Tanaman Tembakau Tertanam Bojonegoro 8.710,5 Hektar

Oleh : Wiyanto | Selasa, 24 Juli 2018 - 13:33 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro - Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan luas areal tanaman tembakau Virginia Voor Oogst (VO), Jawa, dan Virginia RAM yang tertanam di sejumlah sentra penghasil tembakau mencapai 8.710,5 hektare per 21 Juli.

"Luas tanaman tembakau masih bertambah sebab masih ada data tanaman tembakau di Kecamatan Malo dan Kalitidu yang belum masuk, tapi tidak terlalu luas," kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi di Bojonegoro, Senin (23/8/2019)

Berdasarkan pendataan, lanjut dia, tanaman tembakau seluas 8.710.5 hektare, rinciannya untuk Virginia VO seluas 5.062 hektare, antara lain, di Kecamatan Sukosewu, Baureno, dan Kedungadem, dengan tanaman tembakau lebih masing-masing kecamatan lebih dari 1.000 hektare.

"Tanaman tembakau Virginia VO juga ada di sejumlah kecamatan lainnya," ujarnya.

Untuk jenis tembakau Jawa luasnya 2.694 hektare, dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Kedungadem, Temayang, Sugihwaras, Purwosari dan Ngasem.

Tembakau Virginia RAM seluas 984,5 hektare dengan lokasi antara lain, di Kecamatan Ngraho, Kasiman, Kedungadem, dan Sugihwaras.

Selain itu, menurut dia, di sejumlah kecamatan petani juga ada yang baru mulai menanam tembakau. Hanya saja tanaman tembakau yang ditanam pada Juli tidak termasuk tanaman tembakau yang masuk rekomendasi.

"Masa tanam tembakau yang sesuai rekomendasi merupakan tanaman tembakau yang ditanam Mei-Juni," ucapnya menegaskan.

Ia mengaku sebelumnya memproyeksikan luas tanaman tembakau sekitar 9.000 hektare dengan mengacu kebutuhan pabrikan yang akan melakukan pembelian tembakau pada musim tanam tahun ini.

"Dengan luas tanaman tembakau yang tertanam sekarang ini mencukupi untuk mencukupi kebutuhan pabrikan, juga pengusaha tembakau," ucapnya.

Dari data yang diterima dinas pertanian menyebutkan PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Tidak hanya PT Gudang Garam juga melaporkan akan melakukan pembelian tembakau kering di daerah setempat sekitar 1.500 ton.

"Sepanjang cuaca mendukung kami optimistis tanaman tembakau tertanam tahun ini akan terbeli pabrikan, juga pengusaha tembakau dengan harga yang memadai," kata dia menegaskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.