AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)
Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id

Kuala Lumpur- Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Pembelian tersebut diumumkan oleh Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Group Datuk Kamarudin Meranun, Ketua AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz dan Chief Commercial Officer Airbus Eric Schulz di Farnborough Air Show Inggris di Kuala Lumpur, Jumat (20/7/2018)

Perjanjian terbaru menegaskan kembali posisi AirAsia X sebagai pelanggan maskapai penerbangan terbesar untuk A330neo dengan jumlah total pesawat yang dipesan oleh maskapai meningkat menjadi 100.

Semua pesawat A330neo yang dipesan oleh AirAsia X adalah model A330-900 yang lebih besar.

"Pesawat ini menawarkan kemampuan jangkauan yang memungkinkan layanan non-stop ke Eropa, termasuk dari Kuala Lumpur ke London, A330neo akan memungkinkan AirAsia X untuk memperluas model jarak jauh berbasis nilai dengan biaya operasi yang lebih rendah, sementara memungkinkan penumpangnya terbang lebih sering dengan sangat tarif kompetitif," kata Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Group Datuk Kamarudin Meranun.

AirAsia X akan menjadi maskapai pertama di Asia yang mengoperasikan A330neo, dengan pengiriman pesawat terbang dengan Airbus dijadwalkan akan dimulai pada kuartal keempat 2019. A330neo akan dioperasikan oleh AirAsia X dari pangkalannya di Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Group Datuk Kamarudin Meranun mengatakan "long haul low-cost" adalah sesuatu yang sangat dipercayai.

"Pesanan ini menunjukkan kepercayaan kami pada model AirAsia X. Kami melakukan lobi keras untuk A330neo setelah melihat kesuksesan A320neo, dan bekerja erat dengan Airbus. Kami telah tiba di pesawat terbang yang kami yakini akan memungkinkan kami untuk memperluas tarif rendah kami yang menawarkan di luar Asia Pasifik ke seluruh dunia," katanya.

Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Co-Group Tan Sri Tony Fernandes menambahkan langkah ini merupakan penegasan untuk A330neo.

"Keputusan kami tidak hanya untuk menegaskan kembali pesanan kami yang sudah ada untuk 66 A330neo, tetapi untuk menambah 34 lagi, mengikuti apa yang mungkin merupakan salah satu evaluasi pesawat paling menyeluruh industri yang pernah ada. Kami telah melihat setiap aspek A330neo dari kinerja teknis dan keandalan untuk kenyamanan penumpang dan jelas merupakan pesawat yang tepat bagi kami untuk memperluas jaringan kami yang berkembang cepat dengan cepat," katanya.

A330neo adalah versi terbaru dari lorong kembar Keluarga A330. Ini menggabungkan generasi baru Rolls-Royce Trent 7000 engine. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talk Show bertajuk Mempererat Ikatan Ibu dan Anak dengan MetodeRead-Aloud yang diselenggarakan Lotte Choco Pie (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:30 WIB

Sambut Hari Ibu, Lotte Choco Pie Ajak Para Ibu Tingkatkan Kualitas Mendidik Sang Buah Hati

Menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018, Lotte Choco Pie mengajak para ibu Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dalam hal mendidik sang buah hati.

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go.

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:05 WIB

GreatDay, Aplikasi Digital Manajemen Sumber Daya Manusia

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go. Dengan perubahan brand ini, telah didirikan PT. People Intelligence Indonesia ("P11"),…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan pada acara Penganugerahan Industri Hijau (Foto: Kemenperin)

Rabu, 12 Desember 2018 - 18:10 WIB

143 Perusahaan Raih Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin

Menperin Airlangga Hartarto menyerahkan Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 kepada 143 perusahaan yang terdiri dari 87 perusahaan mendapat level 5 dan 56 perusahaan dengan level 4.

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 17:13 WIB

Menperin: Target Roadmap 4.0 di Sektor Mamin Adalah Indonesia Jadi Pemain Utama Industri Mamin Dunia

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0.

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Rabu, 12 Desember 2018 - 16:37 WIB

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan Bhumandala Kanaka Tahun 2018 atau Medali Emas untuk Kategori Simpul Jaringan Geospasial Terbaik Tingkat Kementerian/Lembaga…