Jelang Asian Games, APP Sinar Mas Kerahkan Bantuan Intensif Cegah Karhutla di Sumsel

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Juli 2018 - 17:32 WIB

Kebakaran hutan
Kebakaran hutan

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Dalam rangka mendukung Asian Games 2018 yang bebas api dan asap, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengerahkan bantuan intensif untuk membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI), Sumatera Selatan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya APP Sinar Mas untuk mendukung tercapainya target Presiden Indonesia Joko Widodo, yaitu no fire and haze menjelang dan selama Asian Games 2018, yang jatuh bertepatan padamusim kemarau tahun ini.

“APP Sinar Mas siap memberikan dukungan terbaiknya untuk menyukseskan Asian Games 2018 bebas api dan asap. Komitmen kami tidak berhenti pada mengamankan area konsesi mitra kami dari bencana karhutla, tetapi mencakup pula kesiapan kami untuk membantu mengatasi bencana karhutla di luar wilayah konsesi kami di Sumatera Selatan,” ujar General Manager Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusaka melalui keterangan pers kepada INDUSTRY.co.id yang diterima, Kamis (19/7/2018).

Ia engatakan, pihaknya telah mengerahkan bantuan helikopter Super Puma kapasitas 4.000 liter air untuk melakukan water bombing dalam membantu memadamkan api di Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang berjarak sekitar 30-40 kilometer dari wilayah konsesi APP Sinar Mas.

"Hal ini demi membantu mencegah agar kebakaran tidak meluas dan merugikan warga sekitar serta menggangu persiapan Asian Games 2018,” lanjutnya.

APP Sinar Mas telah mengalokasikan anggaran tambahan senilai Rp50 miliar di luar anggaran tahunan, yang dikhususkan untuk mencegah dan penanggulangan karhutla menjelang dan selama Asian Games berlangsung sepanjang Mei-Oktober 2018. Secara total, APP Sinar Mas telah menginvestasikan lebih dari Rp170 miliar untuk Sumatera Selatan pada tahun ini.

Terdapat dua strategi utama yang telah disiapkan oleh APP Sinar Mas untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, yaitu pencegahan dan mitigasi. 

Keduastrategi ini dilakukan dengan meningkatkan akurasi pemetaan wilayah yang dianggap rawan ancaman karhutla di Sumatera Selatan, yaitu Ogan Komering Iir (OKI), Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Operasi deteksi api telah tingkatkan hingga dua kali lipat agar lebih efektif untuk mengurangi risiko penyebaran kebakaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Sabtu, 23 Maret 2019 - 09:00 WIB

Bandara Kualanamu Jadi Hub Penerbangan Domestik Barat

Maskapai nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmen pengembangan Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan domestik wilayah Barat dan wilayah Asia Tenggara.

Siloam Hospitals Manado Sellengarakan Talkshow Pencegahan dan Penanganan Stroke

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:33 WIB

Siloam Hospitals Manado Sellengarakan Talkshow Pencegahan dan Penanganan Stroke

Penyakit dapat muncul dan terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia dan kelamin sehingga akan mengganggu kualitas hidup seseorang termasuk stroke.

Ilustrasi Tes SBMPTN

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:11 WIB

Sambut Pelaksanaan Ujian SBMPTN, Pintaria Hadirkan Try Out SBMPTN Online Gratis

Menyambut pelaksanaan ujian SBMPTN, Pintaria sebagai portal edukasi yang berfokus pada , menyelenggarakan Try Out SBMPTN online secara gratis yakni sebanyak 3 (tiga) paket soal yang bisa diakses…

Foto Ilustrasi Pabrik Rokok

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:00 WIB

5,98 Juta Tenaga Kerja Bergabung di Industri Hasil Tembakau

Industri Hasil Tembakau (IHT) menyerap 5,98 juta tenaga kerja, yang terdiri atas 4,28 juta pekerja di sektor manufaktur dan distribusi, serta sisanya 1,7 juta pekerja di sektor perkebunan.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.