Peket Wisata 2017 Meriahkan Lampung Timur

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 06 Februari 2017 - 13:55 WIB

Festival Way Kambas (lampungpro)
Festival Way Kambas (lampungpro)

INDUSTRY.co.id, Lampung Timur - Untuk menarik minat pengunjung wisatawan nasional atau wisatawan mancanegara, pemerintah Kabupaten Lampung Timur meluncurkan Paket Wisata 2017 untuk menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Pemkab Lampung Timur meluncurkan beberapa agenda paket wisata yang telah disampaikan oleh  Erdy Yuliandi, Kasubbag Peliputan, Pemberitaan, dan Kerja Sama Pers Humas Pemkab Lampung Timur di Sukadana, Minggu (05/02/2017), agenda ini akan berlangsung sejak Februari hingga akhir tahun 2017.

Ada beberapa agenda wisata di daerah tersebut seperti, Festival Panen Padi yang diselenggarakan pada tanggal 3 Februari. Festival ini bertujuan meningkatkan produktivitas padi di Lampung Timur, sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan tanaman padi sebagai komoditas utama di Lampung Timur sehingga menjadi daerah yang berswasembada pangan. Pesertanya adalah petani, masyarakat, pelajar, pemerintah, dan dunia usaha.

Tak kalah menarik, Lamtim BMX Festival yang berlangusng pada tanggal 19 Maret 2017, Festival ini, bertujuan untuk menumbuhkembangkan semangat dan pola hidup sehat di tengah masyarakat dengan aktivitas bersepeda. Pesertanya masyarakat, Komunitas Sepeda Indonesia, pelajar, pemerintah, dan dunia usaha. Lokasi di Islamic Center Kota Sukadana. Jenis lomba XC dan freestyle.

Selanjutnya,  Festival Kicau Burung yang diselenggarakan tanggal 26 Maret 2017, bertujuan melestarikan dan menyalurkan seni dan bakat para penghobi burung berkicau, melestarikan budaya keunikan dan suara burung berkicau. Pesertanya klub penggemar burung berkicau, komunitas fotografi, dan industri kreatif di bidang burung berkicau.

Untuk melesetarikan budaya nenek moyang, Pemkab Lampung Timur Mengadakan Tasyakauran Laut yang berlangsung pada tangal 8 Maret 2017, yang berujuan bagi pelaut yang menggantungkan perekonomian dari hasil laut dengan cara tradisional, dan tetap melestarikan lingkungan sebagai wujud syukur para nelayan agar hasil tangkapan ikan mereka lebih baik dari tahun yang lalu, dan menambah daya tarik wisata di Pantai Kerang Mas.

Lokasi festival itu di Kecamatan Labuhan Maringgai. Pesertanya para nelayan Labuhan Maringgai, pelajar, dan dunia usaha. Jenis lomba, yaitu menghias kapal, tumpeng, olahan makanan ikan, dan hiburan rakyat

Selain festival dan lomba, Pemkab juga mengadakan Pekan Seni Lampung Timur pada tanggal 20 April yang bertujuan  meningkatkan dan memasyarakatkan kecintaan terhadap budaya Lampung Timur serta melestarikan dan penggalian nilai-nilai budaya dan seni di Lampung Timur maupun Lampung umumnya.

Lokasinya di Kecamatan Bandar Sribhawono, dan jenis lomba gitar tunggal, bebandung, dedana, pecak, Tari Piring, tamborin, Gending Sriwijaya, Tari Tortor, dan Jaipong.
Selain festival,ada beberapa jenis perlombaan yaitu lomba tebak hasil panen raya, lomba tebak ukuran sawah, lomba joget di sawah, dan lomba menangkap bebek.

Selanjutnya, Mulei Meghanai 22 April 2017,  yaitu pemilihan mulei meghanai tingkat Lampung Timur untuk menjaring duta pariwisata Kabupaten Lampung Timur. Pesertanya adalah pelajar SMA/SMK dan mahasiswa. Jenis lomba pemilihan mulei dan meghanai serta fashion show.
 
Pemkab Lampung Timur mengagendakan pula Begawi Adat Lampung 14 Mei 2017, yang bertujuan menggali dan mengembangkan nilai budaya masyarakat Lampung, memasyarakatkan budaya dan adat istiadat Lampung ke semua lapisan masyarakat. Lokasi Kota Sukadana, dengan jenis lomba pemberian gelar adat kepada bupati/menteri pariwisata.

Adapula agenda wisata lainnya, Erdy Yuliandi menyebutkan seperti, Festival Kuliner Ramadan17 s.d. 23 Mei 2017, Petualangan Motorcross 28 Juni 2017, Gebyar Wisata Mudik 27 s.d. 30 Juni, Festival Layang Layang 2 Juli 2017, Festival Petik Lada 9 Juli 2017, Festival Membaca 22 Juli 2017, Festival Kuda Lumping 30 Juli, Festival Bersih Danau Beringin 11 Agustus, Festival Dayung Way Bungur 13 Agustus, Festival Musik Kreatif, 9 September 2017, dan Festival Tari Melinting 23 September 2017.

Masih ada lagi, Festival Sepuluh Ribu Pohon 10 Oktober 2017, Festival Sepuluh Ribu Rebana 22 Oktober 2017, Festival Tapak Tilas Purbakala 28 Oktober 2017, Festival Way Kambas 11 s.d. November 2017 yang selama menjadi andalan sebagai agenda tahunan pariwisata Lampung Timur dipusatkan di Taman Nasional Way Kambas. Festival Way Kambas 2017 akan melombakan forest film, forest Photography Culinary Festival, Sketsa Way Kambas, Adventure Trail, Fun and Run, Fruit Festival, dan Family Bike. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…

 Achmad Zaki selaku CEO Bukalapak (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:58 WIB

Bukalapak Medan Rayakan Tiga Tahun Ngelapak Bersama Masyarakat

Komunitas Bukalapak Medan kemarin menggelar puncak perayaan ulang tahun yang ke-3 dengan meriah di Taman Hairos, Deli Serdang. Genap 3 tahun ngelapak bersama, pada perayaan ulang tahun kali…

Kerja sama BRI dan IDI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:40 WIB

Garuda dan BRI Ajak Penumpang Berikan Donasi Terbangkan Relawan IDI

Maskapai Nasional Garuda Indonesia berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari "Ikatan Dokter Indonesia" (IDI) dalam sinergi misi…

Ilustrasi Industri Baja

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:22 WIB

Pemerintah Ingin Mahasiswa Siap Hadapi Era Industri 4.0

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin menginginkan mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0 seperti yang telah…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:12 WIB

Lebih Efesien, Kini Lazada Terapkan Cashless bagi UMKM

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada.