Ciptakan Protokoler Yang Mumpuni, President University Bentuk Klub Protokol

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 14 Juli 2018 - 12:58 WIB

Dok. President University
Dok. President University

INDUSTRY.co.id - Jakarta - President University meresmikan berdirinya Klub Protokol tepat satu minggu setelah meresmikan Klub Panahan. Klub Protokol dibuka secara resmi oleh Vice Rector III President University Dr. Agus H. Canny, M.A., M.Sc.

Agus Canny menilai Klub Protokol sangat spesial karena istilah protokol lebih identik dengan tata krama pelaksanaan acara resmi pemerintah, seperti kunjungan presiden atau menerima tamu kenegaraan di Istana.

"Ilmu protokol itu tidak dipelajari di sekolah, tetapi didapat dari pengalaman atau learning by doing. Adanya klub ini merupakan wujud komitmen President University dalam melahirkan seorang protokoler yang mumpuni dalam menyelenggarakan acara-acara besar khususnya di pemerintahan," kata Agus Canny dalam keterangannya, Rabu (11/7/2018).

Sementara itu, Section Head of Students Activity Susilo, mengatakan jika berdirinya Klub Protokol sekaligus membuktikan bahwa President University siap memberikan ruang seluas-luasnya kepada para mahasiswa untuk bisa menyalurkan minat dan bakatnya.

"Protokol akan menjadi role model bagi mahasiswa yang lain bagaimana menjadi mahasiswa berdedikasi, punya wawasan kebangsaan, dan bela negara. Ini menjadi kesempatan bagi siswa SMA yang memiliki minat dibidang protokoler bisa join ke President University," ungkap Susilo.

President University

Sebagai sebuah organisasi, mahasiswa dapat belajar dan bekerja sama dalam komunitas yang individunya bermacam-macam. Klub Protokol juga akan melatih sikap mental, disiplin, tata krama yang baik, percaya diri, dan ketegasan.

Susilo menegaskan dia siap mendukung klub ini dengan mendatangkan pembicara untuk pelatihan dan seminar. Bahkan mengakomodir berbagai fasilitas yang dibutuhkan demi kelancaran program kerja Klub Protokol satu tahun ke depan.

Klub Protokol yang diresmikan di Senior Living D'Khayangan Kota Jababeka, Cikarang, pada Selasa (10/7/2018) merupakan pengembangan dari tim Paskibra President University. Klub ke-33 yang dimiliki President University ini digagas oleh mahasiswi Fakultas Teknik Elektro yakni Tamara Eka Fitri.

Tamara memiliki pengalaman dalam tim protokol Istana Negara saat upacara Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-69. Alumni SMA Presiden ini mengungkapkan awalnya Klub Protokol merupakan kumpulan dari personel Paskibra yang bertugas, baik saat upacara bendera, acara penerimaan mahasiswa baru, maupun acara wisuda di President University.

Seiring berjalannya waktu, Tamara berkeinginan kuat untuk membantu President University dalam meningkatkan rasa kebangsaan mahasiswanya dengan mengembangkannya ke bidang protokol.

"Seorang paskibra belum tentu protokol, tetapi seorang protokol sudah pasti paskibra karena protokol itu lebih ke manajerial sebuah acara. Melalui Klub Protokol ini mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam hal leadership, wawasan kebangsaan dan bela negara," ungkap Ketua Surya Bhagasasi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bekasi tahun 2013 ini.

Setelah resmi berdiri, rencananya pada September mendatang Klub Protokol President University akan mengundang tim Paskibra dari SMA se-Jabodetabek untuk mengikuti Jambore.

"Untuk program jangka pendek, kami akan menggelar kegiatan Jambore yang dikemas menarik dan seru yang bisa memberikan ilmu dan pengalaman yang terkait protokol dan paskibra. Sementara untuk program ke depan kami akan mengadakan training leadershiptable manner dan manajerial," ungkap Tamara.

Ketua Klub Protokol Arsita Dhuha Adyaningsih juga berjanji akan memperkuat solidaritas para anggota klubnya yang sudah tergabung. Pada awalnya Klub Protokol terbentuk sudah ada 40 mahasiswa yang bergabung.

Menurutnya, bila dibesarkan dengan solid maka akan lebih mudah bekerja sama karena ada ikatan kuat di antara mereka meski berasal dari lintas jurusan. Mahasiswi Jurusan Akutansi yang ikut paskibra sejak duduk di bangku SMP ini pun berharap dengan adanya Klub Protokol, maka kegiatan-kegiatan resmi President University akan menjadi lebih baik dan nampak berbeda sehingga bisa berkesan bagi para tamu undangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…