Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)
Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

"Sementara desain yang kami siapkan bahwa Terminal 4 tidak di-'propose' (diajukan) untuk terminal khusus LCC," kata Head of Corporate Secretary and Legal Angkasa Pura II Agus Haryadi di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (20/1/12018)

Agus mengatakan rencana pengembangan terminal LCC di Bandara Internasional Soekarno-Hatta memang masih terus dikaji.

Menurut dia, pangsa pasar LCC cukup potensial digarap terutama di bandara utama seperti Soekarno-Hatta.

Meski masih terus dikaji, ia menyebut kemungkinan terbesar terminal LCC akan diberlakukan di Terminal 1 atau Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Masih desain kasar. Jadi Terminal F yang akan kami coba rekayasa. Terminal D kan dipakai untuk internasional, tapi nanti pindah semua ke Terminal 3. Terminal 2 akan 'idle' (tidak terpakai), jadi Terminal 2 yang akan kami kembangkan," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memaparkan konsep terminal khusus LCC di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Awaluddin usai pembukaan "Airport Excellence (APEX) in Safety dari Airport Council International (ACI), Senin (16/7), menjelaskan apabila terjadi penyesuaian pembangunan terminal LCC pada saat revitalisasi, maka konsepnya adalah Terminal 1 khusus penerbangan perbiaya murah domestik.

Terminal 2 khusus penerbangan berbiaya murah domestik dan internasional dan Terminal 3 khusus penerbangan dengan layanan lengkap (full service) baik domestik maupun internasional.

Sedangkan Terminal 4 akan diposisikan jadi terminal penerbangan layanan lengkap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Selasa, 19 Maret 2024 - 06:15 WIB

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus mendorong pemanfaatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur di Kementerian PUPR.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) berinteraksi dengan pelanggan GraPARI TelkomGroup Medan dalam rangkaian acara Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2024 di Medan, beberapa waktu lalu.

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Safari Ramadan 1445 H TelkomGroup: Tinjau Kesiapan Infrastruktur Layanan Telekomunikasi dan Salurkan Bantuan CSR

Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melaksanakan kegiatan tahunan Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup…

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI, dari Letjen TNI Eko Margiyono kepada…