Kementerian PUPR Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dengan Sanitasi Layak

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Juli 2018 - 16:29 WIB

Pegawai Kementerian PUPR melewati gedung tempat mereka bekerja.
Pegawai Kementerian PUPR melewati gedung tempat mereka bekerja.

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sri Hartoyo mengatakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, penataan daerah permukiman dan elemen pendukungnya harus ditingkatkan dengan sanitasi yang layak.

"Termasuk juga pengelolaan persampahan merupakan elemen dasar dan penting dalam penataan serta penyehatan lingkungan yang kerap kali menjadi kendala utama," kata Sri Hartoyo pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama penyiapan implementasi infrastruktur masyarakat di Bali, Rabu (18/7/2018).

Ia mengatakan pemerintah pusat dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 mencanangkan untuk mencapai target akses universal, yaitu 100 persen akses air minum, nol persen pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.

Lebih lanjut Sri Hartoyo mengatakan, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR memprakarsai target akses universal tersebut melalui Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP), memfasilitasi pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mencapai sanitasi layak 100% dengan dua program unggulan yakni Sanitasi Berbasis Masyarakat dan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle). 

Sanitasi berbasis masyarakat merupakan infrastruktur air limbah komunal dengan sasaran masyarakat berpengasilan rendah (MBR). Sedangkan TPS3R merupakan infrastruktur untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah.

Untuk itu, kata dia, direktorat PPLP menyelenggarakan penandatangan PKS antara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten kota dalam rangka menjaga komitment pemerintah kabupaten kota dalam menjalani tanggung jawab sebaik-baiknya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan sebagai kepala daerah sangat merasakan sanitasi dan persampahan merupakan permasalahan yang mendesak untuk diatasi.

Dampak dengan dikelolanya air limbah dan persampahan memang tidak secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. Namun jika tidak diatasi akan berdampak fatal dikemudian hari, seperti akan terjadinya kasus demam berdarah, tipus, diare, disentri dan kolera yang secara umum hal tersebut disebabkan oleh sanitasi yang kurang baik. 

Sektor kesehatan pasti akan sangat terganggu, dengan berdampak kepada terganggunya kesehatan maka akan banyak muncul generasi yang terganggu kecerdasannya dan mentalnya karena permasalahan sanitasi.

Untuk itu dengan adanya perjanjian kerja sama Sanimas dan TPS3R ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya sangat bersyukur Kota Denpasar menjadi bagian dari solusi dengan menjadi tempat sebagai peyelenggaraan kegiatan ini, untuk itu atas nama pemerintah dan masyarakat Denpasar saya mengucapkan selamat datang di Denpasar," katanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…