Kementerian PUPR Dorong Pemda Menata Lansekap Kota Melalui Pengembangan Kota Hijau

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Juli 2018 - 09:25 WIB

Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo
Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pembangunan infrastruktur turut berperan besar dalam pembentukan lansekap kota. Infrastruktur tersedia untuk mendukung berbagai kebutuhan layanan perkotaan, tetapi juga harus berkualitas dan berkelanjutan sesuai dengan prinsip infrastruktur hijau yang ramah lingkungan. Infrastruktur hijau telah berkembang dan akan terus berkembang sebagai konsep pembangunan perkotaan kedepan. 

“Penataan lansekap yang baik tidak hanya memberikan nilai lebih dari sisi estetika, namun juga dapat berkontribusi terhadap pengelolaan sumber daya air, tanah, dan udara sehingga mewujudkan keseimbangan antara aspek kemanfaatan, efisiensi penggunaan energi, dan kelestarian ekosistem,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo dalam pembukaan pameran dan konferensi industry lansekap dan penghijauan Expo Urbanscape & Greenary 2018, Kamis (19/7/2018). 

Disamping pembangunan infrastruktur berskala masif, Kementerian PUPR juga memfokuskan pada pengembangan lansekap dan penghijauan kota. Program peningkatan kualitas kota dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah menambah luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). 

Penambahan luasan RTH sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, yaitu pemenuhan RTH di kawasan perkotaan sebesar 30 persen dari luas kawasan perkotaan yang terdiri dari 20% RTH publik dan 10% RTH private, termasuk dalam bentuk kebun raya baik di kawasan perkotaan maupun non perkotaan. 

Salah satunya melalui pembangunan RTH percontohan melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). P2KH merupakan prakarsa mulia dan bentuk tanggung jawab yang diinisiasi oleh Pemerintah Pusat (Kementerian PUPR) bersama dengan pemerintah Kota/Kabupaten guna mewujudkan ruang perkotaan yang lebih berkualitas melalui perencanaan yang baik dan perwujudan delapan atribut kota hijau sesuai amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, sekaligus menjawab tantangan perubahan iklim. Dimulai sejak 2011, saat ini P2KH telah mencakup sebanyak 187 kota dan kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.  
 
Ketua Green Building Coucil Indonesia Siti Adiningsih Adiwoso menyampaikan acara ini bagian edukasi terhadap masyarakat mengenai pentingnya perencanaan lanskap perkotaan yang baik untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat yang berujung pada keberlanjutan lingkungan. Masalah lingkungan perkotaan di lndonesia sangat serius dan perlu penanganan yang tepat dan cepat,” jelasnya. 

Expo Urbanscape & Grenery 2018 diselenggarakan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) berkolaborasi dengan PT.  Media Artha Sentosa. Acara ini akan berlangsung selama 3 hari yakni tanggal 19 – 21 Juli 2018 di Jakarta Expo Kemayoran, menghadirkan lebih dari 60 peserta pameran yang menampilkan beragam produk industry lansekap dan informasi lainnya termasuk Kementerian PUPR.  Partisipasi Kementerian PUPR dalam pameran mengajak salah satu contoh sukses program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yakni Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…