Eiger Adakan Kursus Dasar Gunung dan Hutan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 16 Juli 2018 - 10:14 WIB

Eiger, perusahaan yang bergerak di produk perlengkapan kegiatan alam bebas kembali menyelenggarakan MJC (Foto Dok Industry.co.id)
Eiger, perusahaan yang bergerak di produk perlengkapan kegiatan alam bebas kembali menyelenggarakan MJC (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Bandung- Eiger, perusahaan yang bergerak di produk perlengkapan kegiatan alam bebas kembali menyelenggarakan Mountain and Jungle Cours (MJC) atau kursus dasar gunung dan hutan. Acara ini berlangsung di kawasan Taman Buru Masigit, Gunung Kareumbi, Kabupaten Garut, pada tanggal 15-22 Juli 2018.

Materi yang akan disampaikan kepada peserta meliputi Etika di Alam Bebas, Perencanaan Perjalanan, Perlengkapan dan Perbekalan, Navigasi Medan, Teknik dan Praktek Survival, hingga Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD).

Kegiatan ini terbuka untuk seluruh anggota organisasi Pecinta Alam atau organisasi umum lainnya, instansi pemerintah, umum dan perorangan. Pendaftaran

sudah dibuka secara nasional sejak 26-30 Juni 2018. Setelah itu, para pendaftar diseleksi secara internal berdasarkan kriteria yang memenuhi persyaratan, seperti usia, gender, sebaran domisili dan lainnya hingga pihak EIGER mengumumkan daftar peserta yang lolos seleksi pada 4 Juli 2018 sebanyak 75 orang.

 “Kami berharap dengan rutinnya penyelenggaraan MJC tiap tahun para pecinta kegiatan petualangan alam bebas makin sadar pentingnya kelengkapan, keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Dan juga kami berharap para peserta juga dapat menerapkan keterampilan khusus, kecerdasan, serta data juang tinggi untuk menghadapi kegiatan petualangan yang memiliki resiko tinggi apabila tidak dipersiapkan dengan baik,” tegas Galih Donikara, Koordinator EAST, sekaligus Penanggung Jawab Kegiatan MJC 2018.

Karena dalam kegiatan ini para peserta akan berhadapan langsung alam bebas dengan segala tantangan dan resikonya,  maka lokasipun menjadi hal penting. Dalam pelaksanaannya, MJC terus berpindah lokasi setiap tahunnya mulai dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

 Dua tahun terakhir, MJC mengambil lokasi di Gunung Arjuno, Jawa Timur (2016) dan Gunung Moreno, Sulawesi Selatan (2017). Kali ini, MJC kembali ke tanah pasundan. “Kawasan Taman Buru Masigit Gunung Kareumbi sangat memenuhi syarat sebagai arena pelatihan gunung hutan, karena mempunyai semua kelengkapan alam yang menarik dan menantang,” ujar Galih.

“Intinya, acara ini bukan untuk gaya-gayaan, adu kekuatan, tapi belajar bagaimana cara bermain yang baik di alam bebas. Karena yang jauh lebih penting dari semua ini adalah pulang ke rumah dengan selamat,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…