Sarana Pascapanen Desa Diyakini Mampu Menjaga Kestabilan Harga

Oleh : Ridwan | Sabtu, 04 Februari 2017 - 10:27 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto Bersama Mendes PDTT, Eko Sandjojo
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto Bersama Mendes PDTT, Eko Sandjojo

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menperin meminta agar perencanaan pembuatan alat dan mesin pertanian pascapanen dibuat standardisasi, sehingga produsen dalam negeri bisa segera mempersiapkan kebutuhannya.  

"Kami minta perencanaan tersebut lebih awal, juga untuk dapat disesuaikan dengan kapasitas pabrikan dalam negeri" terang Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pada pertemuan dengan Mendes PDTT di Jakarta (3/2/2017).

Menperin berharap, perencanaan jangka panjang dengan fasilitas yang lebih jelas dan lebih konkret. Masing-masing perusahaan kami minta untuk membuat rencana investasi untuk peralatan pascapanen seperti silo dan dryer.

Menurut Mendes PDTT, Eko Sandjojo, terpenuhinya sarana pascapanen desa diyakini mampu menjaga kestabilan harga.

"Kami mengajak para pelaku industri yang menyerap pascapanen untuk mendapatkan arahan dari Menteri Perindustrian, supaya investasi sektor pascapanen bisa digalakkan. Sehingga dapat menyerap produksi industri yang pasti  akan meningkat" ungkap Eko

Salah satu persoalan harga yang meresahkan masyarakat hingga saat ini disebabkan karena belum tercukupinya sarana pascapanen.

Selain itu, dengan meningkatnya gairah investasi pascapanen tersebut, dapat berpengaruh besar terhadap kestabilan harga sehingga menguntungkan para petani.

"Pemerintah juga akan diuntungkan karena tidak ada inflasi. Dunia perbankan juga diuntungkan" tambah Eko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…