Api Obor Asian Games diharapkan Naikkan Branding Destinasi Wisata yang dilewati

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Juli 2018 - 16:00 WIB

Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)
Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id, JakartaUntuk menyemarakkan Asian Games yang digelar pada 18 Agustus 2018, api obor Asian Games akan melewati berbagai daerah wisata di Indonesia yang terdiri dari 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi seperti Bali, Bukit Tinggi, Danau Toba, Banyuwangi, Solo, Bandung, Palembang, Mataram, bahkan hingga Raja Ampat, sebelum akhirnya tiba di Gelora Bung Karno Jakarta. Ada yang istimewa, Yogyakarta menjadi persinggahan pertama api obor Asian Games. 

Api Asian Games 2018 berasal dari api abadi yang diambil dari New Delhi, India, sebagai tempat kelahiran Asian Games dan baru sampai di Indonesia pada Selasa (17/7/2018). Api diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara. 

Susi Susanti sebagai Duta Asian Games 2018, sekaligus legenda bulu tangkis Indonesia, menyatakan kegembiraannya karena perjalanan ini berlangsung dengan lancar.

“Saya senang bisa membawa api Asian Games 2018 ini. Hal ini menjadi pengalaman luar biasa. Sejauh ini berjalan cukup lancar, meski sempat terkendala regulasi di bandara India. Namun, semua selesai dengan baik. Saya tentu berharap, api Asian Games ini menjadi simbol persahabatan Indonesia dan India,” kata Susi Susanti, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, beberapa waktu lalu.

Kedatangan obor Asian Games mendapat upacara sambutan yang meriah dengan tari tradisional, aksi pasukan Keraton Yogyakarta, pertunjukan barongsai dari TNI Angkatan Udara, hingga aksi paramotor dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI).

Susi bersama dengan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir lalu menyerahkan api obor Asian Games kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna. Usai serah terima, api obor Asian Games 2018 dibawa menuju Museum Dirgantara Yogyakarta dengan iring-iringan yang disambut meriah masyarakat.

Setelah diinapkan semalam, api Asian Games dari India ini akan dipadukan dengan api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. “Penggabungan api dari India ini dengan api abadi Mrapen tentu menarik. Hal semakin menegaskan harmonisasi Indonesia dan India di berbagai lini,” tutur Susi lagi. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut dengan senang hati. Menpar menerangkan, kedatangan api obor Asian Games menaikan branding dari destinasi yang dikunjungi. 

“Gema Asian Games ini luar biasa. Pergerakan api obor Asian Games ini menarik perhatian masyarakat baik lokal maupun mancanegara karena semua media memberi porsi lebih dalam pemberitaan,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief yakin momentum ini sangat bagus bagi branding destinasi, khususnya yang dilewati oleh api obor Asian Games ini sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisman di Indonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.