BTN Tak Ikut Biaya Divestasi Saham PT Freeport

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Juli 2018 - 19:50 WIB

Dirut BTN Maryono (Fot Rizki Meirino)
Dirut BTN Maryono (Fot Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tidak akan ikut menyalurkan kredit ke PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) untuk membeli 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

"BTN tidak akan ikut dalam pembiayaan untuk pengalihan saham freeport, dan bank BUMN juga kemungkinan tidak ikut dalam pembiayaan," kata Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Maryono ketika ditemui usai jumpa pers di Jakarta, Rabu (18/7/2018)

Maryono, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengatakan pembiayaan untuk pengalihan saham Freeport akan dikonsentraiskan oleh bank-bank asing atau bank-bank swasta.

"Alasannya supaya ada juga uang masuk mengalir dari negara-negara lain sehingga bisa menambahkan devisa kita," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan sudah ada 11 bank yang siap membantu pendanaan untuk divestasi 51 persen saham Freeport.

Nilai divestasi 51 persen saham Freeport mencapai 3,85 miliar dolar AS. Sementara posisi valas tunai yang dimiliki Inalum sebesar 1,5 miliar dolar AS.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) Achmad Baiquni juga mengatakan bahwa perbankan asing akan lebih berpeluang untuk menyalurkan kredit tersebut.

"Kami meyakini untuk bersaing, khususnya di suku bunga dengan bank asing agak berat. Asing menawarkan suku bunga cukup rendah," kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Bank asing berpeluang menawarkan suku bunga kredit lebih rendah ke Inalum dibanding bank domestik karena kredit yang akan dikucurkan dalam bentuk dolar AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Agustus 2018 - 06:31 WIB

Dampak Gempa 7 SR, Kegiatan Pendidikan di NTB Diliburkan

Gubernur Nusa Tenggara Barat TGB Zainul Majdi menginstruksikan aktivitas pendidikan pada berbagai tingkatan agar diliburkan sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian pascagempa 7 SR pada…

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Agustus 2018 - 06:25 WIB

Hingga Senin Pagi, Gempa Masih Terjadi di Lombok NTB

Gempa bumi susulan dua kali masih terjadi masing-masing di Lombok Timur dan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin pagi (20/8/2018) setelah sebelumnya diguncang dengan kekuatan 7 Skala Richter…

Mensos Idrus Marman dan Dirjen irjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat (Foto Industry.co.id)

Senin, 20 Agustus 2018 - 04:00 WIB

Pemerintah Sertifikasi Data Korban Gempa di Lombok NTB

Kementerian Sosial sedang melakukan verifikasi terhadap data korban yang meninggal di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) gempa bumi 7 Skala Richter (SR), Minggu (19/8/2018) malam.

Ilustrasi Gempa

Senin, 20 Agustus 2018 - 03:55 WIB

Gempa 5 SR Guncang Seram Maluku Bagian Timur

Gempa Bumi dengan kekuatan 5 Skala Ricther (SR) mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, pada Minggu (19/8/2018) malam.

Gempa Bumi (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Agustus 2018 - 03:51 WIB

BNPB Belum Pastikan Korban Jiwa Gempa Lombok NTB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum dapat memastikan jumlah korban jiwa dan kerusakan akibat gempa dengan kekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara…