Kemenperin Gandeng Tokopedia dan Ralali Ajak IKM di Cibitung Masuk Pasar Online

Oleh : Ridwan | Rabu, 18 Juli 2018 - 15:42 WIB

Foto Ilustrasi E-commerce
Foto Ilustrasi E-commerce

INDUSTRY.co.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) semakin gencar memacu pelaku usaha IKM untuk memperluas pasar melalui perdagangan online melalui program e-smart IKM.

Untuk kali ini, Direktorat Jenderal IKM Kemenperin menggandeng Tokopedia dan Ralali untuk memberikan pengetahuan bisnis perdagangan online kepada IKM di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

"Sudah saatnya produk IKM dikenal masyarakat melalui e-commerce. Dengan begitu, marketplace atau pasar di Indonesia tidak lagi hanya dibanjiri produk impor," kata Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut (LMEA) Kemenperin Endang Suwartini di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Menurutnya, sebanyak 50 IKM logam, mesin, elektronika dan alat angkut yang berasal dari Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, serta Provinsi DKI Jakarta, sejak kemarin telah mengikuti Workshop e-Smart IKM.

Lebih lanjut, ia mengatakan, semua peserta workshop e-Smart IKM adalah pelaku industri dalam negeri. Artinya, produknya dijamin lokal.

Menurutnya, selama mengikuti workshop, pelaku IKM belajar berbisnis melalui sarana e-commerce dan juga mendapatkan sosialisasi program-program Kementerian Perindustrian seperti restrukturisasi mesin peralatan dan SNI.

Selain itu untuk pemantapan, tambah Endang, diberikan materi strategi pemasaran online dari IdEA dan juga pengembangan produk melalui perbaikan proses bisnis, bahkan diperkenalkan juga aplikasi pencatatan keuangan dari Bank Indonesia.

“Menjadi IKM di zaman now harus update dengan teknologi," kata dia.

Untuk itu Kementerian Perindustrian berupaya melakukan edukasi pentingnya teknologi digital, manajemen keuangan yang baik, serta produk yang memenuhi standard. Apalagi pemberdayaan IKM melalui teknologi digital merupakan salah satu prioritas dalam peta jalan Indonesia menuju era industri generasi ke-4, di mana teknologi digital dimanfaatkan sepenuhnya dalam proses produksi untuk mencapai efisiensi yang maksimal.

"Sejak diluncurkan pada 27 Januari 2017 yang lalu, workshop e-Smart IKM telah diikuti lebih dari 2.700 peserta dan membukukan nilai transaksi online sebesar Rp 600 juta," terang Endang.

Tahun ini, Kementerian Perindustrian menargetkan 4.000 IKM di seluruh Indonesia ikut e-Smart IKM, setidaknya ada 12.000 produk IKM masuk dalam marketplace.

"e-Smart IKM ini akan menjadi sistem database yang tersaji dalam profil industri, sentra, dan produk," kata dia.

Ke depan, lanjut Endang, e-Smart IKM ini akan menjadi salah satu bahan analisa pembuatan kebijakan dalam pembinaan IKM. Ia mencontohkan, data kebutuhan bahan baku IKM, mesin peralatan atau teknologi yang dibutuhkan IKM, Kemenperin dapat mengetahui dengan mudah, sehingga mudah menentukan kebijakan untuk mendukung kemajuan IKM.

"Program ini tidak hanya berhenti setelah mengikuti workshop, namun kami juga menyiapkan program pendampingannya," paparnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 26 April 2024 - 05:01 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Catatkan Premi Rp22 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15% berdasarkan nilai premi baru…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…