Imbalan Jasa Minyak Bojonegoro Ikuti Minyak Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 21 Juli 2018 - 14:56 WIB

Blok Migas (Foto Eksplorasi.ID)
Blok Migas (Foto Eksplorasi.ID)

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro- PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Jawa Tengah, memberikan imbalan jasa kepada penambang minyak tradisional termasuk kepada PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS) yang mengelola sumur minyak dengan mengikuti perkembangan harga minyak dunia.

"Pemberian imbalan jasa untuk ongkos angkat dan angkut minyak yang dibayarkan mengikuti perkembangan harga minyak dunia," kata Direktur PT BBS, BUMD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Toni Ade Irawan, di Bojonegoro, Kamis (19/7/2018)

Ia memberikan gambaran bahwa pada Juli imbalan jasa angkat dan angkut minyak mentah di penambangan minyak tradisional di daerah setempat yang dibayarkan kepada para penambang melalui KUD atau BUMD sebesar Rp4.021,49/liter.

"Besaran imbalan jasa pada Juli ini ini turun sebesar Rp103,9 per liter, dibandingkan bulan sebelumnya," ucapnya seraya menambahkan bahwa imbalan jasa minyak mentah berfluktuafif bergantung harga minyak dunia.

Hal itu dibenarkan jajaran Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, dalam kegiatan kunjungan wartawan di kawasan objek wisata penambangan minyak tradisional di Kecamatan Kedewan, Rabu (18/7).

Seorang penyuling minyak tradisional di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Warsito menjelaskan harga minyak mentah yang dibeli dari penambang yang kemudian disuling juga mengikuti perkembangan harga minyak dunia.

"Akhir-akhir ini saya membeli minyak mentah dari penambang berkisar Rp600-Rp800 per liternya, karena mengikuti perkembangan harga minyak dunia," ucapnya menjelaskan.

Saat ini, ia mengaku membeli minyak mentah dari penambang dengan harga Rp800/liter yang kemudian disuling secara tradisional menjadi solar dan minyak tanah. Dalam menyuling minyak mentah dengan berat 280 liter bisa menghasilkan solar 210 liter dan minyak tanah 35 liter.

"Solar sulingan saya jual dengan harga Rp900/liter dan minyak tanah Rp4.000/liter. Dimanfaatkan untuk industri juga nelayan," ucapnya seperti dilansir Antara.

Menurut Cepu Field Manager PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Afwan Daroni, di daerah setempat banyak ditemukan kekayaan sumber daya alam minyak dan gas bumi yang dikelola secara tradisional dan modern.

Sumur tua di Wonocolo juga Hargomulyo, dan Beji, Kecamatan Kedewan, yang masuk wilayah kerjanya dikembangkan menjadi percontohan desa wisata baru.

"Pertamina EP sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas  berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Bojonegoro mengelola Desa Wisata, sebagai Texas-nya Indonesia," ucapnya.

Sejumlah fasilitas yang dapat menjadi daya tarik bagi penggunjung untuk datang ke desa wisata migas di daerah setempat, mulai sumur minyak tua, Museum Rumah Singgah, "jeep adventure", "mountain Bike", "fun bike", juga sejumlah lokasi untuk swafoto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…