Menhub Budi Karya Dorong Peningkatan Akses Transportasi Babel

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 13:18 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi fokus mendorong pembangunan infrastruktur di Babel, guna meningkatkan akses transportasi dan perdagangan di daerah itu.  

"Kita akan membangun Bali baru di Provinsi Kepulauan Bangka Beliting melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas akses transportasi," kata Budi Karya Sumadi, saat berkunjung ke Babel menghadiri dialog nasional Indonesia maju, di Pangkalpinang, Rabu (25/7/2018)

Ia mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan fasilitas dan akses transportasi untuk mendorong kemajuan pariwisata Indonesia. Dari pembangunan bandara, pelabuhan hingga tol laut akan dimaksimalkan untuk melayani masyarakat.

Di Babel pergerakan pesawat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang ada 6.400 pesawat per tahun dan pergerakan penumpang 1,6 juta per tahun. Untuk pelabuhan laut di Babel, dari Pelabuhan Pangkalbalam, Muntok, Toboali, Sadai, Tanjung Batu, Tanjung Pandan, dan Pelabuhan Manggar menjadi kunci logistik dan arus barang.

"Pelabuhan Pangkalbalam akan kita optimalkan menjadi pelabuhan unggulan bahkan pelabuhan internasional," ujarnya seperti dilansir dari Laman Kemenhub.

Pelabuhan Muntok dan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung akan dijadikan pengumpul arus barang, sedangkan Pelabuhan Manggar sebagai pengumpan lokal. Dan pelabuhan Tanjung Batu akan menjadi salah satu pelabuhan tol laut, di mana kegiatan dengan sendirinya akan tumbuh.

"Pemerintah akan memperkuat jalur logistik utama, merajut wilayah untuk memantapkan perekonomian regional yang tujuannya untuk membangun akses kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BTN Maryono (Fot Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:00 WIB

Himbara: Industri Perbankan Memerlukan Pengaturan Suku Bunga Deposito

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memandang saat ini industri perbankan masih memerlukan pengaturan suku bunga deposito agar tidak terjadi perlombaan kenaikan suku bunga yang "tidak kondusif"…

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:00 WIB

Kemenperin: Kebutuhan GKR untuk Industri Naik 6 Persen per Tahun

Kementerian Perindustrian memproyeksi kebutuhan gula kristal rafinasi (GKR) untuk sektor industri makanan dan minuman serta industri farmasi naik sebesar 5-6 persen per tahun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:30 WIB

BCA Pastikan Akuisisi Bank Kecil Selesai Tahun Ini

PT Bank Central Asia Tbk memastikan proses akuisisi bank umum kegiatan usaha I (BUKU I) atau bank bermodal di bawah Rp1 triliun akan selesai pada tahun ini, setelah rencana tersebut tak kunjung…

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:00 WIB

Garuda Sudah Turunkan Tarif di Sejumlah Rute

PT Garuda Indonesia sudah menurunkan tarif penerbangan di sejumlah rute menyusul hasil konsolidasi Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) soal lonjakan…

The Parc Apartement tawarkan konsep coliving bagi kaum milenial, Foto : INDUSTRY.co.id

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:59 WIB

Ini Strategi Bisnis Pengembang South City di Tahun Politik

Mengawali tahun 2019 dan dalam momentum tahun politik PT Setiawan Dwi Tunggal terus optimis dalam mengembangkan bisnis korporasinya, yaitu melalui proyek apartemen di South City Cinere. Lantas…