Kuliner Menggiurkan Khas Cirebon yang Tak Boleh Dilewatkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 20 Juli 2018 - 07:00 WIB

Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: cireboncinnamon.com)
Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: cireboncinnamon.com)

INDUSTRY.co.id, JakartaKota Cirebon berada di perbatasan antara tanah Sunda dan Jawa di daerah pantura. Secara bahasa, Cirebon bisa diartikan air rebon alias air sisa pengolahan udang rebon. Ya, masyarakat di sana memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan ikan dan udang rebon. Bila Anda hendak berwisata ke Jawa Barat, Cirebon dapat menjadi alternatif kota yang menyenangkan lho. Berbagai tempat wisata di cirebon begitu menarik untuk disinggahi. Apalagi bila tahu kuliner khasnya yang menggiurkan seperti yang ada di bawah ini.

1. Nasi Jamblang

Nasi yang satu ini adalah makanan khas Cirebon. Isi menunya berupa nasi yang disediakan dengan berbagai lauk seperti tahu, tempe, paru, otak sapi, cumi-cumi, telur asin dan macam lauk lainnya. Ciri khasnya adalah menu nasi jamblang disajikan dengan alas daun jati yang akan menambah aroma sajian menjadi lebih sedap.

Warung nasi jamblang terkenal di Kota Cirebon yang biasanya direkomendasikan adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jl. Cangkring 2, Kejaksaan, Kota Cirebon. Warung ini buka mulai pukul 7 pagi hingga malam. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tergantung lauk yang dipilih. Sepertinya, mencari kuliner nasi jamblang untuk sarapan bisa jadi pilihan tepat saat mengunjungi tempat wisata di Cirebon.

2. Mi Koclok

Seperti namanya, hidangan yang satu ini berupa mi kuning yang ditemani oleh tauge, kol, irisan daging ayam dan telur. Setelah itu mi disiram dengan kuah santan kental yang gurih. Apalagi ditambah irisan daun bawang dan seledri. Wah bisa dibayangkan betapa lezatnya. Paling enak disantap ketika masih hangat mengepul karena kuah santannya yang disajikan kental.

Salah satu warung mi kocok yang terkenal adalah Mi Koclok Jatimerta yang terletak di Jl. Kartini. Warung ini buka pukul 12 siang sampai pukul 10 malam. Ada juga warung Mie Koclok Panjunan yang berada di Jl. Panjunan. Seporsi mi koclok dihargai kira-kira Rp 15.000.

3. Nasi Lengko

Sekilas tampilan nasi lengko mirip dengan pecel. Bertabur bumbu kacang serta dilengkapi potongan tahu goreng, tempe goreng dan mentimun, nasi lengko menjadi salah satu makanan favorit khas Cirebon yang murah meriah. Ciri khas dari nasi ini adalah taburan daun kucai di atas nasi yang menambah cita rasa sedap.

Ada juga yang menyediakan lauk tambahan berupa sate kambing yang bisa Anda pilih sesuai selera. Penjual nasi lengko yang terkenal di Cirebon yaitu di warung H. Barno. Terletak di Jl Pagongan, Cirebon warung ini buka dari pukul 6-9 pagi.

4. Empal Gentong

Dari sekian banyak makanan, empal gentong mungkin termasuk salah satu kuliner yang akan selalu dirindukan. Dengan kuah khas santan berbumbu rempah serta potongan daging dan empal empuk yang legit, tak ada yang bisa menolak kelezatannya. Empal gentong biasa disajikan bersama nasi atau lontong. Bisa juga ditambahkan cabai merah kering bagi yang gemar pedas.

Beberapa warung empal gentong yang terkenal di Cirebon antara lain warung Mang Darma di Jl. Slamet Riyadi No. 1 atau warung Empal Gentong Haji Apud di Jl. Raya Ir. H. Juanda 24. Cukup dengan kisaran harga sepuluh hingga dua puluh ribu rupiah saja Anda sudah dapat menikmati kelezatannya.

Nah, apakah Anda sudah tergiur dan ingin segera berkunjung ke Cirebon? Yuk segera rencanakan liburan. Kalau Anda mau mencari hotel murah di Cirebon, sekarang ada cara yang mudah lho. Cukup unduh aplikasi Airy Rooms dan temukan hotel pilihan Anda.

Tidak hanya menawarkan harga yang bersahabat, hotel-hotel yang berada di bawah jaringan Airy dilengkapi 7 fasilitas standar seperti kamar yang bersih, televisi layar datar, pendingin ruangan, kamar mandi dengan pancuran air hangat, lengkap dengan perlengkapan mandinya, dan tentunya air minum dan wifi gratis. Jadi, segera kemasi ransel Anda dan berliburlah ke Cirebon!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:12 WIB

GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru: Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan GrabFood untuk menikmati makanan dengan lebih praktis dan terjangkau. Untuk pemesanan…

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.