Siemens Hadirkan Konsep Smart Factory Untuk Sektor Manufaktur Indonesia

Oleh : Hariyanto | Minggu, 29 Juli 2018 - 20:30 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kunjungi Booth Siemens Indonesia
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kunjungi Booth Siemens Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada Innofest ID 2018, Siemens Indonesia menampilkan konsep Smart Factory yang menghadirkan solusi berupa SIMATIC IOT2040, Siemens Radio-Frequency Identification (RFID) System dan MindSphere, sistem operasi IoT terbuka berbasis cloud milik Siemens.

Acara ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Indonesia (BPPI) dengan tema "Membangun Ekosistem Inovasi untuk Menjadikan Indonesia 4.0" pada 24-27 Juli 2018 di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Industri global memasuki era baru yang dikenal sebagai Industri 4.0. Era baru ini menampilkan digitalisasi manufaktur yang didorong oleh kemajuan teknologi seperti analisis big data, komputasi awan (cloud computing), dan koneksi intensif antara manusia dan mesin.

Industri 4.0 merupakan tren terkini dari otomasi dan pertukaran data yang bermuara pada terciptanyasmart factory”. Di dalam struktur modular smart factory tersebut, sistem cyber physical dapat memantau proses produksi, menciptakan tiruan virtual dari wujud fisik, mendorong pengambilan keputusan yang terdesentralisasi serta transparansi data-data produksi sehingga dapat menunjang Industri 4.0.

“Kami menampilkan solusi unggulan perusahaan untuk mendukung transformasi digital dari sektor manufaktur di Indonesia. Dengan menerapkan solusi digital kami, pengguna dan pelanggan sekarang dapat memanfaatkan secara penuh potensi Industri 4.0," ungkap Danu Nugroho, Kepala Bisnis Unit Proses Otomasi PT Siemens Indonesia.

Keunggulan utama SIMATIC IOT2040 adalah menjadi platform andal dan terbuka untuk pengumpulan, pemrosesan, dan pengiriman data di lingkungan produksi industri.

Produk ini berperan sebagai intelligentgateway yang mampu menstandarisasi komunikasi dari berbagai sumber data, kemudian menganalisa dan meneruskannya kepada penerima yang sesuai. Solusi ini memungkinkan untuk menerapkan konsep produksi yang berorientasi pada masa depan bahkan untuk pabrik yang telah ada sekalipun.

MindSphere adalah sistem operasi IoT terbuka berbasis cloud dari Siemens yang menghubungkan produk, pabrik, sistem, dan mesin, serta menghasilkan data dari Internet of Things (IoT) dengan analisis tingkat lanjut.

Awal bulan ini, Siemens dan Alibaba Cloud, bisnis unit komputasi awan (cloud) dari Alibaba Group, baru-baru ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka kemitraan guna mendorong industrial Internet of Things (IoT) di Cina.

Kedua perusahaan ini akan memanfaatkan teknologi dan sumber daya industri masing-masing untuk membangun solusi IoT yang unik guna mendukung Industri 4.0, peningkatan dan transformasi manufaktur Cina serta inisiatif industri Internet lainnya.

Selain itu, Siemens juga memamerkan Radio Frequency Identification (RFID) System  yaitu  sebuah solusi sempurna untuk otomatisasi di era digital dan membantu perusahaan untuk menuju "smart factory".

Siemens RFID System membantu industri di bidang produksi dan logistik dalam rantai pasokan mereka menjadi transparan dan dapat diprediksi, serta memfasilitasi perencanaan secara optimal. Solusi ini akan membantu merampingkan dan mengotomatisasi dalam rangka efisiensi operasional di pabrik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…