Elektabilitas Mahfud MD Sebagai Cawapres Capai 70,6 Persen

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 Juli 2018 - 07:40 WIB

Mahfud MD (Foto Dok Industry.coid)
Mahfud MD (Foto Dok Industry.coid)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Survei The Initiative Institute menyatakan tingkat keterpilihan mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019 adalah yang tertinggi.

"Elektabilitas Mahfud sebagai cawapres capai 70,6 persen. Ini karena banyak yang menganggap Mahfud sebagai figur yang bisa merepresentasikan kestabilan politik," ujar CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (15/7/2018)

Menurut Airlangga, mantan menteri pertahanan pada masa Kabinet Persatuan Nasional itu memiliki modal politik yang dinilai mampu meredam konflik di kalangan masyarakat.

"Mahfud itu dekat dengan dua kelompok masyarakat, yang berbasis nasionalis dan berbasis Islam. Jadi dia figur yang bisa mendukung kestabilan politik," jelas dia kepada awak media.

Airlangga berpendapat faktor intelektualitas serta bebasnya Mahfud dari kepentingan partai politik, menjadi beberapa alasan angka keterpilihan mantan Anggota DPR RI itu tinggi.

Selain Mahfud, survei The Initiative Institute juga mencatat sejumlah tokoh lain dengan elektebilitas tertinggi sebagai bakal calon wakil presiden pada 2019, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebesar 64,1 persen, Pengusaha Chairul Tanjung 62, 3 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 60,9 persen, serta mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo 59,4 persen.

Survei The Initiative Institute yang dilaksanakan pada 10 Juli-15 Juli 2018, menggunakan pendekatan "purposive sampling", yang mana respondennya adalah pihak-pihak yang memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh.

Kelompok responden yang berpartisipasi dalam survei tersebut, meliputi akademisi, jurnalis, anggota organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, kalangan profesional, serta anggota organisasi nonpemerintah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…