BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

Ilustrasi Jalan Tol (ist)
Ilustrasi Jalan Tol (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah (DTT) sebesar maksimum Rp623,56 miliar.

Dukungan bagi proyek jalan tol pertama di Sulut yang hak pengelolaannya dipegang oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), perusahaan yang dimiliki PT Jasa Marga, PT Wijaya Karya, dan PT Pembangunan Perumahan, itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kredit tambahan untuk fasilitas KMK DTT oleh BNI dan PT Jasamarga Manado Bitung di Jakarta, Selasa (17/7/2018)

Menurut keterangan tertulis BNI, hadir pada kesempatan tersebut Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung George IMP Manurung, dan General Manager Divisi BUMN & Institusi Pemerintah (BIN) BNI A.A.G. Agung Dharmawan.

Kucuran KMK DTT dari BNI tersebut, menurut keterangan tertulis tersebut, menambahkan fasilitas serupa yang telah diberikan sebelumnya pada 2017, bersama-sama dengan perusahaan anak BNI, dengan maksimum awal sebesar Rp816 miliar.

Ruas tol sepanjang 39,9 kilometer tersebut merupakan ruas tol pertama yang beroperasi di Provinsi Sulut dengan masa konsesi selama 40 tahun. Porsi BNI dalam pembiayaan sindikasi kredit investasi (KI) ini sebesar Rp652 miliar atau setara 18,2 persen dari porsi sindikasi perbankan yang mencapai Rp3,59 triliun.

Agung Dharmawan menjelaskan BNI menambahkan fasilitas KMK DTT untuk proyek tersebut sebesar Rp623 miliar, sehingga angka keseluruhannya menjadi sebesar Rp992 miliar.

Apabila ditambahkan dengan fasilitas kredit investasi dari BNI, PT Jasamarga Manado Bitung mendapatkan total fasilitas sebesar Rp1,6 triliun.

Total nilai investasi dari Jalan Tol Ruas Manado-Bitung mencapai Rp5,12 triliun dan dibiayai secara sindikasi berupa Kredit Investasi dari perbankan termasuk BNI sebesar Rp3,59 triliun atau 70 persen dari biaya proyek.

Tidak hanya kepada Jasamarga Manado Bitung, BNI juga turut memenuhi kebutuhan pembiayaan dari Jasa Marga Group secara keseluruhan. Dalam upaya mendukung pembiayaan infrastruktur di Indonesia," katanya.

Dikatakannya, BNI telah menyiapkan tambahan fasilitas hingga Rp6 triliun. Ini sejalan dengan program pemerintah yang sangat memperhatikan pembangunan infrastruktur di luar Jawa, termasuk Pulau Sulawesi.

Fasilitas KMK DTT ini, katanya, turut diberikan oleh anak perusahaan yaitu BNI Syariah. Sedangkan fasilitas KI yang diberikan merupakan hasil sindikasi dari BNI, Bank Mandiri, BCA, PT Sarana Multi Infrastuktur, ICBC Indonesia, BPD Sulselbar, BPD Riau, dan Bank Jateng.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talk Show bertajuk Mempererat Ikatan Ibu dan Anak dengan MetodeRead-Aloud yang diselenggarakan Lotte Choco Pie (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:30 WIB

Sambut Hari Ibu, Lotte Choco Pie Ajak Para Ibu Tingkatkan Kualitas Mendidik Sang Buah Hati

Menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018, Lotte Choco Pie mengajak para ibu Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dalam hal mendidik sang buah hati.

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go.

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:05 WIB

GreatDay, Aplikasi Digital Manajemen Sumber Daya Manusia

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go. Dengan perubahan brand ini, telah didirikan PT. People Intelligence Indonesia ("P11"),…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan pada acara Penganugerahan Industri Hijau (Foto: Kemenperin)

Rabu, 12 Desember 2018 - 18:10 WIB

143 Perusahaan Raih Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin

Menperin Airlangga Hartarto menyerahkan Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 kepada 143 perusahaan yang terdiri dari 87 perusahaan mendapat level 5 dan 56 perusahaan dengan level 4.

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 17:13 WIB

Menperin: Target Roadmap 4.0 di Sektor Mamin Adalah Indonesia Jadi Pemain Utama Industri Mamin Dunia

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0.

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 12 Desember 2018 - 16:32 WIB

OJK Minta Masyarakat Berhubungan dengan Fintech Terdaftar atau Berizin

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan akan melakukan tindakan tegas terhadap penyelenggara fintech peer to peer lending (P2P) yang telah terdaftar atau berizin jika terbukti melakukan pelanggaran.…