Indonesia Lirik Brunei Darussalam Untuk Investasi di KEK Tanjung Lesung

Oleh : Redaksi | Kamis, 19 Juli 2018 - 16:30 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Masuk dalam salah satu 10 Destinasi Prioritas, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung mempunyai daya tarik tersendiri karena memiliki potensi wisata. Hal ini dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengajak Brunei Darussalam untuk berinvestasi di KEK Tanjung Lesung. 

"Ide itu dibahas oleh Kadin. Jadi Tanjung Lesung di Banten saat ini sedang dibangun infrastrukturnya, kita coba tawarkan kepada Brunei Darussalam untuk ikut berinvestasi mulai dari pembukaan hotel, destinasi wisata, dan sebagainya," kata Direktur Asia Tenggara Kemenlu RI, Denny Abdi, dikutip dari merdeka, Rabu (18/7/2019).

Untuk merealisasikan hal tersebut, akan disampaikan pada Jumat (20/7/2018) oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Menteri Luar Negeri Brunei Darussalam, Erywan Yusof, saat kunjungannya ke Jakarta.

Sambung Deny, menurutnya Brunei Darussalam mempunyai pendapatan per kapita cukup tinggi dibandingkan dengan Malaysia. "Karena Brunei Darussalam itu memiliki pendapatan per kapita cukup tinggi, di bawah Singapura dan di atas Malaysia, jadi kita melihat adanya potensi. Selama ini Brunei Darussalam hanya mengandalkan cadangan minyak sebagai sumber pendapatan, tetapi kini mereka mulai melihat sumber pertumbuhan lain seperti di sektor pariwisata," jelas Denny.

"Menlu Retno nanti akan berdialog dan mencoba untuk menawarkan kerjasama di bidang pariwisata. Karena Menlu Erywan datang dengan beberapa pelaku usaha, maka mereka bisa melihat sebesar apa potensi dan peluang yang ada di sini. Ini termasuk penguatan ekonomi untuk negara kita," tambahnya.

Meski demikian, keputusan akhir mengenai investasi nantinya akan tergantung kepada para investor. Sebab pemerintah hanya berusaha memfasilitasi kegiatan seperti business meeting atau pertemuan antar pelaku bisnis saja.

"Aktor utamanya sebenarnya adalah para pengusaha. Kita upayakan business meeting yang nantinya bisa mempertemukan pengusaha dari kedua negara," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Selasa, 19 Maret 2024 - 06:15 WIB

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus mendorong pemanfaatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur di Kementerian PUPR.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) berinteraksi dengan pelanggan GraPARI TelkomGroup Medan dalam rangkaian acara Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2024 di Medan, beberapa waktu lalu.

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Safari Ramadan 1445 H TelkomGroup: Tinjau Kesiapan Infrastruktur Layanan Telekomunikasi dan Salurkan Bantuan CSR

Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melaksanakan kegiatan tahunan Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup…

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI, dari Letjen TNI Eko Margiyono kepada…