Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)
Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

"Sementara desain yang kami siapkan bahwa Terminal 4 tidak di-'propose' (diajukan) untuk terminal khusus LCC," kata Head of Corporate Secretary and Legal Angkasa Pura II Agus Haryadi di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (20/1/12018)

Agus mengatakan rencana pengembangan terminal LCC di Bandara Internasional Soekarno-Hatta memang masih terus dikaji.

Menurut dia, pangsa pasar LCC cukup potensial digarap terutama di bandara utama seperti Soekarno-Hatta.

Meski masih terus dikaji, ia menyebut kemungkinan terbesar terminal LCC akan diberlakukan di Terminal 1 atau Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Masih desain kasar. Jadi Terminal F yang akan kami coba rekayasa. Terminal D kan dipakai untuk internasional, tapi nanti pindah semua ke Terminal 3. Terminal 2 akan 'idle' (tidak terpakai), jadi Terminal 2 yang akan kami kembangkan," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memaparkan konsep terminal khusus LCC di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Awaluddin usai pembukaan "Airport Excellence (APEX) in Safety dari Airport Council International (ACI), Senin (16/7), menjelaskan apabila terjadi penyesuaian pembangunan terminal LCC pada saat revitalisasi, maka konsepnya adalah Terminal 1 khusus penerbangan perbiaya murah domestik.

Terminal 2 khusus penerbangan berbiaya murah domestik dan internasional dan Terminal 3 khusus penerbangan dengan layanan lengkap (full service) baik domestik maupun internasional.

Sedangkan Terminal 4 akan diposisikan jadi terminal penerbangan layanan lengkap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GIIAS Medan 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Rangkaian GIIAS Roadshow 2018 Ditutup Pesta Harga Akhir Tahun di GIIAS Medan Auto Show

Menghitung mundur kurang dari dua minggu menuju penyelenggaraan rangkaian pameran mobil GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan kembali dilangsungkan di Medan. Kembali…

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong

Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:00 WIB

Industri Pariwisata Menunggu Kehadiran Investor Arab Saudi

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menyatakan pemerintah Indonesia akan menawarkan peluang investasi sektor pariwisata dan gaya hidup (lifestyle) dalam konferensi…

Menteri Basuki saat meninjau lokasi pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:29 WIB

Penyaluran Bantuan Rumah Risha Disalurkan Lewat Pokmas Untuk Jamin Akuntabilitas

Untuk mempercepat penyaluran bantuan, Pemerintah telah menyederhanakan format pencairan dana perbaikan rumah dari sebelumnya 17 formulir menjadi 1 formulir saja.

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih berfoto bersama dengan para peserta pameranpada peringatan Hari Kopi Internasional di Makassar (Foto: Kemenperin)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Pacu Pertumbuhan IKM Pengolahan Kopi, Inilah Langkah Strategis Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi di dalam negeri termasuk skala industri kecil dan menengah (IKM).

Dean Novel

Kamis, 18 Oktober 2018 - 19:02 WIB

Kisah Petani Jagung Berdasi (2): Memilih NTB Ketimbang Jawa

Dean betah berladang di NTB karena menurutnya petani di Lombok masih haus dengan inovasi. Masih mendengar jika diberi penyuluhan, masih penasaran dengan ilmu-ilmu baru dalam pertanian.