Lima Alasan Mengenal Point of Sale untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Oleh : Ridwan | Senin, 30 Juli 2018 - 17:39 WIB

Ilustrasi Bisnis Digital
Ilustrasi Bisnis Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era digital, konsumen jelas memiliki banyak pilihan dalam melakukan transaksi, termasuk dalam hal bayar membayar. Pun, proses transaksi kini semakin dipermudah dengan hadirnya aplikasi kasir, baik di Android atau iOS, yang bisa disebut sebagai POS atau Point of Sales. 

Menariknya, penggunaan aplikasi kasir atau POS bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Tidak percaya? Silakan temukan jawabannya di sini.

1. Apa itu POS

Seiring dengan upgrade teknologi, kini penggunaan komputer untuk sudah dapat diganti dengan menggunakan perangkat pintar. Selain itu, tambahan penggunaan sistem operasi berbasis Android atau iOS akan semakin mempermudah dan tentunya lebih ringkas. 

Salah satunya, POS atau Point of Sales. Apa itu POS? Sebelum sampai pada penjelasannya, Anda sebaiknya setuju bahwa sistem kasir tradisional mengharuskan Anda untuk bisa terus-terusan memantau sistem persediaan komoditi. 

Sementara itu, dengan sistem POS yang berbasis cloud, Anda tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak persediaan yang Anda miliki saat ini. Sistem ini dapat membantu melacaknya saat itu juga, dan memberikan rangkuman informasi untuk Anda. Software POS berbasis cloud mencatat setiap penjualan di detik itu terjadi, sehingga catatan persediaan Anda akan selalu up-to-date.

2. Fungsi sistem POS dalam bisnis

Para pengusaha akan membutuhkan sistem ini untuk menerima pembayaran baik melalui kartu debit ataupun kredit. Mengapa? Dalam dunia bisnis, POS dapat diartikan sebagai tempat kasir atau check-out counter dengan mesin kasir atau cash register. 

Pada POS penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran serta mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian yang biasa disebut dengan struk.

Nah, sistem kasir digital seperti ini memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memonitor biaya satuan, menghitung ketika Anda perlu stok ulang, dan menganalisis persediaan hingga detil per itemnya.

3. Manfaat menggunakan sistem POS Digital Berbasis Cloud

Melalui sistem POS ini pun memungkinkan Anda untuk selalu mendapatkan informasi persediaan secara aktual. Aplikasi ini bekerja dengan mencatat penjualan setiap detiknya. Pun, dengan sistem ini Anda dapat melakukan pengecekan persediaan barang di mana pun secara acak. Hal ini akan mengurangi kecurangan atau kelalaian Anda dan para karyawan.

Selain itu, sistem ini dapat mempersingkat proses transaksi dan menjaga kenyamanan dan keamanan setiap transaksi yang berlangsung.

4. Bagaimana POS meningkatkan keuntungan
Dengan POS, Anda dapat menganalisis data penjualan, mencari tahu seberapa baik semua item yang dijual untuk menyesuaikan order pembelian selanjutnya. Anda juga dapat meningkatkan akurasi harga dengan mengintegrasikan barcode scanner dan kemampuan otorisasi kartu kredit dengan sistem POS.

Lalu, dengan sistem ini, keuntungan yang makin besar bisa diraih sebab, sistem POS membuat penurunan harga jadi satu hal yang mudah, karena sistem ini menghitung setiap markdown selagi transaksi terjadi. Selain itu, jika Anda ingin mempromosikan suatu produk, Point of Sale dapat memudahkan prosesnya.

Setiap promosi, diskon, dan kupon dapat dilacak secara akurat dan efek dari masing-masing promosi ini dicatat setiap hari. Pelacakan efek promosi produk hampir tidak mungkin tanpa adanya bantuan dari sistem POS yang terkomputerisasi.

Promosi yang tepat, serta penghitungan data yang akurat bukan tidak mungkin berimbas pada keuntungan yang meningkat.

5. Sistem POS yang direkomendasikan

Ada banyak produsen yang membuat sistem berbasis POS yang mana banyaknya pilihan ini mungkin bisa saja membuat Anda kebingungan sistem mana yang banyak digunakan. Jawabannya? Aplikasi kasir dari Moka.

MokaPOS hanya menggunakan smartphone berbasis Android atau iPad sebagai media yang menjalankan aplikasi Point of Sale tersebut. Lalu, MokaPOS bisa memastikan laporan penjualan usaha Anda dapat diketahui secara online dan real time. Langsung saja unduh di mokapos.com.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.

Dirut BTN Maryono (Fot Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:00 WIB

Himbara: Industri Perbankan Memerlukan Pengaturan Suku Bunga Deposito

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memandang saat ini industri perbankan masih memerlukan pengaturan suku bunga deposito agar tidak terjadi perlombaan kenaikan suku bunga yang "tidak kondusif"…

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:00 WIB

Kemenperin: Kebutuhan GKR untuk Industri Naik 6 Persen per Tahun

Kementerian Perindustrian memproyeksi kebutuhan gula kristal rafinasi (GKR) untuk sektor industri makanan dan minuman serta industri farmasi naik sebesar 5-6 persen per tahun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:30 WIB

BCA Pastikan Akuisisi Bank Kecil Selesai Tahun Ini

PT Bank Central Asia Tbk memastikan proses akuisisi bank umum kegiatan usaha I (BUKU I) atau bank bermodal di bawah Rp1 triliun akan selesai pada tahun ini, setelah rencana tersebut tak kunjung…

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:00 WIB

Garuda Sudah Turunkan Tarif di Sejumlah Rute

PT Garuda Indonesia sudah menurunkan tarif penerbangan di sejumlah rute menyusul hasil konsolidasi Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) soal lonjakan…