Survei: Irjen (Pol) Fakhrizal Sukses Pimpin Polda Sumatera Barat

Oleh : Wiyanto | Selasa, 17 Juli 2018 - 08:09 WIB

 Irjen (Pol) Fakhrizal Kapolda Sumatera Barat
Irjen (Pol) Fakhrizal Kapolda Sumatera Barat

INDUSTRY co.id -Jakarta –  Tingkat keamanan dan ketertiban masyarakat  di Sumatera Barat menjadi salah satu perhatian di tingkat nasional karena pentingnya keberadaan provinsi tersebut.

Untuk menjaga hal itu diperlukan keseriusan kepolisian dalam mengelola persoalan kantibmas di Sumbar yang dibuktikan dengan peningkatan status Polda Sumbar dari tipe B menjadi tipe A.

Terkait dengan hal ini, Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) melakukan penelitian di 7 kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) sejak Februari 2018 lalu untuk mengukur kinerja aparat kepolisian di Ranah Minang.

Ketua Umum BPI KPNPA RI, Rahmad Sukendar mengatakan persepsi masyarakat di 7 kabupaten/kota itu menunjukkan bahwa Irjen (Pol) Fakhrizal, selaku Kapolda Sumatera Barat dianggap mampu melakukan pengendalian kantibmas secara baik dengan pendekatan lokal setempat.

“Masyarakat Sumbar menyukai pendekatan yang dilakukan oleh Fakhrizal sehingga membantu tugasnya dalam menjalankan tugas kantibmas. Dia dianggap sebagai sosok pemimpin yang memiliki kepedulian sangat tinggi terutama kepada masyarakat kecil, maupun anggotanya di lingkungan Polda Sumbar,” ujar  Rahmad Sukendar terkait dengan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh lembaga yang dipimpinya tersebut, Minggu (15/7/2018).

Dalam penelitian itu, disimpulkan di tengah masyarakat muncul apresiasi positif terhadap kinerja polisi terutama kinerja Irjen Fakhrizal yang dalam kepemimpinannya tidak memosisikan diri sebagai pimpinan. Tetapi menempatkan diri sebagai mitra bagi seluruh jajaran di Polda Sumbar.

Menurut Rahmad, di balik pendekatannya yang soft kepada masyarakat, Irjen Fakhrizal tidak kehilangan sikap tegasnya. Hal itu terutama dalam penegakan hukum, baik kepada masyarakat maupun anggotanya yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum.

“Ini mungkin ada kaitannya dengan pengalaman dia yang pernah menjadi Karo (Kepala Biro) Paminal Divisi Propam Mabes Polri. Dengan begitu menjadi lebih paham terhadap kondisi dan situasi di daerah”, tutur Rahmad.

Masih dari hasil penelitian BPI KPNPA RI, kata Rahmad, jenderal bintang dua tersebut juga dianggap masyarakat sebagai pejabat kantibmas yang gemar turun ke lapangan untuk mendengarkan dan melihat kondisi riil masyarakat.
Menurut Rahmad, ada harapan dari masyarakat agar Fakhrizal menjadi pemimpin pemerintahan di Ranah Minang dengan pengalamannya yang sukses di kepolisian tersebut.

“Jadi ada harapan masyarakat agar kapolda Sumbar ini menjadi gubernur baru, apalagi gubernur yang sekarang sudah dua periode masa jabatannya. Masyarakat beralasan karena beliau dekat dengan rakyat kecil, sering juga membantu masyarakat,” katanya lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.

Serah Terima lebih dari 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T Kepada PT Siba Surya

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:10 WIB

DCVI Serahkan Lebih dari 200 Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T kepada PT Siba Surya

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, bersama PT Kedaung Satya Motor sebagai dealer resmi Mercedes-Benz,…