Lima Alasan Mengenal Point of Sale untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Oleh : Ridwan | Senin, 30 Juli 2018 - 17:39 WIB

Ilustrasi Bisnis Digital
Ilustrasi Bisnis Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era digital, konsumen jelas memiliki banyak pilihan dalam melakukan transaksi, termasuk dalam hal bayar membayar. Pun, proses transaksi kini semakin dipermudah dengan hadirnya aplikasi kasir, baik di Android atau iOS, yang bisa disebut sebagai POS atau Point of Sales. 

Menariknya, penggunaan aplikasi kasir atau POS bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Tidak percaya? Silakan temukan jawabannya di sini.

1. Apa itu POS

Seiring dengan upgrade teknologi, kini penggunaan komputer untuk sudah dapat diganti dengan menggunakan perangkat pintar. Selain itu, tambahan penggunaan sistem operasi berbasis Android atau iOS akan semakin mempermudah dan tentunya lebih ringkas. 

Salah satunya, POS atau Point of Sales. Apa itu POS? Sebelum sampai pada penjelasannya, Anda sebaiknya setuju bahwa sistem kasir tradisional mengharuskan Anda untuk bisa terus-terusan memantau sistem persediaan komoditi. 

Sementara itu, dengan sistem POS yang berbasis cloud, Anda tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak persediaan yang Anda miliki saat ini. Sistem ini dapat membantu melacaknya saat itu juga, dan memberikan rangkuman informasi untuk Anda. Software POS berbasis cloud mencatat setiap penjualan di detik itu terjadi, sehingga catatan persediaan Anda akan selalu up-to-date.

2. Fungsi sistem POS dalam bisnis

Para pengusaha akan membutuhkan sistem ini untuk menerima pembayaran baik melalui kartu debit ataupun kredit. Mengapa? Dalam dunia bisnis, POS dapat diartikan sebagai tempat kasir atau check-out counter dengan mesin kasir atau cash register. 

Pada POS penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran serta mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian yang biasa disebut dengan struk.

Nah, sistem kasir digital seperti ini memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memonitor biaya satuan, menghitung ketika Anda perlu stok ulang, dan menganalisis persediaan hingga detil per itemnya.

3. Manfaat menggunakan sistem POS Digital Berbasis Cloud

Melalui sistem POS ini pun memungkinkan Anda untuk selalu mendapatkan informasi persediaan secara aktual. Aplikasi ini bekerja dengan mencatat penjualan setiap detiknya. Pun, dengan sistem ini Anda dapat melakukan pengecekan persediaan barang di mana pun secara acak. Hal ini akan mengurangi kecurangan atau kelalaian Anda dan para karyawan.

Selain itu, sistem ini dapat mempersingkat proses transaksi dan menjaga kenyamanan dan keamanan setiap transaksi yang berlangsung.

4. Bagaimana POS meningkatkan keuntungan
Dengan POS, Anda dapat menganalisis data penjualan, mencari tahu seberapa baik semua item yang dijual untuk menyesuaikan order pembelian selanjutnya. Anda juga dapat meningkatkan akurasi harga dengan mengintegrasikan barcode scanner dan kemampuan otorisasi kartu kredit dengan sistem POS.

Lalu, dengan sistem ini, keuntungan yang makin besar bisa diraih sebab, sistem POS membuat penurunan harga jadi satu hal yang mudah, karena sistem ini menghitung setiap markdown selagi transaksi terjadi. Selain itu, jika Anda ingin mempromosikan suatu produk, Point of Sale dapat memudahkan prosesnya.

Setiap promosi, diskon, dan kupon dapat dilacak secara akurat dan efek dari masing-masing promosi ini dicatat setiap hari. Pelacakan efek promosi produk hampir tidak mungkin tanpa adanya bantuan dari sistem POS yang terkomputerisasi.

Promosi yang tepat, serta penghitungan data yang akurat bukan tidak mungkin berimbas pada keuntungan yang meningkat.

5. Sistem POS yang direkomendasikan

Ada banyak produsen yang membuat sistem berbasis POS yang mana banyaknya pilihan ini mungkin bisa saja membuat Anda kebingungan sistem mana yang banyak digunakan. Jawabannya? Aplikasi kasir dari Moka.

MokaPOS hanya menggunakan smartphone berbasis Android atau iPad sebagai media yang menjalankan aplikasi Point of Sale tersebut. Lalu, MokaPOS bisa memastikan laporan penjualan usaha Anda dapat diketahui secara online dan real time. Langsung saja unduh di mokapos.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Catur non master

Minggu, 18 November 2018 - 23:06 WIB

Lima Ratus Peserta Ramaikan Piala Catur Hatta Taliwang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Turnamen Catur non master dan master wanita di bawah umur 15 tahun, memperebutkan piala M Hatta Taliwang dalam rangka memperingati hari Pahlawan.…

Pedet

Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 19:42 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja dan PDB Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Berdasarkan data BPS, pada periode 2015-2017, produktivitas tenaga kerja pada sektor pertanian dan PDB sektor pertanian mengalami peningkatan…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…