Terminal Bus Terbesar Se-Asia Tenggara Segera Beroperasi di Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 05 Februari 2017 - 09:17 WIB

Terminal Bus Sentra Timur Terpadu Pulo Gebang
Terminal Bus Sentra Timur Terpadu Pulo Gebang

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan awal pengoperasian Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang pada akhir 2016 lalu. Rencananya, seluruh kegiatan pembangunan terminal di Jakarta Timur ini akan selesai pada Februari 2017 ini.

Terminal Pulo Gebang dibangun untuk mengurangi praktik-praktik ilegal yang dilakukan di "terminal bayangan". Saat ini jumlah terminal bayangan di Jakarta terdapat di 21 kawasan yang mengganggu sistem pelayanan transportasi bus antar kota. Selain itu, keberadaan terminal bayangan kerap mengganggu aktivitas jalan raya hingga timbulkan kemacetan.

Berikut hal yang perlu diketahui tentang terminal baru yang disebut-sebut sebagai terminal terbesar di Asia Tenggara ini.

Lokasi di JORR

Terminal Pulo Gebang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. Posisinya tepat berada di pinggir Jalan Tol Lingkar Luar (JORR).

Terbesar di Indonesia

Dibangun di atas lahan seluas 5,4 hektar, Terminal Pulo Gebang menjadi terminal terbesar di Indonesia. Selain tempat menunggu penumpang serta are keberangkatan dan kedatangan bus, terminal ini memiliki fasilitas lain seperti area istirahat bagi awak bus, areal komersial berupa konter tiket bus dan toko serta warung, dan area kantor pengelola terminal. Di ruang tunggu penumpang disediakan televisi dan saluran listrik untuk menambah daya baterai ponsel.

Melayani Bus AKAP

Saat ini Terminal Pulo Gadung dan Rawamangun di Jakarta Timur melayani penumpang bus untuk perjalanan dalam dan luar kota. Nanti setelah Terminal Pulo Gebang siap, perjalanan angkutan kota antar provinsi (AKAP) hanya dilakukan di terminal ini. Sedangkan kedua terminal tersebut akan melayani rute dalam kota saja.

Dilewati Angkutan Pengumpan

Kementerian Perhubungan menyiapkan angkutan pengumpan (feeder) untuk melayani masyarakat dari Terminal Pulo Gebang. Hal ini penting untuk menghubungkan angkutan dalam kota dengan bus AKAP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekuk Bali United 3-0, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 - 22:18 WIB

Bekuk Bali United 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018

Akhirnya, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Persija mengalahkan Bali United FC 3-0 pada puncak partai final yang berlangsung, Sabtu (17/2/2018) di stadion Gelora Bung…

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap…

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:09 WIB

Komut PT PP Kunjungi Proyek Rusunami Jakabaring Palembang

Palembang- Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rusunami Jakabaring Palembang. Proyek yang dibangun pada akhir tahun 2016 ini akan selesai…

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:05 WIB

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar

Purwakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Ma'baul Ulum KH. Anhar menyebut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB. Hasanuddin atau Kang Hasan sebagai pemimpin layaknya matahari yang mampu menjadi…