Gelar Wisuda Ke-13, Lulusan President University Siap Bekerja, Wirausaha dan Lanjutkan Studi

Oleh : Hariyanto | Minggu, 22 Juli 2018 - 13:37 WIB

Rektor President University, Dr. Jony Oktavian Haryanto (Reza)
Rektor President University, Dr. Jony Oktavian Haryanto (Reza)

INDUSTRY.co.id - Cikarang – President University menggelar upacara wisuda yang ke-13 di Jababeka Convention Center, Cikarang (21/7/2018). Sebanyak 979 mahasiswa tingkat Sarjana (S-1) dan Pasca Sarjana (S-2) diwisuda. Jumlah tersebut meningkat 24,6% ketimbang lulusan tahun 2017 yang 786 mahasiswa.

Dikutip dari presidentpost, dari seluruh lulusan tersebut, terdapat 107 mahasiswa internasional yang berasal berbagai negara, seperti China, Uni Emirat Arab dan Vietnam.

“Tahun ini lulusan kami 90 persen mendapatkan pekerjaan dengan waktu kurang dari 6 bulan setelah mereka lulus. Dan kami mentargetkan tahun depan menjadi 95 persen.” kata Rektor President University, Dr. Jony Oktavian Haryanto.

Sementara, Ir. Dwi Larso, MSIE., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik President University menambahkan bahwa saat ini keinginan mahasiswa ada 3 setelah lulus, yaitu pertama mendapatkan pekerjaan, lalu berwirausaha dan yang terakhir melanjutkan studi di program master maupun doktor.

“Sebagai lembaga pendidikan kami harus melayani ketiga kepentingan ini, sehingga kita melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu supaya kita memberikan pengalaman yang terbaik kepada para mahasiswa.” tambah Dwi Larso.

Salah satunya, ungkap Dwi, pihaknya mempunyai Business Incubator bagi mahasiswa yang ingin membangun startup. Selain itu, President University juga punya Career Center yang diperkuat untuk mendukung mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan.

"Jadi setelah tahun ke dua mereka selesai, maka mahasiswa sudah mulai pitching untuk kerja dimana termasuk program internship nya yang bisa kita lakukan dalam waktu 1 tahun. Sedangkan yang ingin sekolah lagi kita bantu mereka mempersiapkan bahasa dan tes-tes yang diperlukan. Kita punya Language and Culture Center bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke Eropa atau Amerika,” ungkapnya.

Dwi menambahkan, President University juga melakukan perbaikan kurikulum dengan memberikan pendidikan karakter dan integritas yang baik, sehingga jika terjadi guncangan di masa depan maka kekuatannya ada di karakter, mindsetattitude dari para alumni.

Ia menjelaskan terjadi peningkatan mahasiswa baru pada tahun ini yang menjadi rekor President University yaitu di atas 1.000 siswa. “Intake kelas pagi tahun ini merupakan rekor yaitu lebih dari 1.000 siswa, ini merupakan apresiasi yang baik dari masyarakat akan perubahan-perubahan yang telah kami lakukan sebelumnya. Kami tidak boleh berbangga hati karena harus terus melakukan perbaikan dan memberikan yang terbaik bagi alumni dan bangsa Indonesia.” katanya.

Lebih jauh mengenai entreprenurship atau wirausaha, Vincentia Sherren Chief Strategy Officer dari Nusatalent.com yang turut di wisuda tahun ini menyampaikan, pada semester 5 dirinya mendapatkan mata kuliah entrepreneurship, dan disanalah Ia bertemu teman yang membantunya membangun startup.

"Saya akhirnya menemukan solusi mengenai human resources terutama untuk fresh graduate dan internship, dikarenakan sulitnya mencari pekerjaan yang pas pada era sekarang ini.” ungkapnya.

Menurut cewek yang ambil jurusan akunting karena ingin bekerja awalnya, pikiran tersebut langsung berubah ketika mengambil kelas entrepreneurship. Dari yang ingin bekerja sama orang lain sekarang ingin bekerja sama diri sendiri.

Berdiri sejak tahun 2001, President University telah menghasilkan ribuan lulusan yang diserap di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, dalam dan luar negeri, ada juga di kantor-kantor pemerintahan, termasuk sebagian di antaranya yang menjadi pengusaha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.