Kemenko Maritim Awali Panen Raya Garam di PT Garam Sumenep

Oleh : Ridwan | Minggu, 22 Juli 2018 - 11:07 WIB

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim, Agung Kuswandono bersama Direktur Produksi PT. Garam Hartono, Direktur Pengembangan PT Garam, Edo Hariandja saat panen raya garam di PT Garam (Foto: Dok. Kemenko Maritim)
Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim, Agung Kuswandono bersama Direktur Produksi PT. Garam Hartono, Direktur Pengembangan PT Garam, Edo Hariandja saat panen raya garam di PT Garam (Foto: Dok. Kemenko Maritim)

INDUSTRY.co.id - Madura, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Agung Kuswandono bersama Direktur Produksi PT. Garam Hartono, Direktur Pengembangan Edo Hariandja dan mitra-mitra PT Garam mengawali panen raya garam di lapangan pergaraman Sumenep, Madura, Jawa Timur (20/7/2018) kemarin.

Bulan Juli hingga awal September merupakan masa-masa panen di lahan-lahan garam Indonesia yang umumnya masih tergantung cuaca. Demikian pula dengan lahan pergaraman Sumenep.

Kabupaten yang berada di ujung Madura ini telah menjadi lumbung garam Indonesia sejak zaman Belanda kini mulai beralih dari metode konvensional dengan melakukan berbagai inovasi salah satunya dengan mitra kerja PT.Anta Tirta Karisma.

Kerja sama PT.Garam dengan PT. Anta Tirta Karisma berupa pembangunan prisma, yang diujicoba pada lahan seluas 200 hektar (Ha). Ujicoba ini berlangsung hampir setahun, selama ini metode prisma ini telah terbukti efektif meminimalkan ketergantungan petani garam terhadap cuaca.

“Pada musim hujan petani beralih dari garam ke kangkung, garam yang dilepas ke pasar adalah garam yang sudah disimpan dalam gudang-gudang hasil panen garam pada musim kemarau. Pada musim kemarau petani kembali memanen garam. Siklus ini sudah berjalan bertahun-tahun. Tapi dengan inovasi dari PT.Anta Tirta Karisma (ATK), diharapkan produksi garam tetap stabil, tidak terkendala cuaca, jadi harga garam bisa lebih terkontrol," ujar Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Agung Kuswandono.

Inovasi yang dilakukan PT.Garam tidak hanya dari sistem tunnel and prism, PT.Garam  juga mengembangkan mekanisasi yakni penggunaan hand traktor yang dikembangkan mandiri oleh PT.Garam.

“Saat ini kita punya 2 purwarupa (prototype) yang akan digunakan tanggal 27 Agustus mendatang. Modelnya menyerupai traktor tangan untuk sawah, tapi bagian bawahnya menggunakan karet lembut agar tidak merusak meja garam yang sekarang dibuat dengan geo membrane. Satu meja garam nanti bisa dikerjakan oleh satu orang dengan satu traktor, jadi lebih cepat, jauh lebih cepat dan lebih produktif," Kata Direktur Produksi PT.Garam, Hartono.

Sementara itu, Direktur Pengembangan PT Garam Edo Hariandja menambahkan bahwa traktor ini merupakan pengembangan mandiri PT.Garam.

“Ini dibuat oleh PT.Garam, baru ada dua, nanti kami akan mengajak PT.Bharata untuk bekerja sama produksi massalnya, bagian dari kerja sama BUMN," terangnya.

Asisten Deputi Bidang Sumber Daya Mineral, energi dan NonKonvensional Amalyos mengatakan sebelumnya garam adalah pekerjaan padat karya. Satu meja garam harus dikerjakan oleh 10 orang, tapi seiring perkembangan zaman, kian sedikit orang yang mau bekerja sebagai petani garam.

“Ini kerja keras dalam cuaca panas, generasi muda sudah tidak ada yang mau, jadi mekanisasi produksi garam, mulanya dari traktor ini bisa jadi jawaban," papar Amalyos.

Direktur Edo mengamini dengan menegaskan bahwa kekurangan tenaga kerja adalah bagian dari ‘seleksi alam’ jadi PT.Garam perlu terus berinovasi, termasuk melalui kerja sama BUMN agar target swasembada garam terwujud.

Deputi Agung Kuswandono menyambut baik inovasi-inovasi yang sudah berjalan maupun yang baru pada tahap uji coba dengan menekankan, inovasi pergaraman merupakan bagian dari solusi mewujudkan swasembada garam 2020.

“Kelak, bila terus seperti ini, Saya yakin, pasti Indonesia tidak perlu lagi impor garam," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 09:11 WIB

Ketua MPR RI Publikasikan Hasil Riset Ilmiah Terkait Empat Pilar Kebangsaan di Jurnal Ketahanan Nasional UGM

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Tetap Pascasarjana Program Doktor Hukum Universitas Borobudur Bambang Soesatyo mempublikasikan hasil riset ilmiah mengenai empat…

Terima Delegasi Para Pengusaha Muda China, Ketua MPR RI Dorong Kerjasama Wirausahawan Muda Indonesia - Tiongkok

Kamis, 25 April 2024 - 08:30 WIB

Terima Delegasi Para Pengusaha Muda China, Ketua MPR RI Dorong Kerjasama Wirausahawan Muda Indonesia - Tiongkok

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana para pengusaha muda China yang tergabung dalam China International Youth Exchange Center dalam membangun…

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…