PT INKA Tingkatkan Pengadaan Sarana Kereta

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 12:03 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT INKA (Persero) siap meningkatkan kontrak pengadaan sarana kereta api baik dengan pemerintah maupun swasta.

Manajer Senior Humas INKA Hartono Rabu  (25/7/2018( mengatakan saat ini INKA sudah menjadi andalan dalam pengadaan sarana KA dalam negeri.

"Saya pikir kalau pengadaan sarana KA dari pemerintah sudah dari dalam negeri semua. Kalau dari BUMD dan anak perusahaan BUMN memang masih ada yang kerja sama dengan asing," katanya.

Namun, ke depannya, lanjut dia, pihaknya yakin Inka akan menjadi pemain utama di negeri sendiri dalam industri kereta.

"Setelah mereka melihat kemampuan INKA, maka akan bekerja sama juga dengan Inka," katanya.

Saat ini, INKA telah menjalin kerja sama baik dengan BUMN maupun swasta dalam proyek-proyek strategis, seperti kontrak pengadaan LRT Palembang senilai Rp388 miliar, LRT Jabodebek Rp3,9 triliun dan pengadaan gerbong PT TEL (swasta) Rp24 miliar.

"Kalau dari KAI, ada proyek pembaruan kereta penumpang dan LRT dan saat ini dalam proses pengerjaan," kata Hartono.

Menurut dia, pemerintah saat ini tengah gencar membangun moda transportasi massal berbasis rel karena sangat dibutuhkan sekarang ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan selain di Jakarta dan Palembang, LRT juga akan dibangun di Surabaya, Medan, dan Bandung.

Mengingat biaya yang dibutuhkan cukup besar dan tidak bisa berasal dari APBN, maka Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan keterlibatan swasta untuk bersama mengembangkan transportasi kereta api sebagai angkutan massal yang sangat dibutuhkan di Indonesia.

Guru Besar Transportasi Universitas Gadjah Mada Danang Parikesit menilai moda transportasi massal berbasis rel yakni LRT, MRT dan trem bukan hanya menampung manusia, melainkan juga mengatur tata ruang kota.

"Kalau tujuannya mengangkut manusia, bus lebih murah, tapi kalau fokusnya untuk sekaligus menata ruang kota, akan relevan dan terjustifikasi secara finansial (dengan kereta)," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

NIVEA

Sabtu, 17 November 2018 - 14:42 WIB

Ternyata Inilah yang Direkomendasikan oleh Make-up Experts untuk Pembersih Make-up

NIVEA sebagai Make Up Care Expert meluncurkan inovasi terbaru NIVEA MicellAIR Skin Breathe XPERT yang direkomendasikan oleh Make-up Experts

Tim Mekanik asal Indonesia yg diwakili oleh (ki-ka) Hari Wijaya (Nusantara Motor Jakarta), Rohim (Vergita Motor Sidoarjo), Mualim (Berkat Motor Tangerang)

Sabtu, 17 November 2018 - 13:40 WIB

Castrol Asia Pacific Bikes Super Mechanic Contest 2018 Ditutup Meriah

Tim mekanik asal Indonesia bersaing ketat di ajang kompetisi mekanik tingkat asia pasifik.

Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

Sabtu, 17 November 2018 - 13:00 WIB

Wirausaha Sosial Asal Indonesia, Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

Greenna, inovator dari Indonesia, menerima penghargaan tertinggi dalam kategoriSocial Enterprises(wirausaha sosial)Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards, sebuah kompetisikewirausahaanglobal…

Link Net First Media. (Foto: IST)

Sabtu, 17 November 2018 - 12:41 WIB

Gugatan PT First Media Tbk Tidak Terkait dengan layanan First Media

PT First Media Tbk (KBLV) merupakan penyelenggara jaringan telekomunikasi, yang memiliki izin penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis packet switched baik melalui kabel maupun pita frekuensi…

SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi

Sabtu, 17 November 2018 - 11:00 WIB

Grand Launching Pembukaan KCP BNI Syariah Pematang Siantar

INDUSTRY.co.id -

Medan - Untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat kota Medan, BNI Syariah hadir di Pematang Siantar yang beralamat di Jalan Sutomo No 15 Kota Pematang…