Menhub Budi Karya Dorong Peningkatan Akses Transportasi Babel

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 13:18 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi fokus mendorong pembangunan infrastruktur di Babel, guna meningkatkan akses transportasi dan perdagangan di daerah itu.  

"Kita akan membangun Bali baru di Provinsi Kepulauan Bangka Beliting melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas akses transportasi," kata Budi Karya Sumadi, saat berkunjung ke Babel menghadiri dialog nasional Indonesia maju, di Pangkalpinang, Rabu (25/7/2018)

Ia mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan fasilitas dan akses transportasi untuk mendorong kemajuan pariwisata Indonesia. Dari pembangunan bandara, pelabuhan hingga tol laut akan dimaksimalkan untuk melayani masyarakat.

Di Babel pergerakan pesawat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang ada 6.400 pesawat per tahun dan pergerakan penumpang 1,6 juta per tahun. Untuk pelabuhan laut di Babel, dari Pelabuhan Pangkalbalam, Muntok, Toboali, Sadai, Tanjung Batu, Tanjung Pandan, dan Pelabuhan Manggar menjadi kunci logistik dan arus barang.

"Pelabuhan Pangkalbalam akan kita optimalkan menjadi pelabuhan unggulan bahkan pelabuhan internasional," ujarnya seperti dilansir dari Laman Kemenhub.

Pelabuhan Muntok dan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung akan dijadikan pengumpul arus barang, sedangkan Pelabuhan Manggar sebagai pengumpan lokal. Dan pelabuhan Tanjung Batu akan menjadi salah satu pelabuhan tol laut, di mana kegiatan dengan sendirinya akan tumbuh.

"Pemerintah akan memperkuat jalur logistik utama, merajut wilayah untuk memantapkan perekonomian regional yang tujuannya untuk membangun akses kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Rabu, 26 September 2018 - 20:24 WIB

Rumah Tahan Gempa Risha Dibanderol Mulai 27 Juta Untuk Tahap Pembuatan Awal

Risha merupakan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun secara instan menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya dan telah teruji tahan gempa hingga 8 Skala Richter…

Ilustrasi narapidana. (Foto: IST)

Rabu, 26 September 2018 - 20:00 WIB

Diduga Sebar Hoax, AKBI Laporkan Oknum Pemred ke Polisi

Direktur Utama PT Anugerah Kasih Bumi Indah (AKBI), Bryan Susilo menyampaikan, pihaknya telah melaporkan beberapa orang yang diduga oknum penyebar isu negatif dan oknum ex customer yang membuat…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dan Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara serta Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani seusai penandatanganan MoU Grab d

Rabu, 26 September 2018 - 19:15 WIB

Dukung Program Wonderful Indonesia, Grab Teken MoU Dengan Kemenpar

Sejalan dengan visinya sebagai everyday superapp,Grab, platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan…

Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Rabu, 26 September 2018 - 18:41 WIB

Gelar Fun Run, Bekasi Industrial Tourism Saring Bibit Pelari Muda Masa Depan

Dalam rangka memeriahkan hari olahraga nasional, disbudpora, Kabupaten Bekasi didukung oleh PT. Graha Buana Cikarang, PT Jababeka, Tbk, danĀ Bekasi Industrial TourismĀ (BIT), Kodim Kab. Bekasi,…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 18:00 WIB

PLN Babel Targetkan Pelanggan Industri Tumbuh 12 Persen

PLN Area Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan pertumbuhan pelanggan industri pada 2018 sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.