Pemerintah Persiapkan Terminal Khusus LCC di Soetta

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Juli 2018 - 09:40 WIB

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)
Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memaparkan konsep terminal khusus penerbangan berbiaya murah (LCC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Awaluddin usai pembukaan "Airport Excellence (APEX) in Safety dari Airport Council International (ACI), Senin, menjelaskan apabila terjadi penyesuaian pembangunan terminal LCC pada saat revitalisasi, maka konsepnya adalah Terminal 1 khusus penerbangan perbiaya murah domestik.

Terminal 2 khusus penerbangan berbiaya murah domestik dan internasional dan Terminal 3 khusus penerbangan dengan layanan lengkap (full service) baik domestik maupun internasional.

"Bagaimana nanti dengan adanya Terminal 4, maka akan diposisikan jadi "full service" terminal," katanya.

Menurut Awaluddin, konsep terminal penerbangan berbiaya hemat sudah ada di Bandara Soekarn-Hatta, seperti Terminal 1 yang memang khusus untuk penerbangan domestik LCC yang diisi Maskapai Lion Air dan Citilink.

Meskipun, lanjut dia, masih belum sempurna karena adanya Batik Air di sana dan di Terminal 2 masih dioperasikan penerbangan internasional full service.

"Yang mau kita lakukan adalah `upgrade terminal yang sudah ada, meskipun dalam kenyataannya sudah terjadi segmentasi itu. Kami melihat program ini bisa disinkronkan dengan revitalisasi," katanya.

Awaluddin mengaku pihaknya sudah melakukan rapat dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno serta Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata terkait rencana penyesuaian terminal LCC tersebut.

"Deadline belum ada, tapi sudah dipanggil minggu ini baru audiensi bahwa konsep lebih detil terminal LCC-nya," katanya.

Dia mendukung adanya program tersebut karena diyakini bisa mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.

Sementara itu, Awaluddin menambahkan pihaknya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah terkait potensi adanya penyesuaian pajak bandara (PSC) karena perbedaan segementasi penerbangan.

"Dari penyesuaiannya ada berapa komponen, dari jenis pesawat yang akan mendarat, dari waktu mendarar, saya tidak terlalu melihat ini sulit, saya dorong untuk efisien," katanya seraya mengusulkan untuk dibangunnya terminal khusus LCC untuk menarik wisatawan, seperti halnya di Singapura dan Kuala Lumpur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah menyatakan dukungannya agar Terminal 4 bisa dimungkinkan untuk dibuat terminal khusus LCC.

Saat ini maskapai yang berminat berinvestasi untuk pembangunan terminal LCC adalah AirAsia Indonesia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…