AFI: Bisnis Waralaba Mampu Serap 2 Juta Tenaga Kerja

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 20 Juli 2018 - 13:29 WIB

IFRA 2018 Resmi Dibuka yang berlangsung 20 hingga 22 Juli 2018 di JCC Senayan
IFRA 2018 Resmi Dibuka yang berlangsung 20 hingga 22 Juli 2018 di JCC Senayan

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) mencatat saat ini ada 200 jaringan waralaba dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 2 juta orang. Dimana setiap tahun bisnis waralaba terus meningkat 10-25 persen per tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum AFI, dalam pameran dan konferensi waralaba, International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2018, resmi dibuka pada hari ini (20/7). Pembukaan IFRA 2018 secara resmi dilakukan oleh Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc selaku Sekretaris Menteri – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia bersama dengan Ir. Tjahya Widayanti, M.Sc selaku Direkur Jendral Perdagangan Dalam Negeri – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, serta didampingi oleh Ketua Umum AFI – Andrew Nugroho, Chairman Emiritus AFI – Anang Sukandar, dan Presiden Direktur Dyandra Promosindo – Daswar Marpaung.

Lanjutnya,  industri waralaba menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki bisnis sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar.

“Bisnis waralaba menawarkan skema permodalan yang fleksibel sehingga nyaris semua orang bisa menekuninya. Namun setelah terjun di bisnis ini tentu para pemain harus terus menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang waralaba,” ujar Andrew.

 Ia menambahkan kegiatan IFRA 2018 yang juga menghadirkan sesi konferensi dan talkshow menjadi event yang wajib dikunjungi mereka yang ingin maupun yang sudah berkecimpung dalam industri waralaba. Selain mendapatkan pengetahuan, kegiatan ini juga merupakan peluang untuk menjalin relasi dan mencari potensi-potensi usaha lain.

 Andrew juga berharap pemerintah bisa terus melakukan pembinaan bagi para pebisnis waralaba lokal agar bisa bersaing secara global. Saat ini Indonesia masih tertinggal dari negara lain dalam hal penetrasi waralaba ke pasar regional. Pembinaan diperlukan untuk menjaga kualitas waralaba nasional baik dari segi kualitas produk maupun profesionalitas manajemen.

 IFRA tahun ini mengangkat tema “Creating Franchise Entrepreneurial Behaviour with Continous Innovation” yang menekankan pentingnya inovasi untuk mengembangkan bisnis waralaba. Selain itu, para pebisnis waralaba juga harus memiliki pengetahuan cukup di bidang pemasaran, manajemen, strategi bisnis, keuangan, dan lain-lain. “Inilah pentingnya melakukan pembinaan serta mengikuti kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bisnis waralaba,” terang Andrew.

Senada dengan Andrew, Ir. Tjahya Widayanti, M.Sc selaku Direkur Jendral Perdagangan Dalam Negeri – Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menjelaskan dari tahun ke tahun terus meningkat hingga 17%. Prospek waralaba ini sangat menjanjikan. Dan sesuai dengan arah kebijakan ekonomi yang dicanangkan pemerintah yaitu ekonomi kerakyatan dan keadilan.

 Tjahya melanjutkan untuk jenis waralaba yang paling banyak digemari adalah kuliner, fashion dan pendidikan. Kedepan harus dikembangkan ke sektor lain seperti agriculture maupun rantai pasok.

“Para pengusaha yang terjun dibidang waralaba diuntungkan dengan berbagai keunggulan. Diantaranya sistem yang terstandar, termasuk harga yang bisa dimaintenance supaya tidak mudah naik dan turun,” jelas Tjahya.

Selanjutnya, Meliadi Sembiring, sekmen KUKM menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada di atas 5%, tidak lepas dari kontribusi para pelaku UMKM yang jumlahnya mencapai 62juta.  Kesenjangan harus dikurangi, salah satunya dengan mengembangkan sektor koperasi dan UKM.

Untuk mengurangi kesenjangan ekonomi di Indonesia, salah satu upaya yang terus dilakukan adalah dengan meningkatkan rasio pengusaha di Indonesia yang saat ini baru mencapai 3,1%. Sektor waralaba adalah bidang yang strategis untuk meningkatkan rasio pengusaha di Indonesia.

 Dengan menekuni industri waralaba ini, para pengusaha diuntungkan dengan banyak keunggulan. Seperti mendapatkan pelatihan, pengelolaan managemen usaha, pengadaan rantai pasok dan teknologinya juga sudah tersedia.

 “Namun tantangan kedepannya perlu ada perluasan sektor yang harus dikembangkan. Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa diangkat dari pasar dalam negeri ke ranah pasar global,” jelas Meliadi

 International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2018 diselenggaralan oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Dyandra Promosindo sebagai organizer. Pameran yang menampilkan berbagai peluang usaha dan konferensi di bidang waralaba ini akan berlangsung hingga Minggu 22 Juli 2018. Panitia menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp 50 ribu dan terbuka untuk umum mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.