Api Obor Asian Games diharapkan Naikkan Branding Destinasi Wisata yang dilewati

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Juli 2018 - 16:00 WIB

Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)
Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id, JakartaUntuk menyemarakkan Asian Games yang digelar pada 18 Agustus 2018, api obor Asian Games akan melewati berbagai daerah wisata di Indonesia yang terdiri dari 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi seperti Bali, Bukit Tinggi, Danau Toba, Banyuwangi, Solo, Bandung, Palembang, Mataram, bahkan hingga Raja Ampat, sebelum akhirnya tiba di Gelora Bung Karno Jakarta. Ada yang istimewa, Yogyakarta menjadi persinggahan pertama api obor Asian Games. 

Api Asian Games 2018 berasal dari api abadi yang diambil dari New Delhi, India, sebagai tempat kelahiran Asian Games dan baru sampai di Indonesia pada Selasa (17/7/2018). Api diterbangkan menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara. 

Susi Susanti sebagai Duta Asian Games 2018, sekaligus legenda bulu tangkis Indonesia, menyatakan kegembiraannya karena perjalanan ini berlangsung dengan lancar.

“Saya senang bisa membawa api Asian Games 2018 ini. Hal ini menjadi pengalaman luar biasa. Sejauh ini berjalan cukup lancar, meski sempat terkendala regulasi di bandara India. Namun, semua selesai dengan baik. Saya tentu berharap, api Asian Games ini menjadi simbol persahabatan Indonesia dan India,” kata Susi Susanti, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, beberapa waktu lalu.

Kedatangan obor Asian Games mendapat upacara sambutan yang meriah dengan tari tradisional, aksi pasukan Keraton Yogyakarta, pertunjukan barongsai dari TNI Angkatan Udara, hingga aksi paramotor dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI).

Susi bersama dengan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir lalu menyerahkan api obor Asian Games kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna. Usai serah terima, api obor Asian Games 2018 dibawa menuju Museum Dirgantara Yogyakarta dengan iring-iringan yang disambut meriah masyarakat.

Setelah diinapkan semalam, api Asian Games dari India ini akan dipadukan dengan api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. “Penggabungan api dari India ini dengan api abadi Mrapen tentu menarik. Hal semakin menegaskan harmonisasi Indonesia dan India di berbagai lini,” tutur Susi lagi. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut dengan senang hati. Menpar menerangkan, kedatangan api obor Asian Games menaikan branding dari destinasi yang dikunjungi. 

“Gema Asian Games ini luar biasa. Pergerakan api obor Asian Games ini menarik perhatian masyarakat baik lokal maupun mancanegara karena semua media memberi porsi lebih dalam pemberitaan,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief yakin momentum ini sangat bagus bagi branding destinasi, khususnya yang dilewati oleh api obor Asian Games ini sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisman di Indonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI), Jojo. S. Nugroho

Rabu, 20 Maret 2019 - 12:16 WIB

Agensi PR Asean Lakukan Kolaborasi Incar Tender Global

Dibukanya pintu Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan perkembangan Revolusi Industri 4.0 membuat praktisi komunikasi di kawasan Asia Tenggara mau tidak mau berkolaborasi agar mampu bertahan dengan…

Booth BRI Syariah di Festival Jajan Bango Senayan

Rabu, 20 Maret 2019 - 12:03 WIB

Hadir di Festival Jajan Bango 2019, BRI Syariah Beri Kemudahan Bertransaksi

Jakarta --- Ribuan orang tumpah ruah dalam Festival Jajan Bango (FJB) 2019 yang diselenggarakan pada 16-17 Maret 2019 di area parkir Squash, Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Lebih dari 80…

Indonesia dan China

Rabu, 20 Maret 2019 - 12:00 WIB

Indonesia Tawarkan 28 Proyek Strategis kepada China

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menawarkan 28 proyek kepada China. Total proyek tersebut senilai USD 91,1 miliar atau setara dengan Rp…

JNE. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 11:54 WIB

Mulai Besok Tarif Kiriman Paket JNE Naik 19 Persen

Perusahaan jasa kiriman ekspres JNE kembali melakukan penyesuaian tarif jasa kiriman paket ke konsumen. Penyesuaian itu berupa kenaikan tarif maupun penurunan tarif dan berlaku mulai 21 Maret…

Nokia 3.1 Plus Resmi meluncur di Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 11:32 WIB

Nokia 3.1 Plus Resmi Hadir Untuk Pasar Indonesia, Apa Saja Kelebihanya?

HMD Global, the home of Nokia phones, mengumumkan kehadiran Nokia 3.1 Plus di Indonesia, smartphone dengan layar 6-inchi HD+ dan daya tahan baterai selama 2 hari.