DPR Sarankan Menteri Mundur Ketika Jadi Caleg

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Juli 2018 - 12:45 WIB

Menko PMK Puan Maharani Berikan Evaluasi
Menko PMK Puan Maharani Berikan Evaluasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria mengatakan para menteri yang menjadi calon anggota legislatif di Pemilu 2019 disarankan mundur dari jabatannya karena tidak etis dan agar kinerja pemerintahan tetap berjalan dengan baik.

"Saya nilainya lebih baik para menteri itu mundur dan menyerahkan kepada orang yang lebih fokus menjalankan tugas sebagai menteri," kata Riza di Jakarta, Kamis (19/7/2018)

Dia mengatakan memang tidak ada aturan yang melarang seorang menteri mencalonkan diri sebagai caleg, namun secara etika lebih baik mereka mengundurkan diri.

Riza menjelaskan seorang menteri yang menjadi caleg harus menentukan pilihan apakah tetap menjadi menteri dengan syarat tidak menjadi atau mencopot jabatannya di pemerintah untuk menjadi anggota legislatif.

"Presiden Joko Widodo sebelumnya tidak pernah menjadi menteri namun menjadi Gubernur DKI Jakarta lalu menjadi capres di Pemilu 2014," ujarnya.

Riza yang merupakan politisi Partai Gerindra itu mengatakan usulannya tersebut agar menteri yang menjadi caleg fokus menyerap dan mendengarkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing.

Menurut dia kalau menyerap aspirasi itu dimaksimalkan maka ketika terpilih, tahu apa yang harus diperjuangkan untuk kepentingan masyarakat.

"Kalau mereka tetap menjadi caleg maka dikhawatirkan tugas kementerian terganggu. Bagaimana mungkin, tugas kementerian pada hari libur saja sangat padat sementara di sisi lain harus ke dapil dalam rangka kampanye," katanya.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan ada tujuh menteri di Kabinet Kerja yang didaftarkan partai politiknya menjadi calon anggota legislatif pada Pileg 2019.

Ketujuh menteri itu berasal dari PDIP, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan PKB.

Pratikno mengatakan, ketujuh menteri yang maju jadi caleg itu tetap diminta untuk fokus menjalankan tugasnya, hal itu merupakan pesan dari Presiden Jokowi.

Para menteri yang maju caleg, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (PDIP), Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (PDIP), Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin (PPP), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (PAN).

Selain itu, tiga menteri dari PKB yang didaftarkan ke KPU adalah Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…