PLTMH Melong Berpotensi Sumbang PNBP Hingga Rp 400 Juta per Tahun

Oleh : Hariyanto | Senin, 23 Juli 2018 - 15:37 WIB

PLTMH Melong
PLTMH Melong

INDUSTRY.co.id - Subang - Kepala P3TKEBTKE, Yunus Saefulhak mengatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Melong di Desa Jambelaer Kecamatan Dawuan, Subang, Jawa Barat, berpotensi menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hingga Rp 400 juta per tahun melalui Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE), Balitbang Kementerian ESDM.

"PNBP sebesar Rp 400 juta per tahun dapat diperoleh dengan catatan, daya mampu stabil pada angka 80 kW dan harga jual ke PLN mencapai Rp 750 per kWh," ujar Yunus saat meninjau PLTMH Melong yang memiliki kapasitas terpasang 100 kiloWatt (kW) tersebut, di Subang (17/7/2018). 

Yunus menjelaskan, saat ini listrik yang dihasilkan disalurkan (on-grid) ke sistem jaringan PT. PLN (Persero) dengan harga jual listrik sebesar Rp 520/kWh. "Agar PLTMH Melong dapat beroperasi secara mandiri, maka skema kontrak jual beli langsung antara BLU P3TKEBTKE dengan PLN juga perlu diperbaharui," ujarnya.

Yunus mengungkapkan, P3TKEBTKE mengusulkan agar harga jual beli listrik dengan pihak PLN disesuaikan ke harga Rp 750/kWh. Besaran biaya ini menyesuaikan dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor: 1772 K/20/MEM/2018 tentang Besaran Biaya Pokok Penyediaan Pembangkitan (BPP) PLN Tahun 2017 dengan BPP Jawa Barat, dimana harga jual listrik yang berlaku sebesar Rp 911 atau USD 6,81 sen per kWh.

"Kalau dengan harga jual saat ini (Rp 520/kWh), pendapatan PLTMH Melong belum memadai untuk menutup biaya operasional pembangkit, yang rata-rata mencapai Rp 196 juta per tahunnya," jelas Yunus.

Menurut Yunus, perubahan status P3TKEBTKE menjadi sebuah BLU turut merubah pengelolaan PLTMH Melong. Sebagai BLU, P3TKEBTKE mengelola PLTMH Melong dengan mengutamakan prinsip pelayanan, namun juga harus mempertimbangkan agar tidak terbebani biaya operasional.

PLTMH Melong, lanjut Yunus dibangun dan beroperasi pada tahun 2005 memanfaatkan air dari saluran air irigasi yang dikelola Perum Jasa Tirta II Subang. Awalnya PLTMH ini dibangun untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan ketengalistrikan dan energi baru dan terbarukan, juga telah menjadi rujukan pengelolaan PLTMH bagi negara berkembang, pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten/kota.

Selain di Subang, P3TKEBTKE juga telah membangun PLTMH Sengkaling di Malang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dalam pembangunan PLTMH, BLU P3TKEBTKE menyediakan layanan jasa berupa studi pra feasibility study (Pra-FS), feasibility study (FS) dan Detail Engineering Design, perijinan, EPC konsultan hingga Service Electric Load Controler.

Secara berkala, Kepala P3TKEBTKE melakukan evaluasi aset-aset BLU P3TKEBTKE. Aset yang masih layak akan diusahakan menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan bagi BLU P3TKEBTKE. Sebaliknya, bila aset tersebut sudah tidak mempunyai nilai keekonomian, maka akan dihibahkan atau dihapuskan sesuai peraturan yang berlaku.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…