Hanwha Life Insurance Beri Edukasi Keuangan Pada Ibu PKK Jatinegara

Oleh : Dina Astria | Rabu, 18 Juli 2018 - 13:10 WIB

Hanwha Life Insurance Beri Edukasi Keuangan Pada Ibu PKK Jatinegara
Hanwha Life Insurance Beri Edukasi Keuangan Pada Ibu PKK Jatinegara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hanwha Life Insurance Indonesia, perusahaan asuransi jiwa di bawah naungan Hanwha Group yang berasal dari Korea Selatan, mempertegas komitmennya untuk menjadi perusahan asuransi terbaik di Indonesia melalui produk-produknya yang inovatif. Hanwha Life pun berkomitmen untuk turut mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui program literasi keuangan dengan mengangkat tema “Penguasaan Diri dalam Mengelola Keuangan” berlangsung pada tanggal 12 Juli 2018 di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Jaka Teratai, Pulogadung, Jakarta Utara. Kegiatan ini yang merupakan bentuk program CSR Hanwha Life yang bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 terhadap 9,680 responden yang tersebar di 34 provinsi menunjukkan bahwa hanya 29,7 persen masyarakat Indonesia yang telah mampu atau paham mengenai literasi keuangan1 . Selain itu, di survei yang sama juga dijelaskan bahwa tujuan keuangan masyarakat masih didominasi oleh tujuan jangka pendek yaitu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, pemahaman mengenai pengelolaan keuangan untuk kebutuhan jangka panjang sangat penting untuk dipahami guna mencapai kesejahteraan di kemudian hari.

David Yeom selaku CEO Hanwha Life Insurance Indonesia mengatakan, “Program literasi merupakan salah satu upaya terbaik Hanwha Life untuk menciptakan pandangan bahwa pengelolaan keuangan merupakan hal yang penting dipahami dan dikuasai oleh masyarakat. Contohnya seperti pengelolaan pendapatan, edukasi tentang pinjaman dana serta pentingnya investasi. Program literasi kali ini menyasar pada Ibu Rumah Tangga dan Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).”

Wanita khususnya ibu rumah tangga memiliki peran penting dalam pengelolaan dana keluarga, tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari namun juga alokasi dana untuk kesehatan dan pendidikan anakanaknya. Namun berdasarkan survei mengenai literasi keuangan yang dilakukan oleh OJK tahun 2013 disebutkan bahwa dari 18,84 persen wanita Indonesia yang memiliki pengetahuan mengenai lembaga keuangan, hanya 2,18 persen kalangan ibu rumah tangga yang memahami tentang literasi keuangan2 .

“Fokus utama program edukasi dan sosialisasi terkait keuangan ini adalah Hanwha Life Insurance ingin memberikan pengetahuan mengenai produk dan layanan serta manfaatnya untuk kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera secara jangka panjang. Literasi keuangan akan mencakup pengetahuan mengenai mitigasi resiko pengeluaran tak terduga serta kemampuan untuk mengembangkan aset,” lanjut David.

Selanjutnya, program literasi keuangan Hanwha Life Insurance akan menyasar generasi muda dan komunitas. Pentingnya pemahaman pengelolaan keuangan bagi generasi muda karena pemberian edukasi dan sosialiasi mengenai keuangan merupakan hal penting yang perlu dipupuk sejak dini serta sebagai dasar penguatan ekonomi nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:53 WIB

BNI Exporters Forum Bantu UMKM Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mendorong UMKM Go Global dan meningkatkan devisa negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah)

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:47 WIB

Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Selesai pada Tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 41 Proyek Strategis…

Kemenkeu dan Kejaksaan Agung Bersinergi Tangani Kredit Bermasalah di LPEI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:36 WIB

Tangani Kredit Bermasalah di LPEI, Kemenkeu Bersinergi Dengan Kejaksaan Agung

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk menyerahkan dan melaporkan indikasi terjadinya tindak pidana fraud pada pemberian fasilitas kredit Lembaga Pembiayaan…

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:24 WIB

Jaga Perekonomian Indonesia, Pemerintah Akan Terus Pantau Dampak Perlambatan Ekonomi Global

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global untuk menjaga perekonomian Indonesia. 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…