Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)
Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan legislatif 2019.

"Beberapa menteri yang lain, kebetulan kalau tidak salah, dari PKB itu ada 3, lalu Nasdem tidak ada, lalu PPP antara iya dan tidak karena Pak Menteri Agama sedang konsentrasi untuk haji," kata Pramono kepada media di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa.

Menurut Pramono, sejumlah pejabat di lingkungan kepresidenan dan menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga ada yang akan menjadi calon anggota legislatif yaitu Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Selain itu, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi SP dikatakan Pramono juga dicalonkan dari PDIP sebagai caleg di Daerah Pemilihan VII Jawa Timur.

Pramono menjelaskan beberapa menteri atau pejabat pemerintahan berpotensi menjadi pengumpul suara bagi partai-partai yang bersangkutan.

Seskab menambahkan prestasi program kementerian yang telah berjalan akan menjadi catatan baik bagi lembaga yang bersangkutan, bukan personal kepada pejabat terkait.

"Jadi yang ada adalah sekarang tinggal jaringan, 'performance' dari masing-masing menteri untuk bisa mendulang suara," ujar Pramono.

Pemerintah akan mengawasi para pejabat agar jangan sampai menyalahgunakan kewenangan pada saat kampanye caleg.

"Selama dia cuti ya diperlakukan seperti caleg biasa. Tetapi begitu nanti kembali dari cutinya, akan menjabat sebagai menteri biasa," jelas Pramono.

Sebanyak tiga menteri yang berlatar belakang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan periode pendaftaran caleg untuk anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dibuka sejak 4 hingga 17 Juli 2018.

Mulai Senin (16/7), sejumlah partai telah mendatarkan sejumlah nama-nama caleg ke KPU di masing-masing daerah.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:12 WIB

GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru: Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan GrabFood untuk menikmati makanan dengan lebih praktis dan terjangkau. Untuk pemesanan…

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.