Jelang Asian Games, APP Sinar Mas Kerahkan Bantuan Intensif Cegah Karhutla di Sumsel

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Juli 2018 - 17:32 WIB

Kebakaran hutan
Kebakaran hutan

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Dalam rangka mendukung Asian Games 2018 yang bebas api dan asap, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengerahkan bantuan intensif untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI), Sumatera Selatan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya APP Sinar Mas untuk mendukung tercapainya target Presiden Indonesia Joko Widodo, yaitu no fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018, yang jatuh bertepatan padamusim kemarau tahun ini.

“APP Sinar Mas siap memberikan dukungan terbaiknya untuk menyukseskan Asian Games 2018 bebas api dan asap. Komitmen kami tidak berhenti pada mengamankan area konsesi mitra kami dari bencana karhutla, tetapi mencakup pula kesiapan kami untuk membantu mengatasi bencana karhutla di luar wilayah konsesi kami di Sumatera Selatan,” ujar General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka melalui keterangan pers kepada INDUSTRY.co.id yang diterima, Kamis (19/7/2018).

Ia engatakan, pihaknya telah mengerahkan bantuan helikopter Super Puma kapasitas 4.000 liter air untuk melakukan water bombing dalam membantu memadamkan api di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang berjarak sekitar 30-40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas.

"Hal ini demi membantu mencegah agar kebakaran tidak meluas dan merugikan warga sekitar serta menggangu persiapan Asian Games 2018,” lanjutnya.

APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp50 miliar di luar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018. Secara total, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini.

Terdapat dua strategi utama yang telah disiapkan oleh APP Sinar Mas untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, yaitu pencegahan dan mitigasi. 

Keduastrategi ini dilakukan dengan meningkatkan akurasi pemetaan wilayah yang dianggap rawan ancaman karhutla di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Iir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Operasi deteksi api telah tingkatkan hingga dua kali lipat agar lebih efektif untuk mengurangi risiko penyebaran kebakaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:18 WIB

Presiden Jokowi Dukung Upaya Gegah Aksi Terorisme

Presiden Joko Widodo mengatakan sinergi seluruh elemen bangsa dalam mencegah dan melawan terorisme harus didukung untuk mencegah dan memberantas terorisme sampai ke akar-akarnya.

WTO (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:07 WIB

Pemerintah Ajukan Keberatan WTO atas Keberatan Saksi Rp 5Triliun

Pemerintah Indonesia berencana mengajukan keberatan ke Badan Penyelesaian Sengketa (BPS) Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Jenewa, Swiss, atas desakan sanksi Rp5 triliun yang diajukan Amerika…