Akhir 2018, Pemprov DKI Segera Bangun Stadion Bertaraf Internasional di Jakarta Utara

Oleh : Ridwan | Sabtu, 14 Juli 2018 - 12:08 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat meninjau lokasi lahan Jakarta International Stadium di Sunter, Jakarta Utara
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat meninjau lokasi lahan Jakarta International Stadium di Sunter, Jakarta Utara

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mencanangkan pembangunan Jakarta International Stadium di kawasan Sunter, Jakarta Utara. 

"Kita canangkan pembangunan Jakarta International Stadium di lahan Jakarta Utara ini. Kita bisa menghadirkan fasilitas dan rumah baru untuk Persija dan kegiatan olahraga juga fasilitas-fasilitas penunjang lainnya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat meninjau lokasi lahan Jakarta International Stadium di Sunter, Jakarta Utara (13/7/2018) kemarin. 

Sandi optimis pembangunan akan segera dimulai sebelum akhir tahun 2018 karena sudah sering dipertanyakan oleh pengurus dan pendukung Persija.

"Jadi penantian yang lama ini insyallah akan segera bisa dimulai dan mudah-mudahan standarnya ini mirip-mirip dengan Stadion-stadion yang kita lihat di Ekaterina, di Saint Petersburg (Russia)," katanya.

Mengusung desain terbaru dengan konsultan dari Amerika, Sandi ingin tribun penonton sangat dekat dengan lapangan.

"Ya ini dari konsorsium yang dipimpin oleh PP (Pembangunan Perumahan Persero), sudah merekrut desain terbaru dari konsultan Amerika untuk mendetailkan desainnya dalam fase visibility studies nantinya," ungkap Sandi.

Pembangunan ini memakan waktu sekitar 30 bulan dan menghabiskan dana lebih dari Rp2 triliun namun tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melainkan dengan konsep Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Ini lagi dihitung oleh Konsorsium tapi perkiraan saya antara kalau mau stadion bertaraf internasional itu kita melihat kisarannya itu antara diatas 2 Triliun. Dan alhamdulillah ini tidak membebankan APBD, sehingga lebih banyak bisa membiayai program-program untuk pemberdayaan masyarakat," katanya. 

Sandi menghimbau nantinya ini bukan hanya menjadi stadion bertaraf internasional, dan tidak hanya rumah bagi tim sepakbola persija. Namun, stadion ini milik seluruh masyarakat Jakarta untuk digunakan dengan sebaik-baiknya, diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan mempererat persaudaraan antar warga.

"Kita juga akan pastikan tempat ini dapat menggerakkan perekonomian DKI Jakarta dengan diberdayakannya UMKM dan para wirausaha baru yang tergabung dala  pelatihan wirausaha OKOCE," pungkasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…