Developer Game Lokal yang Berkancah di Dunia Internasional

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 15 Juli 2018 - 07:05 WIB

developer game lokal menuai prestasi di kancah internasional. Salah satunya adalah Lentera Nusantara dengan judul game Ghost Parade, yang sudah dilirik publisher kelas dunia yaitu Aksys Game.
developer game lokal menuai prestasi di kancah internasional. Salah satunya adalah Lentera Nusantara dengan judul game Ghost Parade, yang sudah dilirik publisher kelas dunia yaitu Aksys Game.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Industri game Indonesia patut berbangga, sebabnya developer game lokal menuai prestasi di kancah internasional. Salah satunya adalah Lentera Nusantara dengan judul game Ghost Parade, yang sudah dilirik publisher kelas dunia yaitu Aksys Game.

CEO Lentera Nusantara Azizah Assatari mengatakan, Aksys Game sebagai publisher akan merilis Ghost Parade di seluruh dunia dalam berbagai platform diantaranya, Nintendo Switch, Playstatation 4, dan PC via Steam pada tahun 2019. Sebagai musik pengiring, Ghost Parade diiringi perpaduan gending Banyuwangi serta perpaduan harmoni nusantara,

Harapan kami mudah-mudahan Ghost Parade dapat membawa budaya lokal Nusantara ke seluruh dunia dan mengharumkan nama Indonesia!, kata dia.

Pengumuman perilisan game ini diumumkan pada gelaran Anime Expo Los Angeles 2018 di Amerika Serikat pada Sabtu, 7 Juli 2018 pukul 17:30 waktu setempat.

Seiring dengan Ghost Parade, ada juga beberapa judul game lain yang akan segera di publish oleh Aksys Games, termasuk diantaranya Little Dragons Cafe yang merupakan karya dari Yasuhiro Wada, kreator seri asli dari Harvest Moon.

Kami berterima kasih untuk BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) dan juga teman-teman AGI (Asosiasi Game Indonesia) yang sudah mendukung kami sepenuh hati, jiwa, dan raga hingga akhirnya kami bisa resmi published hari ini,kata Azizah dalam acara Ngopi Sore Bareng Deputi Pemasaran Bekraf, Sabtu (14/7).

Sebelumnya, Ghost Parade telah dibawa ke berbagai macam acara pop kultur bergengsi di seluruh dunia mulai dari Popcon Asia di Indonesia, Anime Festival Asia di Singapura, Game Connection di San Francisco, dan Gamescom di Jerman.

Sementara itu, Deputi Pemasaran Josua Simanjuntak mengatakan BeKraf konsisten mempromosikan game-game berkualitas keluar negeri.

"Kami bersyukur bahwa konsistensi Bekraf untuk terus mempromosikan game Indonesia yang berkualitas ke luar negeri, mulai menunjukkan hasil yang konkret. Diharapkan kesuksesan Ghost Parade menginspirasi para pengembang permainan lokal lainnya, agar berani melakukan penetrasi ke pasar global", ujar Josua Simanjuntak.

Di luar subsektor aplikasi dan pengembang permainan, BeKraf sendiri dalam waktu dekat akan membuka open call seleksi pelaku seni pertunjukan untuk event OzAsia 2018 di Australia; seleksi pegiat industri board game Indonesia untuk Essen Spiel 2018 di Jerman; dan seleksi seniman dan kurator untuk Venice Art Biennale 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…