Inaplas: Industri Plastik Tumbuh Seiring Bertambahnya Penduduk

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Februari 2017 - 13:52 WIB

Industri Plastik
Industri Plastik

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Industri Aromatika, Olefin, dan Plastik (Inaplas) menyatakan, industri plastik tumbuh seiring bertambahnya jumlah penduduk, meskipun kondisi ekonomi mengalami perlambatan.

"Kami memprediksi, kenaikan konsumsi plastik tahun ini bisa mencapai 5,5% dari konsumsi plastik tahun lalu sebanyak 5,1 juta ton," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Inaplas, Fajar Budiono di Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Fajar mengatakan Pada tahun lalu, menurut Fajar, kontribusi terbesar penjualan plastik berasal dari polipropilena sebesar 1,73 juta ton, polietilena sebesar 1,50 juta ton.

"Sisanya dari penjualan polistirena, PET, PVC. Selain itu ada juga kontribusi penjualan dari plastik daur ulang sebanyak 850.000 ton," ujarnya.

Fajar menngungkapkan, meskipun isu cukai plastik masih panas, konsumsi plastik nasional tahun ini masih berpeluang tumbuh di atas 5%. Bahkan, jika ekonomi Indonesia membaik, konsumsi plastik bisa naik 5,5%.

"Dari beragam produk plastik, permintaan yang diproyeksikan tertinggi adalah polipropilena dan polielitena. Kedua produk ini merupakan bahan baku utama pembuatan kemasan plastik produk makanan dan minuman," ungkap Fajar.

Fajar menambahkan, jika industri makanan dan minuman tumbuh sesuai target 9% tahun ini, maka akan mendongkrak konsumsi plastik domestik karena porsi konsumsi polipropilena dan polietilena untuk kemasan sampai 65% dari seluruh konsumsi plastik. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)

Senin, 16 Juli 2018 - 21:08 WIB

Jadi Pemegang Saham Strategis di CSAP, SCG Percepat Pertumbuhan Mitra 10

Siam Cement Group (SCG), salah satu pemimpin konglomerat bisnis di ASEAN, hari ini, Senin (16/7/2018) mengumumkan penandatanganan perjanjian kerja sama denganPT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode…

Tim Wushu Indonesia yang berlagapada ajangKejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasilberfoto bersama denganDuta BesarIndonesiauntuk Brasil, TotoRiyanto (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 16 Juli 2018 - 20:33 WIB

Harumkan Nama Bangsa di Kejuaraan Dunia, Tim Wushu RI Juga Bawa Misi Ekonomi Berkelanjutan

Tim Wushu Indonesia mampu harumkan nama bangsa di ajang Kejuaran Dunia Wushu Junior ke-7 (7th World Junior Wushu Championships) di Brasilia, Brasil yang berlangsung pada tanggal 9-15 Juli 2018.…

PLN Ilustrasi

Senin, 16 Juli 2018 - 20:00 WIB

KPK Geledah Kantor Pusat PLN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap…

Dirut PLN Sofyan Basir beserta manajamen menggelar konferensi pers perihal kasus PLTU Riau 1, Senin (16/7/2018) (Dok: INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:42 WIB

Tersandung Hukum, PLN Hentikan Proyek PLTU Riau 1

Manajemen PLN akhirnya memutuskan proyek pembangunan PLTU Riau 1 hingga proses hukum selesai. Dimana PLTU Riau 1 merupakan proyek konsorsium anak usaha PLN yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB)…

Sofyan Basir (Foto/Rziki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:30 WIB

Dirut PLN: Status Saya Adalah Saksi

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengatakan status hukumnya usai rumahnya didatangi KPK adalah masih sebagai saksi.