Elektabilitas Mahfud MD Sebagai Cawapres Capai 70,6 Persen

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 Juli 2018 - 07:40 WIB

Mahfud MD (Foto Dok Industry.coid)
Mahfud MD (Foto Dok Industry.coid)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Survei The Initiative Institute menyatakan tingkat keterpilihan mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019 adalah yang tertinggi.

"Elektabilitas Mahfud sebagai cawapres capai 70,6 persen. Ini karena banyak yang menganggap Mahfud sebagai figur yang bisa merepresentasikan kestabilan politik," ujar CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (15/7/2018)

Menurut Airlangga, mantan menteri pertahanan pada masa Kabinet Persatuan Nasional itu memiliki modal politik yang dinilai mampu meredam konflik di kalangan masyarakat.

"Mahfud itu dekat dengan dua kelompok masyarakat, yang berbasis nasionalis dan berbasis Islam. Jadi dia figur yang bisa mendukung kestabilan politik," jelas dia kepada awak media.

Airlangga berpendapat faktor intelektualitas serta bebasnya Mahfud dari kepentingan partai politik, menjadi beberapa alasan angka keterpilihan mantan Anggota DPR RI itu tinggi.

Selain Mahfud, survei The Initiative Institute juga mencatat sejumlah tokoh lain dengan elektebilitas tertinggi sebagai bakal calon wakil presiden pada 2019, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebesar 64,1 persen, Pengusaha Chairul Tanjung 62, 3 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 60,9 persen, serta mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo 59,4 persen.

Survei The Initiative Institute yang dilaksanakan pada 10 Juli-15 Juli 2018, menggunakan pendekatan "purposive sampling", yang mana respondennya adalah pihak-pihak yang memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh.

Kelompok responden yang berpartisipasi dalam survei tersebut, meliputi akademisi, jurnalis, anggota organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, kalangan profesional, serta anggota organisasi nonpemerintah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.

Serah Terima lebih dari 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T Kepada PT Siba Surya

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:10 WIB

DCVI Serahkan Lebih dari 200 Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T kepada PT Siba Surya

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, bersama PT Kedaung Satya Motor sebagai dealer resmi Mercedes-Benz,…