Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)
Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan legislatif 2019.

"Beberapa menteri yang lain, kebetulan kalau tidak salah, dari PKB itu ada 3, lalu Nasdem tidak ada, lalu PPP antara iya dan tidak karena Pak Menteri Agama sedang konsentrasi untuk haji," kata Pramono kepada media di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa.

Menurut Pramono, sejumlah pejabat di lingkungan kepresidenan dan menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga ada yang akan menjadi calon anggota legislatif yaitu Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Selain itu, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi SP dikatakan Pramono juga dicalonkan dari PDIP sebagai caleg di Daerah Pemilihan VII Jawa Timur.

Pramono menjelaskan beberapa menteri atau pejabat pemerintahan berpotensi menjadi pengumpul suara bagi partai-partai yang bersangkutan.

Seskab menambahkan prestasi program kementerian yang telah berjalan akan menjadi catatan baik bagi lembaga yang bersangkutan, bukan personal kepada pejabat terkait.

"Jadi yang ada adalah sekarang tinggal jaringan, 'performance' dari masing-masing menteri untuk bisa mendulang suara," ujar Pramono.

Pemerintah akan mengawasi para pejabat agar jangan sampai menyalahgunakan kewenangan pada saat kampanye caleg.

"Selama dia cuti ya diperlakukan seperti caleg biasa. Tetapi begitu nanti kembali dari cutinya, akan menjabat sebagai menteri biasa," jelas Pramono.

Sebanyak tiga menteri yang berlatar belakang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan periode pendaftaran caleg untuk anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dibuka sejak 4 hingga 17 Juli 2018.

Mulai Senin (16/7), sejumlah partai telah mendatarkan sejumlah nama-nama caleg ke KPU di masing-masing daerah.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.

Serah Terima lebih dari 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T Kepada PT Siba Surya

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:10 WIB

DCVI Serahkan Lebih dari 200 Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T kepada PT Siba Surya

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, bersama PT Kedaung Satya Motor sebagai dealer resmi Mercedes-Benz,…