak Tilas Purbakala 28 Oktober 2017, Festival Way Kambas 11 s.d. November 2017 yang selama menjadi andalan sebagai agenda tahunan pariwisata Lampung Timur dipusatkan di Taman Nasional Way Kambas. Festival Way Kambas 2017 akan melombakan forest film, forest Photography Culinary Festival, Sketsa Way Kambas, Adventure Trail, Fun and Run, Fruit Festival, dan Family Bike. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…