AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)
Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id

Kuala Lumpur- Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Pembelian tersebut diumumkan oleh Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Group Datuk Kamarudin Meranun, Ketua AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz dan Chief Commercial Officer Airbus Eric Schulz di Farnborough Air Show Inggris di Kuala Lumpur, Jumat (20/7/2018)

Perjanjian terbaru menegaskan kembali posisi AirAsia X sebagai pelanggan maskapai penerbangan terbesar untuk A330neo dengan jumlah total pesawat yang dipesan oleh maskapai meningkat menjadi 100.

Semua pesawat A330neo yang dipesan oleh AirAsia X adalah model A330-900 yang lebih besar.

"Pesawat ini menawarkan kemampuan jangkauan yang memungkinkan layanan non-stop ke Eropa, termasuk dari Kuala Lumpur ke London, A330neo akan memungkinkan AirAsia X untuk memperluas model jarak jauh berbasis nilai dengan biaya operasi yang lebih rendah, sementara memungkinkan penumpangnya terbang lebih sering dengan sangat tarif kompetitif," kata Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Group Datuk Kamarudin Meranun.

AirAsia X akan menjadi maskapai pertama di Asia yang mengoperasikan A330neo, dengan pengiriman pesawat terbang dengan Airbus dijadwalkan akan dimulai pada kuartal keempat 2019. A330neo akan dioperasikan oleh AirAsia X dari pangkalannya di Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Group Datuk Kamarudin Meranun mengatakan "long haul low-cost" adalah sesuatu yang sangat dipercayai.

"Pesanan ini menunjukkan kepercayaan kami pada model AirAsia X. Kami melakukan lobi keras untuk A330neo setelah melihat kesuksesan A320neo, dan bekerja erat dengan Airbus. Kami telah tiba di pesawat terbang yang kami yakini akan memungkinkan kami untuk memperluas tarif rendah kami yang menawarkan di luar Asia Pasifik ke seluruh dunia," katanya.

Co-Founder AirAsia dan Chief Executive Officer AirAsia X Co-Group Tan Sri Tony Fernandes menambahkan langkah ini merupakan penegasan untuk A330neo.

"Keputusan kami tidak hanya untuk menegaskan kembali pesanan kami yang sudah ada untuk 66 A330neo, tetapi untuk menambah 34 lagi, mengikuti apa yang mungkin merupakan salah satu evaluasi pesawat paling menyeluruh industri yang pernah ada. Kami telah melihat setiap aspek A330neo dari kinerja teknis dan keandalan untuk kenyamanan penumpang dan jelas merupakan pesawat yang tepat bagi kami untuk memperluas jaringan kami yang berkembang cepat dengan cepat," katanya.

A330neo adalah versi terbaru dari lorong kembar Keluarga A330. Ini menggabungkan generasi baru Rolls-Royce Trent 7000 engine. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.