ESDM Minta Rekind Bangun Infrastruktur Gas Cirebon-Semarang

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 Juli 2018 - 20:05 WIB

Ilustrasi instalasi gas. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi instalasi gas. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Semarang- Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah meminta PT Rekayasa Industri (Rekind), selaku pemenang lelang, segera membangun infrastruktur pipa gas ruas Cirebon-Semarang.

"Kami sudah meminta PT Rekind untuk segera merealisasikan pembangunan infrastruktur, tapi jawaban mereka belum bisa membangun karena material yang disalurkan belum ada, kami tidak bisa apa-apa, sebab yang melelang BPH Migas bukan kami," kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng Teguh Dwi Paryono di Semarang, Selasa (24/7/2018)

Sejak dilelangkan pada 2006 dengan pemenang PT Rekind, proyek pembangunan infrastruktur pipa gas ruas itu belum juga terealisasi hingga sekarang.

Terkait dengan proyek tersebut, salah satu Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Jateng, yakni PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah, juga telah melakukan kesepakatan dengan PT Rekind untuk bersama membangun infrastruktur, mencari pembeli, hingga operasional sampai ke pengguna gas.

Menurut Teguh, "bola" pembangunan infrastruktur pipa gas ruas Cirebon-Semarang sekarang ada di BPH Migas.

Seandainya BPH Migas menilai pemenang lelang tidak melaksanakan kewajibannya, kata dia, maka proyek pembangunan infrastruktur pipa gas tersebut bisa dilakukan lelang ulang.

"BPH Migas harus mendesak PT Rekind, kalau tidak sanggup cabut saja dan ada mekanisme untuk proses lelang lagi," ujarnya seperti dilansir Antara.

Jika dilihat dari pasokan dan kebutuhan gas industri, kata dia, masih lebih tinggi kebutuhannya, apalagi jika nanti jaringan pipa ke industri sudah terhubung semuanya.

Harga gas yang lebih murah daripada bahan bakar minyak (BBM) itu menjadi daya tarik bagi industri.

Pemprov Jateng telah memfasilitasi rencana pembangunan tersebut, mulai saat penyusunan analisis mengenai dampak lingkungan hingga mempertemukan PT SPJT dengan PT Rekind yang siap bekerja sama dalam pembangunan infrastruktur pipa gas Cirebon-Semarang hingga operasionalnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu yang melakukan kunjungan kerja ke kantor Perusahaan Gas Nasional area Semarang, menilai kondisi infrastruktur gas di Jateng terbilang memprihatinkan.

Kalangan legislator pun mendesak agar BPH Migas segera menyelesaikan jaringan infrastuktur pipa gas yang telah dilelang sejak 2006.

Menurut Gus Irawan, PGN siap mendistribusikan gas ke masyarakat, namun dengan catatan infrastuktur pipa harus diselesaikan terlebih dahulu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…