TGB Berpeluang Kecil Dampingi Jokowi di 2019

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Juli 2018 - 15:00 WIB

Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi (Foto Dok Industry.co.id)
Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat politik, Hadi Syaroni, menilai Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi berpeluang kecil untuk menjadi cawapresnya Joko Widodo pada Pilpres 2019.

"Memang TGB dekat para ulama, namun belum tentu meningkatkan elektabilitas Jokowi. Menurut saya masih kecil kemungkinan Jokowi menggaet TGB," kata Hadi di Jakarta, Jumat (13/7/2018)  

Meski TGB dekat dengan para ulama dan mampu menggaet pemilih dari kalangan muslim, namun tidak cukup membantu meningkatkan elektoral.

"Belajar dari pemilu tahun-tahun lalu, cawapres dari kalangan ulama juga kurang membantu elektoral," katanya..

Menurut dia, menjelang Pilpres politik identitas akhir-akhir ini memang menguat, apalagi pasca isu Ahok dan aksi bela Islam 212.

"Bukan rahasia umum jika Jokowi selalu disudutkan dengan isu agama. Pilihan pragmatis ya memang memilih cawapres dari kalangan agama untuk menutupi celah yang berpotensi akan dimanfaatkan oleh para lawan," kata Hadi yang juga sebagai advokat di LBH Inpartit.

Hadi malah berpendapat sosok Mahfud MD lebih cocok mendampingi Jokowi karena memiliki basis massa politik dan menjadi alternatif isu agama.

"Mahfud bisa menjembatani basis masa agama, serta memiliki latar belakang politik yang cukup kuat," ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik dari Indonesian Demokratic Center for Strategic Studies (Indenis), Girindra Sandino kepada Antara berpendapat bila Joko Widodo disandingkan dengan Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi pada Pilpres 2019 akan menghilangkan sentimen Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan.

"Jika saja TGB Muhammad Zainul Majdi mendapat restu dari Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi pendamping Presiden Joko Widodo, maka isu-isu SARA dan isu-isu sensitif terkait sentimen agama akan terminimalisir, bahkan perlahan tidak tertutup kemungkinan perlahan akan hilang," kata Girindra, di Jakarta, Kamis (13/7).

Menurut dia, TGB yang merupakan mantan gubernur NTB dua periode memiliki berprestasi serta dekat dengan ulama yang memiliki ribuan jamaah, bahkan Ustadz-Ustadz yang memiliki jutaan jemaah pasti mendukungnya, seperti Ustadz Abdul Somad, Bachtiar Nasir dan lainnya.

"Walau belum terang-terangan mendukungnya, karena harus menunggu komando Habib Rizieq Shihab, tetap saja saya yakin demi kemaslahatan umat, kebaikan dan kemajuan umat Islam beliau alim ulama pasti mendukungnya," kata Giging, sapaan Girindra.

 Koalisi ini diharapkan mampu menumbuhkan kultur baru dalam masyarakat dengan mengubah mind set yang ada selama ini, dalam pendekatan organisaional dan mengembangkan budaya organisasi.

"Koalisi ini memiliki kesempatan untuk melakukan gerakan bukan saja gerakan politik, akan tetapi gerakan budaya. Dengan gerakan tersebut, yang terpenting adalah jika duet antara Jokowi dan TGB terjadi, maka akan terjadi persatuan, dan tidak ada lagi kalimat 'cebong' dan 'kampret' lagi dalam pertarungan elektoral," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Soft launching program SAHARA Preneur

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:00 WIB

Kadin - SAHARA & INKOWAPI Jalin Kolaborasi Ciptakan Peluang Kemandirian Usaha Lewat SAHARA Preneur

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) kembali membangkitkan upaya penciptaan wirausaha baru di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upayanya yaitu berkolaborasi bersama…

Tasyakuran Satu Dekade FORWAN Meriah Dengan Kehadiran, Ratna Listy, Velline Ayu dan Artis Film Syirik

Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:59 WIB

Tasyakuran Satu Dekade FORWAN Meriah Dengan Kehadiran, Ratna Listy, Velline Ayu dan Artis Film Syirik

Pembukaan rangkaian Road To 10 Panti Asuhan, dalam rangka ulang tahun satu dekade atau sepuluh tahun perjalanan FORWAN di industri hiburan Indonesia berlangsung seru dan membuat ratusan anak…

Bakamla RI Bersama Tim SAR Gabungan Cari ABK Kapal Terjatuh di Kei Besar

Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:48 WIB

Bakamla RI Bersama Tim SAR Gabungan Cari ABK Kapal Terjatuh di Kei Besar

Bakamla RI yang tergabung dalam Tim SAR gabungan masih terus mencari korban kecelakaan 1 Anak Buah Kapal (ABK) KM Alistya Utama yang terjatuh ke laut di sekitar Perairan Tj. Weduar Pulau Kei…

Bakamla RI Terima Kunjungan Japan Maritime Defence Force

Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:12 WIB

Bakamla RI Terima Kunjungan Japan Maritime Defence Force

Pangkalan Bakamla Batam yang berada dibawah Zona Bakamla Barat menerima kunjungan dari Japan Maritime Defence Force. Sebanyak 60 Kadet diterima langsung oleh Kepala Pangkalan Bakamla Batam Kolonel…

Panglima TNI Pimpin Apel Pemberangkatan Bantuan Kemanusiaan Untuk Palestina

Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:07 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Pemberangkatan Bantuan Kemanusiaan Untuk Palestina

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin langsung pemberangkatan pengiriman bantuan kemanusian dari pemerintah Indonesia kepada Palestina, bertempat di Apron Lanud Halim Perdanakusuma,…