Kuliner Menggiurkan Khas Cirebon yang Tak Boleh Dilewatkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 20 Juli 2018 - 07:00 WIB

Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: cireboncinnamon.com)
Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: cireboncinnamon.com)

INDUSTRY.co.id, JakartaKota Cirebon berada di perbatasan antara tanah Sunda dan Jawa di daerah pantura. Secara bahasa, Cirebon bisa diartikan air rebon alias air sisa pengolahan udang rebon. Ya, masyarakat di sana memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan ikan dan udang rebon. Bila Anda hendak berwisata ke Jawa Barat, Cirebon dapat menjadi alternatif kota yang menyenangkan lho. Berbagai tempat wisata di cirebon begitu menarik untuk disinggahi. Apalagi bila tahu kuliner khasnya yang menggiurkan seperti yang ada di bawah ini.

1. Nasi Jamblang

Nasi yang satu ini adalah makanan khas Cirebon. Isi menunya berupa nasi yang disediakan dengan berbagai lauk seperti tahu, tempe, paru, otak sapi, cumi-cumi, telur asin dan macam lauk lainnya. Ciri khasnya adalah menu nasi jamblang disajikan dengan alas daun jati yang akan menambah aroma sajian menjadi lebih sedap.

Warung nasi jamblang terkenal di Kota Cirebon yang biasanya direkomendasikan adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jl. Cangkring 2, Kejaksaan, Kota Cirebon. Warung ini buka mulai pukul 7 pagi hingga malam. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tergantung lauk yang dipilih. Sepertinya, mencari kuliner nasi jamblang untuk sarapan bisa jadi pilihan tepat saat mengunjungi tempat wisata di Cirebon.

2. Mi Koclok

Seperti namanya, hidangan yang satu ini berupa mi kuning yang ditemani oleh tauge, kol, irisan daging ayam dan telur. Setelah itu mi disiram dengan kuah santan kental yang gurih. Apalagi ditambah irisan daun bawang dan seledri. Wah bisa dibayangkan betapa lezatnya. Paling enak disantap ketika masih hangat mengepul karena kuah santannya yang disajikan kental.

Salah satu warung mi kocok yang terkenal adalah Mi Koclok Jatimerta yang terletak di Jl. Kartini. Warung ini buka pukul 12 siang sampai pukul 10 malam. Ada juga warung Mie Koclok Panjunan yang berada di Jl. Panjunan. Seporsi mi koclok dihargai kira-kira Rp 15.000.

3. Nasi Lengko

Sekilas tampilan nasi lengko mirip dengan pecel. Bertabur bumbu kacang serta dilengkapi potongan tahu goreng, tempe goreng dan mentimun, nasi lengko menjadi salah satu makanan favorit khas Cirebon yang murah meriah. Ciri khas dari nasi ini adalah taburan daun kucai di atas nasi yang menambah cita rasa sedap.

Ada juga yang menyediakan lauk tambahan berupa sate kambing yang bisa Anda pilih sesuai selera. Penjual nasi lengko yang terkenal di Cirebon yaitu di warung H. Barno. Terletak di Jl Pagongan, Cirebon warung ini buka dari pukul 6-9 pagi.

4. Empal Gentong

Dari sekian banyak makanan, empal gentong mungkin termasuk salah satu kuliner yang akan selalu dirindukan. Dengan kuah khas santan berbumbu rempah serta potongan daging dan empal empuk yang legit, tak ada yang bisa menolak kelezatannya. Empal gentong biasa disajikan bersama nasi atau lontong. Bisa juga ditambahkan cabai merah kering bagi yang gemar pedas.

Beberapa warung empal gentong yang terkenal di Cirebon antara lain warung Mang Darma di Jl. Slamet Riyadi No. 1 atau warung Empal Gentong Haji Apud di Jl. Raya Ir. H. Juanda 24. Cukup dengan kisaran harga sepuluh hingga dua puluh ribu rupiah saja Anda sudah dapat menikmati kelezatannya.

Nah, apakah Anda sudah tergiur dan ingin segera berkunjung ke Cirebon? Yuk segera rencanakan liburan. Kalau Anda mau mencari hotel murah di Cirebon, sekarang ada cara yang mudah lho. Cukup unduh aplikasi Airy Rooms dan temukan hotel pilihan Anda.

Tidak hanya menawarkan harga yang bersahabat, hotel-hotel yang berada di bawah jaringan Airy dilengkapi 7 fasilitas standar seperti kamar yang bersih, televisi layar datar, pendingin ruangan, kamar mandi dengan pancuran air hangat, lengkap dengan perlengkapan mandinya, dan tentunya air minum dan wifi gratis. Jadi, segera kemasi ransel Anda dan berliburlah ke Cirebon!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Agi Sugianto, Naratama, Rumy Azis, Seno M Hardjo, dan Rahayu Kartawiguna Dalam Sesi Diskuis yang Diselenggarakan oleh Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia

Senin, 17 Desember 2018 - 10:48 WIB

Meski Berat Peluang Musik Indonesia Tetap Terbuka di Era Industri 4.0

Meski tantangan yang dihadapi semakin berat, peluang musik (musisi) Indonesia untuk ambil bagian secara ekonomi tetap terbuka di Era Industry 4.0. Demikian kesimpulan secara global hasil diskusi…

Ruang menyusui (Foto Beritasatu)

Senin, 17 Desember 2018 - 10:45 WIB

K3: Perusahaan Wajib Menyediakan Ruang ASI

Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga menyosialisasikan pentingnya implementasi budaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di lingkungan kerja dalam rangka…

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Senin, 17 Desember 2018 - 10:37 WIB

Rasio Elektrifikasi 99,9% Tahun 2019, Menteri Jonan: Jangan Sampai Ada Masyarakat yang Belum Menikmati Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan bahwa target rasio elektrifikasi 99,9% di tahun 2019 bertujuan agar jangan sampai ada masyarakat Indonesia yang belum…

Raffi Ahmad (paling kiri) bersama pemain film 'After Met You' yang akan beredar awal Januari 2109

Senin, 17 Desember 2018 - 10:24 WIB

Raffi Ahmad Segera Luncurkan Film Terbaru After Met You

Setelah menggarap film horor berjudul Tumbal Nyai : Part Nyai, kini Raffi Ahmad melalui perusahaan fimnya RA Pictures kembali memproduksi film terbarunya berjudul After Met You. Film ini diangkat…

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Senin, 17 Desember 2018 - 10:23 WIB

Kelola Tujuh Pabrik, Total Kapasitas Produksi CPO Sawit Sumbermas Sarana Capai 2.250.000 Ton Pertahun

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) mengelola enam pabrik kelapa sawit (PKS) dan satu pabrik inti sawit di Kalimantan Tengah, dengan total kapasitas produksi hingga 2.250.000 ton minyak sawit…