Waralaba Cara Efektif Tingkatkan Rasio Kewirausahaan

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 21 Juli 2018 - 09:15 WIB

Sesmenkop dan UKM, Meliadi Sembiring pada pembukaan pameran International Franchise Licence & Business Concept (IFRA) 2018, di JCC, Jakarta, Jum'at (20/7).
Sesmenkop dan UKM, Meliadi Sembiring pada pembukaan pameran International Franchise Licence & Business Concept (IFRA) 2018, di JCC, Jakarta, Jum'at (20/7).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan, model bisnis waralaba (franchise) merupakan salah satu cara paling efektif untuk melahirkan wirausaha baru, sekaligus meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia yang baru mencapai 3,1 persen.

" di Indonesia ada 62 juta lebih UMKM. Dengan pertumbuhan ekonomi diatas 5 persen itu bagus, tapi apakah sudah merata? jawabnya belum. Kesenjangan harus dikurangi, salah satunya dengan mengembangkan  koperasi dan UKM. 

Waralaba adalah model bisnis yang cocok bagi UKM karena memberikan peluang bagi pengusaha UKM dalam mengembangkan usahanya," ujar Sesmenkop dan UKM, dalam sambutannya pada pembukaan pameran International Franchise Licence & Business Concept (IFRA) 2018, di JCC, Jakarta, Jum'at (20/7).

Turut hadir dalam acara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahja Widayanti, Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Andrew Nugroho dan chairman ameritus AFI, Anang Sukandar.

Meliadi memaparkan, waralaba merupakan bentuk kerjasama bisnis berjangka panjang yang menjadi bagian dari pola kemitraan.

 

" Kerjasama ini tak hanya memiliki tujuan ekonomi, namun juga sosial seperti masalah pemerataan kesejahteraan dan keadilan dalam berusaha," katanya.

Hal itu karena didalam bisnis waralaba, akan terjadi penyatuan business plan, adanya transfer sumber daya finansial, keahlian atau teknologi, antara usaha besar, menengah dan kecil.

Menurut Meliadi, yang kurang dari bisnis waralaba ini adalah perluasan jenis usaha waralaba yang ditangani.

"Misalnya agribisnis yang tampaknya masih kurang. Kebanyakan waralaba bergerak di kuliner, fashion. Padahal  keunggulan kita banyak  dan itu perlu digali lagi," pesannya

Stabilisasi Harga

Dirjen Perdagangan Dalan Negeri Kemendag, Tjahja Widayanti mengatakan prospek bisnis waralaba amat sangat menjanjikan.

"Presiden RI bapak Joko Widodo juga concern terhadap waralaba ini, karena sesuai dengan arah pembangunan  ekonomi kerakyatan yang berkeadilan," katanya.

Menurut Dirjen, sistem waralaba ini merupakan sistem distribusi yang baik, karena  dapat diterapkan bagi usaha baru, yang belum bisa berkembang sendiri.

"Namun dengan waralaba, kita  bisa memulai sebagai entrepreneur. Memang tak mudah,  perlu fokus," tegasnya. Menurut Tjahja, dikaitkan dengan tugas pemerintah dalam  stabilisasi harga, bisnis waralaba sangat memberikan kontribusi.

" waralaba udah punya sistem standar dan harga bisa dimaintenance," pungkasnya.

Ketua Umum AFI Andrew Nugroho mengatakan bisnis waralaba dalam beberapa tahun terakhir berkembang pesat. " Terjadi lompatan pertumbuhan sebesar 20 persen dari 2016  ke 2017," katanya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…