Film Stadhuis Schandaal Cerita Skandal di Balai Kota

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 15 Juli 2018 - 13:33 WIB

Film Stadhuis Schandaal Cerita Skandal Di Balai Kota (FotoAMZ)
Film Stadhuis Schandaal Cerita Skandal Di Balai Kota (FotoAMZ)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Jika biasanya produser film jelang peluncuran filmnya hanya mengadakan 'press screening' atau pemutaran khusus wartawan yang dibarengi dengan jumpa pers, maka  Rumah Poduksi  Xela Pictures melakukan hal yang berbeda.

Menjelang peluncuran film produksinya yang berjudul Stadhuis Schandaal minggu depan, Xela Pictures mengelar talk show bertajuk  Historia Cinta Stadhuis Schandaal” yang berlangsung Jumat (13/7/2018)  di pusat perfilman Haji Usmar Ismail,  Kuningan, Jakarta Selatan 

Talk show yang menghadirkan tokoh sekaliber Remy Silado, Maman Suherman, Areng Widodo ( komposer), Omar Jusma ( produser) mengupas kisah skandal asmara di jaman Belanda yang difilmkan oleh sutradara Adisurya Abdi.

Stadhuis Schandaal merupakan karya terbaru Adisurya setelah 14 tahun tidak membuat film.”Saya pernah merasakan bagaimana bikin film di era seluloid dan sekarang ingin belajar lagi di era digital,”jelas Adisurya Abdy tentang kembakinya ia ke dunia film .

Adisurya menambahkan, sepertinya sudah tidak ada teman sineas seangkatan dia yang hari ini bikin film. Karena dirinya kuat dipembuatan film drama, maka dia berkarya melalui film ini. “Saya belum berani membuat film di luar genre drama, komedi masih okelah,”kata dia.

Stadhuis Schandaal akan tayang di bioskop 26 Juli 2018 dilatarbelakangi kisah cinta jaman Belanda yang terbawa hingga hari ini. Fikm ini menghadirkan dua setting—masa lalu dan masa kini, di Stadhuis atau kini dikenal dengan Museum Fatahilah.

Produser Xela Pictures, Omar Jusma mengatakan dengan digelarnya acara talk show sebelum tayang di bioskop agar masyarakat khususnya generasi milenial tahu tentang cerita film yang bersetting sejarah ini. "Saya mengharapkan generasi tahu akan cerita film ini, tentang cinta dan sejarah. Intinya film ini adalah hiburan yang bersetting sejarah. Tetap menampilkan cerita cinta anak muda, dengan segala romantikanya. Sehingga perlu ditonton oleh generasi milenial," ujar pria yang disapa Oca ini.

Dalam acara talkshow itu turut hadir para aktor dan aktris Stadhuis Schandaal Tio Duarte, Amanda Rigby, Tara Adia, George Taka, Aty Cancer, Iwan Burnani, Septian Dwi Cahyo, Riki Cuaca dan lain lain.

Areng Widodo sebagai peramu music adegan masa lalu menyajikan kembali lagu ciptaannya berjudul Syair Kehidupan yang dipopulerkan oleh Achmad Albar yang diaransemen ulang dan dinyanyikan oleh Hilda Ridwan Mas.

“Esensinya saya buat musik adegan masa lalu dan kini, yang berbeda warna. Saya termasuk musisi yang menolak warna musik konvensional. Misalnya musik klasik, saya bikin logikanya di masa itu yang sulit didengarkan,”kata Areng yang pernah meraih Piala Citra.

”Saya suka kerjama denga Xela Pictures karena saya tidak didikte sehingga saya menghasilkan karya yang maksimal.”imbuhnya.

Film Stadhuis Schandaal ini ingin menyingkap tabir gelap skandal asmara di lingkungan gedung yang kini dikenal sebagai Museum Fatahilah yang dibangun oleh Jaan Pieter Zoon Coen.

”Apakah skandal asmara ini fiksi atau nyata yang pasti karakter tokohnya penah ada saat itu,”kata Remy Silado.

Mengenai gedung Fathilah yang terletak di Kota Tua itu, Remy mengatakan ini adalah sebuah stadhuis di mana Pangeran Diponegoro sempat di tahan, begitu pula Untung Surapati yang ditahan di sana tahun 1600an sehingga terjadilah perang,”terang Remy.

Berbagai mitos pernah muncul saat itu, termasuk cerita Sarah Fei tokoh yang ada di film ini yang ada di masa lalu. Itulah yang melatarbelakangi film ini. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…