Tanaman Tembakau Tertanam Bojonegoro 8.710,5 Hektar

Oleh : Wiyanto | Selasa, 24 Juli 2018 - 13:33 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro - Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan luas areal tanaman tembakau Virginia Voor Oogst (VO), Jawa, dan Virginia RAM yang tertanam di sejumlah sentra penghasil tembakau mencapai 8.710,5 hektare per 21 Juli.

"Luas tanaman tembakau masih bertambah sebab masih ada data tanaman tembakau di Kecamatan Malo dan Kalitidu yang belum masuk, tapi tidak terlalu luas," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi di Bojonegoro, Senin (23/8/2019)

Berdasarkan pendataan, lanjut dia, tanaman tembakau seluas 8.710.5 hektare, rinciannya untuk Virginia VO seluas 5.062 hektare, antara lain, di Kecamatan Sukosewu, Baureno, dan Kedungadem, dengan tanaman tembakau lebih masing-masing kecamatan lebih dari 1.000 hektare.

"Tanaman tembakau Virginia VO juga ada di sejumlah kecamatan lainnya," ujarnya.

Untuk jenis tembakau Jawa luasnya 2.694 hektare, dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Kedungadem, Temayang, Sugihwaras, Purwosari dan Ngasem.

Tembakau Virginia RAM seluas 984,5 hektare dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Ngraho, Kasiman, Kedungadem, dan Sugihwaras.

Selain itu, menurut dia, di sejumlah kecamatan petani juga ada yang baru mulai menanam tembakau. Hanya saja tanaman tembakau yang ditanam pada Juli tidak termasuk tanaman tembakau yang masuk rekomendasi.

"Masa tanam tembakau yang sesuai rekomendasi merupakan tanaman tembakau yang ditanam Mei-Juni," ucapnya menegaskan.

Ia mengaku sebelumnya memproyeksikan luas tanaman tembakau sekitar 9.000 hektare dengan mengacu kebutuhan paikan yang akan melakukan pembelian tembakau pada musim tanam tahun ini.

"Dengan luas tanaman tembakau yang tertanam sekarang ini mencukupi untuk mencukupi kebutuhan paikan, juga pengusaha tembakau," ucapnya.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton.

"Sepanjang cuaca mendukung kami optimistis tanaman tembakau tertanam tahun ini akan terbeli paikan, juga pengusaha tembakau dengan harga yang memadai," kata dia menegaskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka pameran Ulos Hangoluan (Foto: Dok. Kemenpar)

Rabu, 19 September 2018 - 18:45 WIB

Buka Pameran Ulos Hangoluan dan Tondi, Menpar Dibuat Kagum

Kain khas Suku Batak, Ulos, ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi. Ulos pun punya peranan penting dalam kehidupan warga Suku Batak. Makna inilah yang coba disampaikan dalam pameran Ulos,…

Ilustrasi Perumahan

Rabu, 19 September 2018 - 18:00 WIB

Berkenalan DONA, Inovasi Terkini dari Home Credit Indonesia

Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi global terus melakukan inovasi untuk menyediakan layanan pembiayaan yang mudah, cepat dan bertanggung jawab di tanah air. Salah…

Presiden Joko Widodo

Rabu, 19 September 2018 - 17:35 WIB

Presiden Jokowi Teken Perpres Pengunaan Cukai Rokok Tutup Defisit BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) mengenai penggunaan cukai rokok untuk menutup defisit dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)…