Guru Sekolah Cendekia BAZNAS Unjuk Prestasi di Australia

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 14 Juli 2018 - 10:05 WIB

Sejumlah guru Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) unjuk prestasi di Australia. Mereka berkesempatan mengikuti The 3rd Annual Australian Islamic Schooling Conference, Australia.
Sejumlah guru Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) unjuk prestasi di Australia. Mereka berkesempatan mengikuti The 3rd Annual Australian Islamic Schooling Conference, Australia.

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus menggelorakan moto “kuat karena zakat”. Sejumlah guru Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) unjuk prestasi di Australia. Mereka berkesempatan mengikuti The 3rd Annual Australian Islamic Schooling Conference, di Negeri Kanguru.

"Alhamdulillah, sejumlah guru Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan pendidikan di Australia. Dua tim guru SCB terdiri atas Pak Ahmad Kamaluddin Afif, Pak Deni, Bu Yuniawati, dan Bu Atin," ujar Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Mohd. Nasir Tajang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (9/7/2018).

Dia menyebutkan, sebelum berangkat, para guru SCB ini diberi pengarahan dan pembekalan oleh Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, di Kantor Pusat BAZNAS, Wisma Sirca, Jakarta, Ahad (8/7/2018).

Mereka, tutur Nasir, mengikuti The 3rd Annual Australian Islamic Schooling Conference, Adelaide, South Australia.

Dia menjelaskan, konferensi sekolah Islam tersebut berlangsung pada 9-13 Juli 2018 di Universitas South Australia.

Menurut Nasir, tim Sekolah Cendekia BAZNAS akan mempresentasikan dua makalah berjudul “Model of Learning Media Boardgame Zakuma to Improving Scholarly and Awareness of Zakat in High School”, dan “Gaining Public Trust and Achievement Through Practicing Culturally Responsive Pedagogy and School Social Responsibility in The Cendekia BAZNAS School”.

*Sister School*

Tak hanya itu, lanjut Nasir, SCB akan menjajaki kerja sama “sekolah kembar” (sister school) di Pinnacle College dan Australian Islamic College.

“Semoga kesempatan ini memberikan banyak pembelajaran bagi SCB untuk menjadi sekolah model berbasis zakat berkelas dunia di Indonesia,” ucap dia.

Nasir menambahkan, masih terkait pendidikan, ada sejumlah program yang saat ini sedang dikerjakan Lembaga Beasiswa BAZNAS (LBB). Seperti, seleksi 500 peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) dari 81 kampus berakreditasi B.

Selanjutnya, pengiriman dokumen perjanjian kerja sama untuk 200 peserta BCB di 8 kampus, yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan Universitas Andalas (Unand) Padang.

Kemudian, imbuh dia, pertemuan dengan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (AIAA) cabang Indonesia, untuk kerja sama pemberian bantuan biaya kebutuhan hidup (living cost) bagi mahasiswa penerima beasiswa di Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir.  Pertemuan ini dihadiri Presiden Persatuan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir.

Lalu, tutur Nasir, kegiatan berbagi “semangat kebangkitan zakat” bersama penerima bantuan pendidikan mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah (UMY) Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…