Kuliner Menggiurkan Khas Cirebon yang Tak Boleh Dilewatkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 20 Juli 2018 - 07:00 WIB

Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: cireboncinnamon.com)
Nasi Jamblang, Kuliner Khas Cirebon (Foto: cireboncinnamon.com)

INDUSTRY.co.id, JakartaKota Cirebon berada di perbatasan antara tanah Sunda dan Jawa di daerah pantura. Secara bahasa, Cirebon bisa diartikan air rebon alias air sisa pengolahan udang rebon. Ya, masyarakat di sana memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan ikan dan udang rebon. Bila Anda hendak berwisata ke Jawa Barat, Cirebon dapat menjadi alternatif kota yang menyenangkan lho. Berbagai tempat wisata di cirebon begitu menarik untuk disinggahi. Apalagi bila tahu kuliner khasnya yang menggiurkan seperti yang ada di bawah ini.

1. Nasi Jamblang

Nasi yang satu ini adalah makanan khas Cirebon. Isi menunya berupa nasi yang disediakan dengan berbagai lauk seperti tahu, tempe, paru, otak sapi, cumi-cumi, telur asin dan macam lauk lainnya. Ciri khasnya adalah menu nasi jamblang disajikan dengan alas daun jati yang akan menambah aroma sajian menjadi lebih sedap.

Warung nasi jamblang terkenal di Kota Cirebon yang biasanya direkomendasikan adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jl. Cangkring 2, Kejaksaan, Kota Cirebon. Warung ini buka mulai pukul 7 pagi hingga malam. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tergantung lauk yang dipilih. Sepertinya, mencari kuliner nasi jamblang untuk sarapan bisa jadi pilihan tepat saat mengunjungi tempat wisata di Cirebon.

2. Mi Koclok

Seperti namanya, hidangan yang satu ini berupa mi kuning yang ditemani oleh tauge, kol, irisan daging ayam dan telur. Setelah itu mi disiram dengan kuah santan kental yang gurih. Apalagi ditambah irisan daun bawang dan seledri. Wah bisa dibayangkan betapa lezatnya. Paling enak disantap ketika masih hangat mengepul karena kuah santannya yang disajikan kental.

Salah satu warung mi kocok yang terkenal adalah Mi Koclok Jatimerta yang terletak di Jl. Kartini. Warung ini buka pukul 12 siang sampai pukul 10 malam. Ada juga warung Mie Koclok Panjunan yang berada di Jl. Panjunan. Seporsi mi koclok dihargai kira-kira Rp 15.000.

3. Nasi Lengko

Sekilas tampilan nasi lengko mirip dengan pecel. Bertabur bumbu kacang serta dilengkapi potongan tahu goreng, tempe goreng dan mentimun, nasi lengko menjadi salah satu makanan favorit khas Cirebon yang murah meriah. Ciri khas dari nasi ini adalah taburan daun kucai di atas nasi yang menambah cita rasa sedap.

Ada juga yang menyediakan lauk tambahan berupa sate kambing yang bisa Anda pilih sesuai selera. Penjual nasi lengko yang terkenal di Cirebon yaitu di warung H. Barno. Terletak di Jl Pagongan, Cirebon warung ini buka dari pukul 6-9 pagi.

4. Empal Gentong

Dari sekian banyak makanan, empal gentong mungkin termasuk salah satu kuliner yang akan selalu dirindukan. Dengan kuah khas santan berbumbu rempah serta potongan daging dan empal empuk yang legit, tak ada yang bisa menolak kelezatannya. Empal gentong biasa disajikan bersama nasi atau lontong. Bisa juga ditambahkan cabai merah kering bagi yang gemar pedas.

Beberapa warung empal gentong yang terkenal di Cirebon antara lain warung Mang Darma di Jl. Slamet Riyadi No. 1 atau warung Empal Gentong Haji Apud di Jl. Raya Ir. H. Juanda 24. Cukup dengan kisaran harga sepuluh hingga dua puluh ribu rupiah saja Anda sudah dapat menikmati kelezatannya.

Nah, apakah Anda sudah tergiur dan ingin segera berkunjung ke Cirebon? Yuk segera rencanakan liburan. Kalau Anda mau mencari hotel murah di Cirebon, sekarang ada cara yang mudah lho. Cukup unduh aplikasi Airy Rooms dan temukan hotel pilihan Anda.

Tidak hanya menawarkan harga yang bersahabat, hotel-hotel yang berada di bawah jaringan Airy dilengkapi 7 fasilitas standar seperti kamar yang bersih, televisi layar datar, pendingin ruangan, kamar mandi dengan pancuran air hangat, lengkap dengan perlengkapan mandinya, dan tentunya air minum dan wifi gratis. Jadi, segera kemasi ransel Anda dan berliburlah ke Cirebon!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…