Terminal Bus Terbesar Se-Asia Tenggara Segera Beroperasi di Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 05 Februari 2017 - 09:17 WIB

Terminal Bus Sentra Timur Terpadu Pulo Gebang
Terminal Bus Sentra Timur Terpadu Pulo Gebang

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan awal pengoperasian Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang pada akhir 2016 lalu. Rencananya, seluruh kegiatan pembangunan terminal di Jakarta Timur ini akan selesai pada Februari 2017 ini.

Terminal Pulo Gebang dibangun untuk mengurangi praktik-praktik ilegal yang dilakukan di "terminal bayangan". Saat ini jumlah terminal bayangan di Jakarta terdapat di 21 kawasan yang mengganggu sistem pelayanan transportasi bus antar kota. Selain itu, keberadaan terminal bayangan kerap mengganggu aktivitas jalan raya hingga timbulkan kemacetan.

Berikut hal yang perlu diketahui tentang terminal baru yang disebut-sebut sebagai terminal terbesar di Asia Tenggara ini.

Lokasi di JORR

Terminal Pulo Gebang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. Posisinya tepat berada di pinggir Jalan Tol Lingkar Luar (JORR).

Terbesar di Indonesia

Dibangun di atas lahan seluas 5,4 hektar, Terminal Pulo Gebang menjadi terminal terbesar di Indonesia. Selain tempat menunggu penumpang serta are keberangkatan dan kedatangan bus, terminal ini memiliki fasilitas lain seperti area istirahat bagi awak bus, areal komersial berupa konter tiket bus dan toko serta warung, dan area kantor pengelola terminal. Di ruang tunggu penumpang disediakan televisi dan saluran listrik untuk menambah daya baterai ponsel.

Melayani Bus AKAP

Saat ini Terminal Pulo Gadung dan Rawamangun di Jakarta Timur melayani penumpang bus untuk perjalanan dalam dan luar kota. Nanti setelah Terminal Pulo Gebang siap, perjalanan angkutan kota antar provinsi (AKAP) hanya dilakukan di terminal ini. Sedangkan kedua terminal tersebut akan melayani rute dalam kota saja.

Dilewati Angkutan Pengumpan

Kementerian Perhubungan menyiapkan angkutan pengumpan (feeder) untuk melayani masyarakat dari Terminal Pulo Gebang. Hal ini penting untuk menghubungkan angkutan dalam kota dengan bus AKAP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).